5 Alasan Mengapa Diet Pisang Bisa Efektif Menurunkan Berat Badan

Aplikasi kesehatan yang menyediakan fitur Tanya Dokter Gratis & Ragam Artikel seputar kesehatan di www.go-dok.com/ragam-artikel-godok/
Konten dari Pengguna
17 Oktober 2018 11:10
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Go Dok Indonesia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
5 Alasan Mengapa Diet Pisang Bisa Efektif Menurunkan Berat Badan (12449)
zoom-in-whitePerbesar
Go Dok - Semenjak beberapa tahun terakhir, muncul tren baru dalam dunia kesehatan; yaitu, diet pisang. Ya, diet yang pertama kali populer di negara matahari terbit, alias Jepang, ini diklaim banyak pihak efektif untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang masih ragu untuk mencoba diet ini, berikut Go Dok paparkan beberapa poin yang menjelaskan mengapa diet pisang bisa jadi jawaban yang selama ini Anda cari demi mendapatkan tubuh idaman.
1. Serat pisang dapat mengenyangkan
Tahukah Anda, bahwa pisang merupakan salah satu buah yang mengandung serat tinggi? Ya, serat yang terkandung dalam buah pisang tidak mudah larut dalam air, sehingga konsumsi 2 buah pisang di setiap jam makan sudah pasti dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
Selain efektif untuk menurunkan keinginan ngemil atau mengonsumsi makanan berat, pisang juga terbukti efektif dalam membersihkan usus dari zat-zat berbahaya serta ampuh untuk menurunkan risiko munculnya penyakit kardiovaskular.
2. Pisang baik untuk sekresi air tubuh
ADVERTISEMENT
Salah satu keluhan yang dirasa oleh mereka yang sedang berdiet adalah lambatnya proses sekresi air tubuh. Akibatnya, tubuh cenderung terlihat tetap gemuk walaupun diet sudah dipraktikkan.
Nah, jika Anda juga mengalami masalah ini, maka diet pisang bisa jadi pilihan yang dapat dicoba. Mengapa? Sebab Potasium dalam pisang terbukti dapat mencegah retensi air dalam tubuh, sehingga akan mengurangi risiko bloating perut yang membuncit.
3. Kandungan vitamin C yang dapat membakar lemak
Selain kaya akan serat, buah pisang juga tinggi akan kandungan vitamin C. Lalu, apa hubungannya dengan proses menurunkan berat badan?
Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition pada tahun 2005, vitamin C dalam pisang terbukti efektif untuk memacu proses pembakaran lemak. Jadi, masih ragu untuk mencoba diet pisang.
ADVERTISEMENT
4. Pisang; buah rendah kalori dan rendah lemak
Mungkin banyak di antara Anda yang berpikir bahwa diet pisang bukanlah pilihan yang tepat, sebab kalori dalam buah kuning ini terlalu tinggi. Benarkah seperti itu? Salah! Meskipun kalori dalam pisang memang tergolong tinggi jika dibandingkan dengan buah lain, namun untuk buah yang berukuran sedang, kalori yang terkandung di dalamnya hanyalah sebesar 92 kalori saja.
Lebih lanjut, dalam satu buah pisang, hanya terkandung lemak sebesar 0.5 gram saja. Jadi daripada mengonsumsi keripik sebagai snack atau menu kudapan, ada baiknya Anda mulai membiasakan mengonsumsi 1-2 buah pisang. Dijamin kenyang!
5. Pisang memacu proses pembentukan otot
Terakhir, jarang yang mengetahui bahwa pisang merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan magnesium. Nah, senyawa inilah yang dipercaya oleh para ahli mampu meningkatkan kontraksi otot serta mempercepat pertumbuhan otot.
ADVERTISEMENT
Jadi, dengan mulai menerapkan diet pisang, lambat laun Anda akan mendapatkan tubuh yang langsing dan kencang. Mau?
***
Itu tadi penjelasan lengkap mengapa diet pisang bisa menjadi alternatif yang dapat Anda coba demi mendapatkan tubuh yang tidak hanya enak dilihat, namun juga sehat. Semoga bermanfaat!
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020