Food & Travel
·
1 Juli 2018 17:50

Mengunjungi 'Galaksi yang Jauh' di Tunisia

Konten ini diproduksi oleh George Junior
Mengunjungi 'Galaksi yang Jauh' di Tunisia (4524)
Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar Tunisia? Mayoritas orang Indonesia mungkin mengenal Tunisia sebagai tempat berawalnya Arab Spring. Namun, di kalangan penggemar film sci-fi, Tunisia dikenal sebagai tempat Star Wars pertama kali di-shoot. Berikut tiga dari banyak lokasi shooting Star Wars yang wajib kamu kunjungi jika ke Tunisia.
ADVERTISEMENT
1. Mos Espa
Mengunjungi 'Galaksi yang Jauh' di Tunisia (4525)
Kota Mos Espa di Planet Tataouine sebagaimana terlihat di Star Wars: The Phantom Menace merupakan set yang dibangun di tengah gurun dekat Kota Nefta di Gouvernorat (Provinsi) Tozeur. Untuk mengunjungi Mos Espa, kamu perlu menggunakan mobil four-wheel drive.
Ketika selesai shooting The Phantom Menace di tahun 1997, para kru film tetap membiarkan Set Mos Espa berdiri. Namun, Mos Espa berada di wilayah yang sangat berangin sehingga set tersebut ditelan oleh gurun setelah beberapa tahun. Pada 2014, pemerintah Tunisia dengan bantuan sumbangan para fan Star Wars berhasil menggali kembali set tersebut dan menjadikannya obyek parawisata.
2. Ong Jmel
Mengunjungi 'Galaksi yang Jauh' di Tunisia (4526)
Jangan lupa mengunjungi gunung unik ini jika mengunjungi Mos Espa karena lokasinya berdekatan. Tentunya kunjungan ke Ong Jmel tidak lengkap jika tidak mendaki ke puncak kepala unta tersebut dan melihat pemandangan gurun sejauh mata memandang. Karena ketinggian Ong Jmel dan lokasinya yang dekat dengan perbatasan, HP-mu dapat menangkap sinyal operator Aljazair.
ADVERTISEMENT
Ong Jmel merupakan lokasi shooting The Phantom Menace, di mana sang penjahat, Darth Maul, pertama mendarat di Tataouine untuk melacak kapal pesawat Ratu Amidala dan beberapa scene lainnya.
3. Hotel Sidi Driss
Mengunjungi 'Galaksi yang Jauh' di Tunisia (4527)
Hotel Sidi Driss berada di Kota Matmata, Provinsi Gabès, dan didirikan pada tahun 1969, tujuh tahun sebelum dijadikan lokasi shooting Star Wars. Hotel ini tidak dibangun dari nol melainkan diubah dari rumah tradisional warga Berber Tunisia yang menjalankan gaya hidup troglodyte atau tinggal di bawah tanah.
Hotel Sidi Driss merupakan lokasi shooting interior rumah Owen Lars, paman Luke Skywalker sebagaimana terlihat di film pertama dan Star Wars: Attack of the Clones.
Ketika berkunjung, jangan lupa makan di ruang makan yang sama dengan Luke Skywalker dan memikirkan apakah akan bergabung dengan Imperial Academy tahun depan. Jangan lupa menginap di hotel tersebut sekurangnya satu malam untuk merasakan a night in a galaxy far, far away…
ADVERTISEMENT
Masih banyak tempat shooting Star Wars lainnya di Tunisia yang belum disebut. Jika berkesempatan ke Pulau Djerba, terdapat lokasi shooting Toshi Station serta rumah Obi Wan Kenobi. Tataouine sendiri merupakan nama sebuah kota dan provinsi di Tunisia Selatan.
Tunisia juga merupakan lokasi shooting beberapa film besar lainnya, seperti Raiders of the Lost Ark dan The English Patient.
Mulai tertarik ke Tunisia?
Additional read: Artikel ini berargumen bahwa pilihan George Lucas untuk shooting Star Wars di Tunisia pada tahun 1976 menjadi salah satu fondasi demokrasi Tunisia.