News
·
17 Juni 2021 17:45
·
waktu baca 3 menit

Mengulik Kinerja Ganjar Pranowo Tahun 2020

Konten ini diproduksi oleh Gregorius Adrian
Mengulik Kinerja Ganjar Pranowo Tahun 2020 (87519)
searchPerbesar
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Sumber : shutterstock.com
Ganjar Pranowo merupakan Gubernur Jawa Tengah yang ke-15 dan telah menjabat sejak tahun 2018. Tokoh kelahiran Karanganyar, 28 Oktober 1968 mengawali karier politik dengan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat selama dua periode dari tahun 2004-2009 dan 2009-2013.
ADVERTISEMENT
Pak Ganjar Pranowo merupakan salah satu pemimpin daerah yang bersikap sigap terhadap proses penanggulangan covid-19 di Jawa Tengah. Hal ini terlihat dari penerapan berbagai jenis kebijakan seperti ‘jogo tonggo’, penundaan kegiatan Pekan Olahraga Daerah, pemberlakuan tracing terhadap pasien positif, pemberhentian kegiatan pembelajaran langsung.
Program Jogo Tonggo yang menjadi program inovasi dari Ganjar Pranowo dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pun menuai pujian, program ini mendapatkan nominasi dan menjadikan Jawa Tengah sebagai nominasi penerima Penghargaan Pembangunan Daerah oleh Bappenas.
Ganjar Pranowo juga gencar melakukan sosialisasi terhadap protokol kesehatan kepada masyarakat Jawa Tengah. Bahkan setahun berselang sejak Covid-19 masuk ke Indonesia, Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang memperlihatkan hasil yang positif terkait masalah zona covid-19, daerah di Jawa Tengah tidak pernah masuk ke zona merah selam tiga minggu berturut-turut.
ADVERTISEMENT
Peran Ganjar Pranowo ini berkaitan dengan kepemimpinan yang berada di dalam diri Gubernur Ganjar Pranowo itu sendiri. Kredibilitas dan reputasi yang hebat merupakan salah satu aspek dari Ganjar Pranowo yang sangat erat dengan kepemimpinan yang diberikan kepada Rakyat Jawa tengah menghadapi situasi pandemi COVID-19, kredibilitas dan reputasi membuat Ganjar Pranowo dipercaya oleh rakyat Jawa Tengah terhadap kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Ganjar Pranowo dalam menghadapi urgensi pandemi covid-19.
Gubernur Ganjar Pranowo sangat memberikan pengaruh dan perubahan terhadap pemikiran masyarakat Jawa Tengah mengenai pandemi covid-19 yang sedang melanda Indonesia. Hal ini terbukti dengan mengajak pejabat di wilayahnya untuk memberi contoh dengan memeriksakan diri sendiri dalam rangka untuk mengetahui secara dini terkait Covid-19.
ADVERTISEMENT
Seperti yang sudah dijelaskan, peran pemimpin adalah memberikan contoh kepada bawahannya agar bawahannya dapat mengikuti perbuatan dari pemimpin tersebut. Gubenur Ganjar Pranowo sudah melakukan hal tersebut, dengan memberikan contoh untuk memeriksakan diri sendiri untuk melakukan tes dan menganjurkan bawahannya untuk mengikuti perbuatan-perbuatan yang sudah ia buat.
Terkait Covid-19, menurut Ganjar setidaknya terdapat 3 hal penting dalam penanganan pandemi Covid-19 dan menghadapi kehidupan pada Era New Normal, di antaranya; layanan kesehatan, jaring pengaman sosial dan jaring pengaman ekonomi. Layanan kesehatan sangat dibutuhkan dengan peralatan dari rumah sakit yang menjadi tolok ukur pelayanan prima.
Hal ini membuktikan bahwa Gubernur Ganjar Pranowo memberikan kredibilitas dan inspirasi bagi masyarakat-masyarakat Jawa Tengah, ia memberikan sebuah ilmu yang penting dan harus dipahami bagi semua elemen masyarakat Jawa Tengah dalam mengatasi penanganan virus pandemi covid-19 di Jawa Tengah (Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, 2020)
ADVERTISEMENT
Referensi:
World Health Organization. (2020). Coronavirus Disease. World Health Organization. https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. (2020). DPR RI Apresiasi Cara Ganjar Terjun Langsung Tangani Covid-19. Jatengprov.Go.Id. https://jatengprov.go.id/publik/dpr-ri-apresiasi-cara-ganjar-terjun-langsung-tangani-covid-19/
Humas Jateng. (2020, March). Hadapi Corona, Ini 4 Perintah Ganjar kepada Bupati dan Wali Kota. Jatengprov.Go.Id. https://jatengprov.go.id/publik/hadapi-corona-ini-4-perintah-ganjar-kepada-bupati-dan-wali-kota/