Buzz
·
24 Desember 2020 16:12

Tips Mudah Hilangkan Bunyi Decitan Rem Belakang Motor Akibat Terkena Hujan

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Tips Mudah Hilangkan Bunyi Decitan Rem Belakang Motor Akibat Terkena Hujan (143427)
Ilustrasi membongkar komponen rem tromol belakang sepeda motor. Foto: Istimewa
Pada saat musim hujan, biasanya pengendara motor akan mendengar bunyi decitan saat menarik tuas rem atau menginjak pedal rem tromol. Hal ini kerap membuat para pengendara motor tidak nyaman.
ADVERTISEMENT
“Kadang tromol bunyi setelah hujan atau habis dicuci timbul bunyi cit-cit, dikarenakan ada kotoran yang menempel di tromol bergesekan dengan kampas rem,” ujar Juki, punggawa bengkel R59 Matic Shop kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Hal yang menyebabkan rem motor berdecit tersebut tak hanya karena debu dari luar, melainkan kampas tromol yang tergerus saat pengereman dan terkena air juga jadi penyebab bunyi cit-cit tersebut.
Nah, Juki membagikan jurus jitu menghilangkan suara decitan tersebut, yakni dengan cara rajin-rajin membersihkan komponen rem tromol. Caranya dengan melepas komponen tersebut satu per satu, kemudian bersihkan dari kotoran atau debu yang menempel.
“Solusi biasanya kita perawatan rem, rajin semprot dengan angin bertekanan ke komponen rem tromol buat menghilangkan debu,” jelas Juki.
Tips Mudah Hilangkan Bunyi Decitan Rem Belakang Motor Akibat Terkena Hujan (143428)
Rem tromol Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Di bengkelnya yang berada di Jalan Dewi Sartika No. 32, Ciputat, Tangerang Selatan, perawatan rem tromol ini dibanderol oleh Juki dengan harga Rp 70 ribu, termasuk kampas rem tromol apabila sudah menipis dan biaya jasa pembersihan menyeluruh komponen tromol.
ADVERTISEMENT
Ia juga menngungkapkan, setidaknya perawatan pengereman tromol minimal dibersihkan satu bulan sekali. Tak harus dengan kompresor angin, perawatan ini bisa dilakukan dengan membongkar rem tromol kemudian dibersihkan dengan kain lap kering juga sikat kawat untuk sela-sela yang sulit terjangkau saat pembersihan.
Selain menjaga kinerja pengereman tetap optimal serta menghilangkan gejala berdecit, perawatan pada rem tromol juga menghindari tromol yang ‘kemakan’ akibat penggunaan kampas rem yang sudah aus.
(mon)