Dampak Positif Menjadi Penggemar K-Pop

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Konten dari Pengguna
2 Januari 2023 15:30
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ghina Ashilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Konser musik (sumber : https://pixabay.com/id/)
zoom-in-whitePerbesar
Konser musik (sumber : https://pixabay.com/id/)
Tahukah kalian apa itu K-pop ? Pastinya, sudah tidak asing lagi kan mendengar kata tersebut. Karena disini saya akan membahas mengenai K-pop, maka pertama-tama akan saya jelaskan terlebih dahulu dan barangkali teman-teman ada yang masih belum tahu nih, K-pop itu apa sih ?
K-pop adalah singkatan dari Korean Pop yang artinya musik populer yang berasal dari negara Korea Selatan dengan genre musik yang beragam. Dan hal ini identik dengan musik-musik yang dibawakan oleh sekelompok boyband dan girlband serta ditampilkan dengan tarian, konsep, dan dekorasi panggung yang menarik.
Musik K-pop bahkan menjadi salah satu kebudayaan Korea Selatan dikarenakan menarik perhatian seluruh masyarakat Korea Selatan khususnya anak-anak muda yaitu para pelajar. Tak hanya itu, kepopuleran musik K-pop kini sudah menyebar luas ke negara-negara di belahan dunia. Sehingga Korea Selatan menjadi negara yang lebih dipandang, salah satu dampak besarnya yaitu karena kepopuleran musik K-pop tersebut.
Musik K-pop terkenal disebabkan oleh anggota grup yang menarik perhatian dan juga musik yang beragam. Tentunya menjadi idol K-pop tidak semudah yang kalian pikirkan. Calon idol K-pop harus menjalankan masa pelatihan yang ketat terlebih dahulu untuk menjadikan idol atau artis tersebut memiliki talenta bermain dan menciptakan musik supaya grup dan musiknya mempunyai kualitas yang baik.
Calon idol akan diberi pelatihan dalam teknik menari, olah vokal, mengembangkan kemampuan yang telah dimiliki, dan dilatih untuk menjaga pola makan yang sehat sehingga memiliki tubuh yang ideal. Masa waktu pelatihan tersebut perlu waktu beberapa tahun. Kebanyakan calon idol akan debut setelah masa waktu pelatihan 3 sampai 7 tahun.
Belakangan ini Kpop sangat populer di Indonesia dan menarik banyak penggemar dari Indonesia. Keberhasilan K-pop yang mendunia tidak hanya karena usaha jerih payah artis nya saja, tetapi juga usaha dan strategi pemasaran dari manajemen artis tersebut. Seperti yang bisa kita lihat saat ini, banyak iklan-iklan produk Indonesia yang menggunakan idol atau artis Korea sebagai model bahkan brand ambassador produk tersebut agar lebih menarik perhatian terutama para penggemar artis tersebut.
Tak hanya produk makanan, minuman, kosmetik, bahkan aplikasi jual beli daring seperti Shopee, Tokopedia, dan sebagainya juga menggunakan idol atau artis K-pop sebagai model iklannya. Dengan strategi pemasaran tersebut, produk yang dijual menjadi laris dan idol atau artis nya pun menjadi dikenal banyak orang.
Jika mendengar kata K-pop pastinya tidak tertinggal dengan penggemarnya. K-pop terkenal memiliki penggemar yang setia dengan jumlah besar. Dirangkum dalam laporan Twitter yang dirilis pada Rabu 26 Januari dan didasarkan menurut unique authors, Indonesia menjadi negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbesar di dunia pada 2021. Tidak hanya sebagai negara dengan jumlah penggemar terbanyak, Indonesia juga untuk kedua kalinya tercatat sebagai negara yang paling banyak membicarakan K-pop di laman media sosial Twitter. Peringkat Indonesia terlihat bertahan dari tahun sebelumnya dalam kategori peringkat negara dengan jumlah tweet soal K-pop paling banyak di dunia. (Nabilah, 2022)
Penggemar suatu grup K-pop biasanya memiliki ciri khas masing-masing agar mudah dibedakan, misalnya dari nama fandom itu sendiri. Fandom grup K-pop BTS biasa disebut dengan ARMY, fandom grup Kpop New Jeans mempunyai nama khusus untuk penggemarnya yaitu Bunnies. Masing-masing dari nama fandom tersebut memiliki arti yang berbeda dan menyatu dengan grup idolanya.
Tak hanya itu, ciri khas yang menonjol dapat dilihat dari lightstick nya. Lightstick merupakan aksesoris ataupun barang yang seolah wajib dibawa oleh penggemarnya saat akan menonton konser musik idolanya. Kegunaannya untuk menunjukkan dukungan dan menyemangati grup yang mereka gemari saat tampil di atas panggung.
Saya pribadi menyukai grup K-pop TOMORROW X TOGETHER atau yang biasanya dikenal dengan TXT. Apa alasannya ? karena semua lagu-lagu yang mereka ciptakan berhubungan dengan kehidupan anak muda masa kini, dari alur cerita, masalah kehidupan yang biasa dialami, sampai kisah percintaan. Dan juga hubungan antara anggota nya sangat akrab seperti keluarga. Hubungan dengan penggemar nya pun sudah seperti sahabat, saling percaya, mengejek, dan mendukung.
Tetapi banyak orang-orang yang berpikir bahwa menjadi penggemar musik K-pop membawa hal-hal negatif ke dalam kehidupan. Padahal penggemar K-pop sama hal nya dengan penggemar musik barat, dan penggemar budaya populer Jepang. Mereka hanya menjadikannya sebagai hobi, hiburan pada saat jenuh, sedih, dan senang. Di sini, saya akan memberikan informasi kepada pembaca apa saja dampak positif yang dapat diambil dari penggemar musik K-pop.
Lagu-lagu musik K-pop pastinya menggunakan Bahasa Korea. Dikarenakan lagu-lagu yang didengar nya berbahasa Korea, maka otomatis keingintahuan mereka mengenai makna dari lagu tersebut menjadi besar dan akan muncul keinginan untuk memahami dan mempelajari bahasa Korea sehingga dapat memperluas kemampuan berbahasa asing. Bahkan beberapa dari mereka serius memperdalam dengan melanjutkan pendidikan kuliahnya mengambil jurusan Sastra Korea, ataupun belajar secara otodidak.
Hal ini saya alami sendiri, dengan mendengarkan lagu-lagu dan menonton konten-konten tentang idol yang saya sukai, saya dapat mengetahui arti dari kosa kata yang sering saya dengar. Seiring berjalannya waktu, pengetahuan kosa kata yang saya dapat akan terus bertambah.
Dampak positif yang lainnya dapat menjadikan sebagai sumber pekerjaan karena pada saat ini Indonesia banyak bekerja sama dengan negara ginseng tersebut. Beberapa dari mereka menjadi mempunyai keinginan membuka toko jual beli secara daring dengan menjual hal-hal yang berbau kpop seperti pakaian, kosmetik, album, dan lainnya. (Lisa, 2020)
Musik juga dapat dijadikan sebagai motivasi karena mampu menambah semangat belajar terlebih penggemar K-pop banyak dari kalangan anak-anak muda. Dengan mendengarkan musik k-pop tersebut dan juga kisah idola mereka yang dituangkan lewat lagu-lagu ciptaannya, dianggap dapat menjadi inspirasi. Manfaat dari segi emosional dapat membuat kita merasakan senang, menghilangkan stres bagi remaja yang lelah dari pekerjaan rumah atau tugas dari sekolah. (Lisa, 2020)
Nah, itulah beberapa dampak positif yang dapat kita ambil dari musik K-pop. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat jangan hanya selalu melihat sisi negatif nya saja, dan jangan menutup fakta bahwa ada dampak positif yang dapat diambil juga.
Daftar Pustaka :
Lisa, A.P. (2020). Dampak Korean Wave Terhadap Perilaku Remaja Di Era Globalisasi. Jurnal, 3(1), 42-48.
Nabilah, N.A. (2022) Indonesia Jadi Negara dengan Fans K-Pop Terbanyak di Dunia. Diunduh pada 25 Desember 2022 https://goodstats.id/article/indonesia-masuk-peringkat-pertama-dengan-fans-k-pop-terbanyak-di-dunia-6w71d
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
0 Suka·0 Komentar·
01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
0 Suka·0 Komentar·
01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
0 Suka·0 Komentar·
01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
0 Suka·0 Komentar·
01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
0 Suka·0 Komentar·
01 April 2020