Otomotif
·
14 Oktober 2020 12:52

Waktu yang Tepat Oper Gigi pada Mobil Manual, Sudah Tahu?

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Waktu yang Tepat Oper Gigi pada Mobil Manual, Sudah Tahu? (33616)
Ilustrasi oper gigi pada mobil manual. Foto: Unsplash
Dalam mengendarai mobil manual, perpindahan gigi merupakan salah hal hal penting yang harus diperhatikan. Bagi sebagian para pengemudi masih belum memahami kapan waktu yang tepat untuk pindah gigi, seperti dari gigi 2 ke gigi 3 dan seterusnya.
ADVERTISEMENT
Bila perpindahan gigi tersebut sering tidak sesuai dengan putaran mesin, tentu bisa mengakibatkan rusaknya sistem transmisi, khususnya plat kopling.
Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi menuturkan idealnya perpindahan gigi pada mobil manual tidak dilakukan hingga putaran mesin tinggi.
Sebenarnya balik lagi tergantung kebutuhan dan kondisi, tapi untuk jalan datar dan kondisi normal, idealnya ya di angka 2000 hingga 3000 rpm," jelas Didi kepada kumparan, beberapa waktu lalu.
Sebaliknya, bila perpindahan gigi sering dilakukan pada putaran mesin tinggi, dikhawatirkan akan mempercepat usia pergantian plat kopling.
"Saat lagi jalan normal, sebaiknya hindari ganti gigi saat putaran mesin tinggi, apalagi sampai menyentuh red line, karena kasian plat koplingnya," ucap Didi.
Akan tetapi, tambah Didi, khusus untuk kondisi jalan yang menanjak ekstrem, perpindahan gigi pada putaran mesin tinggi boleh-boleh saja. Sebab, saat situasi tersebut, mobil akan membutuhkan torsi yang besar dan napas mesin yang lebih panjang.
ADVERTISEMENT
Selain mengacu pada putaran mesin, perpindahan gigi pada mobil manual juga bisa didasarkan pada kecepatan mobil. Guna memudahkan Anda dalam memahaminya, berikut perpindahan gigi pada mobil manual berdasarkan kecepatan yang direkomendasikan.
Waktu yang Tepat Oper Gigi pada Mobil Manual, Sudah Tahu? (33617)
Ilustrasi speedometer. Foto: Unsplash
Perpindahan gigi 1 ke 2 dan dari 2 ke 1 pada 15 km per jam
Perpindahan gigi 2 ke 3 dan dari 3 ke 2 pada 35 km per jam
Perpindahan gigi 3 ke 4 dan dari 4 ke 3 pada 50 km per jam
Perpindahan gigi 4 ke 5 dan dari 5 ke 4 pada 70 km per jam
Dengan melakukan perpindahan gigi sesuai dengan putaran mesin atau kecepatan yang dianjurkan, diharapkan akan membuat komponen transmisi pada mobil manual menjadi lebih awet. (mon)
ADVERTISEMENT
_____
Jangan lewatkan Festival UMKM, kamu bisa mengakses laman festivalumkm.com dan pantau terus media sosial kumparan. Sampai jumpa di Festival UMKM Milenial nanti!
Waktu yang Tepat Oper Gigi pada Mobil Manual, Sudah Tahu? (33618)
Festival UMKM. Foto: dok. kumparan