Woman
·
3 Juli 2021 14:43
·
waktu baca 2 menit

Sederet Mitos Tentang Menstruasi dari Berbagai Negara di Dunia

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Sederet Mitos Tentang Menstruasi dari Berbagai Negara di Dunia (575788)
searchPerbesar
Ilustrasi menstruasi. Foto: Getty Images
Mitos-mitos menstruasi kerap membuat kita membayangkan bahwa jadi perempuan tidaklah mudah. Semua perempuan di keluarga mempunyai tendensi untuk menanamkan nilai-nilai tertentu terhadap pemahaman alat reproduksi wanita kepada anak yang baru gede.
ADVERTISEMENT
Hal ini justru terkadang membuat sebagian perempuan membingungkan dan membahayakan untuk pola pikir mereka. Mitos seperti ini secara tidak langsung dapat membentuk pola pikir yang bikin bingung terkait menstruasi di masyarakat.
Seperti yang dikutip dari Huffingtonpost UK, aplikasi kesehatan wanita dan pelacak jadwal menstruasi, Clue, mencari tahu apa-apa saja mitos menstruasi yang tersebar dari para user dan ambassadornya di seluruh dunia.
Berikut adalah mitos-mitos tentang menstruasi yang menjadi hantu bagi kehidupan perempuan-perempuan. Penasaran? Yuk simak ulasannya.

1. UK dan US

Sederet Mitos Tentang Menstruasi dari Berbagai Negara di Dunia (575789)
searchPerbesar
Ilustrasi menstruasi. Foto: Getty Images
-Tampons will break your hymen and make you impure artinya Tampon akan merusak selaput dara dan membuat kamu menjadi tidak suci.
- You can’t take a bath while on your period memiliki arti bahwa kamu tidak boleh mandi saat sedang menstruasi.
ADVERTISEMENT
-You shouldn’t perm your hair until after your first period berarti kamu tidak boleh mengeriting rambut sampai setelah periode pertama.
-If you touch any vegetable before or during the pickling process they won’t pickle and will go bad instead. Maksudnya, jika sedang menstruasi dan kamu menyentuh sayuran apapun sebelum atau selama proses pengawetan, sayuran tersebut tidak akan menjadi acar dan malah menjadi busuk.

2. US

-You shouldn’t go camping because the bears can smell it from far away memiliki arti bahwa saat menstruasi kamu tidak boleh pergi berkemah karena beruang dapat menciumnya dari jauh.

3. Nepal

Sederet Mitos Tentang Menstruasi dari Berbagai Negara di Dunia (575790)
searchPerbesar
Ilustrasi wanita sedang menstruasi. Foto: Getty Images
- You can’t have contact with anybody maksud dari kalimat ini adalah, saat menstruasi kamu tidak dapat memiliki kontak dengan siapa pun.
ADVERTISEMENT

4. Israel

-If you shower with hot water while on your period you will have a heavy flow memiliki makna yaitu jika kamu mandi dengan air panas saat menstruasi, kamu akan mengalami aliran yang deras.

5. Colombia

- You can’t drink cold beverages because they will give you cramps mengartikan bahwa kamu tidak bisa minum minuman dingin karena akan membuatmu kram.
- Don’t wash or cut your hair artinya saat kamu menstruasi sebaiknya jangan mencuci atau memotong rambut ya.
Jadi bagaimana, apakah kamu masih mempercayai mitos menstruasi seperti di atas? (via)