Gangguan Kesehatan Ini Bisa Menyerang Saat Malas Servis AC

AC Berkualitas Pasti Gree
Konten dari Pengguna
10 Juli 2019 19:46
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Gree Indonesia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Mulai dari gangguan pernapasan hingga gangguan tidur bisa hinggap ketika AC kotor dan jarang servis.

Beberapa gangguan kesehatan dapat menyerang ketika kita jarang servis AC.
zoom-in-whitePerbesar
Beberapa gangguan kesehatan dapat menyerang ketika kita jarang servis AC.
ADVERTISEMENT
Zaman sekarang, pendingin udara atau AC bukan sekadar jadi peralatan penunjang, melainkan sudah menjadi alat yang dibutuhkan. Apalagi Anda hidup di kota besar dengan suhu yang sering berubah tidak menentu. Tidak heran bila saat ini penawaran jasa servis AC kini mudah ditemukan dengan harga relatif murah.
ADVERTISEMENT
Ya, memakai AC memang butuh perawatan. Memiliki fungsi menjaga suhu udara, servis AC wajib dilakukan secara rutin. Jika sekadar bersihkan filter kita pun bisa melakukannya sendiri. Tapi sayangnya, banyak dari kita yang masih malas melakukannya.
Semua produsen pendingin udara kini banyak menyematkan fitur kesehatan. Mulai dari fitur yang diciptakan untuk mencegah pertumbuhan virus, jamur, hingga bakteri yang biasanya terbawa pada hembusan angin yang dikeluarkan oleh AC.
Pasalnya, ketika kita tidak rutin atau berkala membersihkan atau servis, maka AC yang kita pasang tidak akan luput dari debu dan kotoran. Ancamannya, gangguan kesehatan akan hinggap ke kita sebagai penggunanya.
Apa saja gangguan kesehatan tersebut?
Gangguan pernapasan
Ketika AC jarang dirawat dan dibersihkan, debu dan kotoran yang menempel akan menumpuk. Khususnya filter AC yang berfungsi menyaring aliran dan hembusan udara dapat lebih bersih dan sehat.
ADVERTISEMENT
Fungsi filter AC sangat penting untuk sirkulasi udara. Ketika kuman berkembang, diikuti oleh bakteri dan jamur, maka dipastikan udara yang berhembus dari AC ikut kotor.
Saat terhirup, kuman dan penyakit yang terbawa udara bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Bila jangka panjang, maka potensi radang pada paru-paru dapat mengintai. Apalagi jika Anda penderita asma, risiko gangguan sesak napas mudah terpicu.
Alergi
AC yang kotor hembusan udaranya sudah pasti membawa berbagai virus dan bakteri. Tubuh akan terpapar kuman dan penyakit lewat udara tersebut. Risiko akan lebih besar ketika kita memiliki alergi. Gejala-gejala seperti batuk, bersin-bersin, serta gangguan radang tenggorokan akan mudah dialami.
Sakit Kepala
Karena udara yang kita hirup tidak sehat, ditambah alergi, maka gangguan kesehatan ini akhirnya terpicu. Dalam jangka waktu lama, jika udara tidak sehat dari AC yang kotor terhirup, merangsang gangguan sakit kepala yang lebih berat.
ADVERTISEMENT
Susah tidur karena kebisingan
Tahukah Anda, ketika filter AC kotor maka kinerjanya akan lebih keras dalam mendinginkan ruangan untuk mencapai suhu yang diinginkan. Hembusan anginnya juga akan lebih keras dan menyebabkan suara angin yang berisik.
Di sinilah gangguan kebisingan terjadi. Selanjutnya, masalah gangguan tidur, tekanan darah tinggi, kegelisahan, dan lainnya muncul. Cukup sederhana penyebabnya, bukan?
Cara mengatasi AC berisik sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Jika karena gangguan-gangguan karena perawatan atau komponen yang rusak, mungkin saja AC Anda cenderung telah berumur dan mesti ganti dengan yang baru. (Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi AC Berisik)
Pilihan AC terbaik yang tidak bisa ditawar lagi adalah AC Gree. Sebab setiap unit yang dibuat selalu dilengkapi teknologi yang memberi kenyamanan dan ketenangan pengguna.
ADVERTISEMENT
Bahkan, di akhir bulan Juli ini Gree meluncurkan produk AC yang memiliki teknologi yang sangat mudah untuk dilakukan perawatan sendiri.
Saat melakukan perawatan, pada umumnya pengguna akan dibatasi oleh tata letak seluruh mesin saat membersihkan AC dan hanya dapat membersihkan layar filter dan deflektor udara. Sedangkan kipas unit indoor, saluran udara, dan saluran air sangat sulit untuk dibersihkan.
Namun dengan teknologi G-Tech, pengguna bisa melakukan pembersihan hingga 4 tahap pertama hingga bagian dalam mesin. Penasaran dengan AC terbaru dari Gree ini, simak video berikut;
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·