Konten dari Pengguna

Pengabdian Mahasiswa KKN UMY Dorong Peningkatan Ketahanan Pangan Mandiri

Ghiyatsa Syifa
Mahasiswi Ilmu Komunikasi UMY
18 Februari 2024 4:16 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ghiyatsa Syifa tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sosialisasi Pembuatan Pakan Lele (25/01). Sumber : Dokumentasi Ghiyatsa Syifa
zoom-in-whitePerbesar
Sosialisasi Pembuatan Pakan Lele (25/01). Sumber : Dokumentasi Ghiyatsa Syifa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Tematik Kelompok 089 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Padukuhan Dayakan Kulon, Kalurahan Dadapayu, Kapanewon Semanu, Gunung Kidul, DI Yogyakarta yang terdiri dari 10 orang mahasiswa/i dari berbagai jurusan dan fakultas yang mayoritasnya adalah mahasiswa semester 5 di kampus dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Ir. Nur Hudha Wijaya, S.T., M.Eng dalam menjalankan Program yang dibuat.
ADVERTISEMENT
Kelompok KKN 089 mempunyai program kerja utama yaitu Aquaponik dan Budidaya Lele. Kegiatan berupa sosialisasi Aquaponik dan praktik pembuatan pakan lele mandiri dengan tema utama yaitu Ketahanan Pangan Mandiri.
Tidak hanya itu, Kelompok KKN Reguler Tematik 089 UMY turut mengundang Bapak Dedi Budiono selaku Penyuluh Perikanan dari Dinas Perikanan Kecamatan Semanu untuk menjelaskan lebih detail kepada warga setempat mengenai pembuatan kolam dan pakan lele agar lele yang dihasilkan akan berkualitas.
Setelah pelatihan berlangsung, Mas Shidiq selaku warga Dayakan Kulon langsung mempraktikkan pembuatan kolam lele di pekarangan rumah bersama sang istri.
Mas Shiddiq menunjukkan kolam lele buatannya (10/02). Sumber : Dokumentasi Ghiyatsa Syifa
Kelompok KKN 089 turut memboyong warga untuk melihat dan melakukan studi banding tentang bagaimana proses dan bentuk langsung dari budidaya lele bersama Bapak Dedi selaku penyuluh perikanan setempat.
Studi Banding Bersama Bapak Dedi Budiono, Penyuluh Perikanan Semanu (02/02). Sumber : Ghiyatsa Syifa.
"Kami sangat senang dengan adanya program kerja ini diadakan oleh kelompok KKN karena hal ini merupakan hal baru bagi warga kami dan kelompok KKN sebelum-sebelumnya belum pernah ada yang membuat program kerja tentang Ketahanan Pangan Mandiri." ucap Sumadi selaku Kepala Padukuhan Dayakan Kulon, Kalurahan Dadapayu, Kapanewon Semanu, Gunung Kidul, DIY, saat perpisahan Kelompok KKN di depan warga, pada Rabu (07/02).
Perpisahan dengan warga Dayakan Kulon (07/02). Sumber : Dokumentasi Ghiyatsa Syifa
Hingga akhir masa KKN, program kerja diterima dengan baik oleh warga dan warga sangat antusias dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan dari Kelompok Kuliah Kerja Nyata UMY 089. Kenangan yang dibuat begitu membekas hingga banyak sekali warga yang menangis terharu karena akan berpisah dengan kelompok KKN dari UMY malam itu.
ADVERTISEMENT