Bola & Sports
·
13 Januari 2021 13:13

Mengenal Josef Bican, Pemain yang Rekornya Disamakan Oleh Cristiano Ronaldo

Konten ini diproduksi oleh Gosip Pemain Bola
Mengenal Josef Bican, Pemain yang Rekornya Disamakan Oleh Cristiano Ronaldo (118687)
Sumber foto: Instagram
Mungkin telinga Anda akhir-akhir ini familiar dengan nama Josef Bican. Ya, nama Josef Bican muncul ke permukaan setelah Cristiano Ronaldo berhasil mensejajarkan namanya dengan Bican dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa.
ADVERTISEMENT
Satu gol yang dicetak Ronaldo ke gawang Sassuolo pada hari Minggu (10/01/2021) menggenapi golnya menjadi 759. Sama dengan jumlah yang dicetak Bican.
Lalu siapa itu Josef Bican?
Bican lahir pada 25 September 1913 di Wina, Austria. Ayahnya, Frantisek, ikut berperang dalam Perang Dunia I. Namun, Ayahnya meninggal pada usia 30 tahun setelah menolak operasi cedera ginjal yang dideritanya dalam pertandingan sepak bola.
Pada usia 12 tahun, Bican mulai bermain untuk tim junior Hertha Vienna, Hertha Vienna II. Pada 1931, ia bermain bersama Rapid Vienna pada usianya yang ke-18 tahun dan mencetak 184 gol dari 144 laga yang dimainkannya.
Pada tahun 1937, ia pindah ke klub Ceko, Slavia Praha, di sinilah Bican menunjukkan kehebatannya. Dia bermain di sana selama Perang Dunia II ketika pemuda seusianya ikut berperang. Dalam delapan musim ia mencetak 328 gol, termasuk saat ia mencetak 57 gol dalam 26 pertandingan pada satu musim.
ADVERTISEMENT
Sebelum akhirnya gantung sepatu pada 1955, ia tercatat pernah bermain untuk Rapid Vienna, Admira Wien, Slavia Praha, Vitkovice Zelezarny, Sokol Skoda dan Dynamo Praha.
Karier internasional
Pada tahun 1933 pada usianya yang ke-20, Bican melakukan debut internasionalnya bersama Austria. Ia ikut serta dalam skuat Austria di Piala Dunia 1934 saat mereka mencapai babak semifinal. Bican mencetak satu gol saat itu. Bersama tim nasional Austria ia mencetak 14 gol dalam 19 pertandingan.
Pada 1938, ia putuskan menjadi warga negara Republik Ceko tetapi karena kesalahan administrasi, ia tidak bisa bermain di Piala Dunia 1938. Dalam 14 pertandingan untuk Republik Ceko, dia mencetak 12 gol. Selain itu, ia juga diketahui sempat bermain sekali untuk negara Bohemia dan Moravia dan mencetak hat-trick.
ADVERTISEMENT
Menurut statistik, Bican diperkirakan mencetak lebih dari 805 gol dalam pertandingan resmi (termasuk karier sepak bola saat ia muda) dan lebih dari 1468 gol jika dihitung dengan gol di laga persahabatan. Namun, jumlah gol resmi karier seniornya diperkirakan mencapai 759 yang mencakup 730 gol klub dan 29 gol tim nasional.
Bican diketahui memiliki kecepatan yang luar biasa yakni kemampuan berlari 100 meter dalam 10, 8 detik. Sesuatu yang memungkinkannya untuk mencetak begitu banyak gol.

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white