Buzz
·
25 Juli 2021 16:35
·
waktu baca 2 menit

Mengapa Orang Kreatif Suka Berimajinasi Sebelum Tidur?

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Mengapa Orang Kreatif Suka Berimajinasi Sebelum Tidur? (358455)
searchPerbesar
Ilustrasi berkhayal saat menjelang tidur. Foto: Getty Images
Pernahkah kamu berhayal atau berfantasi agar cepat tidur ketika di malam hari? Yap, setiap manusia pasti pernah berhayal atau berimajinasi, namun kadar seberapa seringnya kebiasaan tersebut tentu berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
Menurut penelitian, mereka yang memiliki kebiasaan menghayal sebelum tidur, memiliki kecerdasan dan pikiran yang kreatif. Hal ini dikarenakan, otak sudah tidak banyak memikirkan hal-hal lain, sehingga kreatifitas lebih banyak ditemukan sebelum tidur.
Tak hanya itu, mereka juga lebih mengetahui hal-hal yang dapat mereka lakukan untuk esok hari lho. Menurut dr. Damar Upahita seperti yang dikutip dari HaloDoc, semakin sering kita memanfaatkan kekuatan imajinasi, kemungkinan kita untuk mengalami masalah memori yang mengarah ke demensia terpangkas sebesar 73%.
Mengapa Orang Kreatif Suka Berimajinasi Sebelum Tidur? (358456)
searchPerbesar
Ilustrasi berkhayal saat menjelang tidur. Foto: Getty Images
Saat menjelang tidur atau malam hari, daya otak cenderung cukup besar dan bisa dikonsentrasikan untuk berpikir kreatif. Manfaat berkhayal sebelum tidur pun, biasanya kita dapat menemukan ide yang saat siang hari tak kita temukan karena rutinitas yang membuat lelah.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Prevention, berimajinasi sebelum tidur juga ternyata adalah salah satu contoh kebiasaan orang sukses lho. Roni Frank, pendiri dan direktur perusahaan konsultan Talkspace menggunakan waktu sebelum tidur untuk berimajinasi.
Ia membiarkan pikirannya mengembara hingga mendapatkan perspektif baru terhadap apa yang akan ia lakukan. Pada gilirannya hal ini akan membuatnya lebih siap dalam menghadapi hari. Frank mengaku paginya lebih bersemangat ketika malam ia gunakan untuk berimajinasi.
Selain itu, berimajinasi sebelum tidur juga dapat membantu kita mengambil keputusan dengan tepat. Menurut Gerri D. Smith, penulis dan motivator dari Amerika Serikat menjelaskan bahwa ketika kita mengizinkan diri sendiri untuk berimajinasi, kita jadi lebih bersyukur akan kemampuan dan kekuatan naluri yang kita punya.
ADVERTISEMENT
Hasilnya, seseorang jadi lebih percaya dengan pemikiran dan perasaannya. Sehingga dengan memanfaatkan imajinasi, kita dapat membuat keputusan yang tepat dalam hidup.
Jadi, apakah kamu salah satu orang yang berkhayal sebelum tidur? (via)