kumparan
search-gray
Tekno & Sains13 Maret 2020 11:47

5 Hal Mengenai Garansi Produk Elektronik yang Perlu Anda Perhatikan

Konten kiriman user
5 Hal Mengenai Garansi Produk Elektronik yang Perlu Anda Perhatikan (381944)
Saat membeli peralatan elektronik baik online maupun offline, pastikan Anda mendapatkan garansi yakni jaminan dari barang yang Anda beli berkualitas dengan baik.
ADVERTISEMENT
Sebab garansi inilah yang akan melindungi Anda, apabila barang yang dibeli terjadi kendala atau kerusakan di kemudian hari. Baik karena kesalahan parbrikan maupun human error yang disebabkan oleh penggunaannya.
Berikut 5 hal mengenai garansi peralatan elektronik yang perlu Anda perhatikan :
Jenis Garansi
Saat membeli produk elektronik perhatikanlah jenis garansi yang diberikan. Misalnya produk yang dijual adalah garansi toko, garansi distributor, garansi resmi nasional, hingga garansi global. Perbedaan jenis garansi ini biasanya akan berpengaruh pada pelayanan jaminan yang diberikan, durasi hingga berpengaruh pada harga beli dan harga jual kembali produk elektronik Anda.
Mendaftarkan Kartu Garansi
Setelah membuka kotak, perhatikanlah syarat dan ketentuan pada kartu garansi yang diberikan. Sebab biasanya ada garansi yang harus dikirim atau di daftarkan kembali melalui website ada juga yang tidak.
ADVERTISEMENT
Jika menemukan kartu garansi yang harus diisi dan didaftarkan, sebaiknya sesegera mungkin dilakukan agar garansi tersebut berlaku dan terdaftar atas nama Anda.
Simpan Kartu Garansi
Meskipun sudah di daftarkan, simpanlah baik-baik kartu garansi Anda beserta invoice pembelian. Sebab kartu gransi fisik memudahkan Anda saat melakukan pengajuan garansi dan invoice menjadi bukti kuat Anda dalam pengurusannya.
Penyebab Pembatalan Garansi
Perhatikanlah dengan teliti hal-hal yang membatalkan garansi dari barang elektronik yang Anda beli. Misalnya kesalahan penggunaan seperti tersiram zat cair, kerusakan akibat membongkar produk sendiri atau dibongkar oleh teknisi tidak resmi, merusak segel garansi dan lainnya.
Lamanya Garansi
Terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah lamanya garansi yang diberikan dan cakupannya. Untuk produk elektronik seperti smartphone biasanya bergaransi 1 tahun, dan untuk alat elektronik lainnya seperti AC biasanya sekitar 3 tahun.
ADVERTISEMENT
Untuk produk AC, hanya Gree yang berani memberikan garansi paling lama. Yakni 5 tahun servis dan sparepart + 10 tahun kompresor yang semuanya bebas biaya.
Video
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white