Kulit Ketiak Terasa Kering? Atasi dengan 4 Hal Ini

Mengupas tuntas gaya hidup masa kini untuk kaum urban seperti kamu.
Konten dari Pengguna
5 Desember 2019 11:01
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Groovy tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Photo credit: Freepix
zoom-in-whitePerbesar
Photo credit: Freepix
ADVERTISEMENT
Ketiak kering sering kali membuat kamu tidak nyaman dalam beraktivitas. Meskipun bagian ini tidak selalu terlihat, tetapi kondisi kulit permukaannya yang terasa kering tentu saja mengganggu.
ADVERTISEMENT
Kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa faktor, misalnya pemilihan produk deodorant yang kurang tepat atau justru terdapat luka akibat proses pencukuran bulu ketiak. Jika dibiarkan kulit ketiak kering juga akan memicu munculnya iritasi yang menyebabkan kulit di area tersebut menjadi lebih gelap. Pastinya kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?
Kulit ketiak tetap harus dirawat dengan baik, karena meski tidak terlalu terekspos beberapa model busana yang kamu pakai akan memperlihatkan bagian tersebut. Tentunya kulit ketiak yang terawat jauh membuatmu merasa nyaman dan percaya diri. Nah, untuk mengatasi ketiak kering kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Memakai pakaian berukuran longgar

Ukuran pakaian yang dikenakan ternyata berpengaruh pada kondisi kulit ketiak seseorang. Tanpa disadari memakai pakaian yang terlalu ketat, akan membuat kulit di area ketiak menjadi kencang dan mudah mengalami lecet. Kondisi kulit lecet inilah yang secara otomatis akan mengikis bagian kulit teratas di area ketiak. Hasilnya, kulit ketiak pun akan terasa kering dan tidak nyaman. Untuk itu, pastikan kamu memakai pakaian berukuran longgar, sehingga gesekan antara kain dan kulit ketiak dapat diminimalisir.
ADVERTISEMENT

Hindari mengaplikasikan pewangi pada bagian ketiak

Menjaga bau badan tetap segar memang penting dilakukan. Terlebih jika kamu aktif bergerak setiap harinya. Keringat dan terik matahari bisa menimbulkan bakteri penyebab bau badan. Oleh karena itu, kamu perlu mengaplikasikan produk deodorant agar wangi tubuh tetap segar. Namun, ternyata deodorant yang memiliki kandungan pewangi terlalu tinggi justru akan mengikis kelembapan alami kulit di sekitarnya. Wewangian inilah yang akan menimbulkan sensasi panas sehingga kulit mudah terkelupas karena bahan kimia tersebut.

Jangan mandi dengan air hangat!

Mandi dengan menggunakan air hangat memang bisa menenangkan tubuh. Tapi, terlalu sering mandi air hangat justru akan menghilangkan kandungan minyak alami pada kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering, termasuk di bagian ketiak. Apalagi jika kamu baru saja selesai mencukur bulu-bulu halus di ketiak. Mandi air hangat justru akan menimbulkan rasa perih yang luar biasa. Untuk menyiasati hal tersebut, sebaiknya kamu tidak terlalu sering mandi dengan air hangat. Jika terpaksa harus menggunakan air hangat, kamu bisa menyemprotkan spring water usai mandi agar tidak terjadi iritasi pada kulit ketiak.
ADVERTISEMENT

Gunakan pelembap khusus ketiak

Alih-alih menggunakan deodorant yang bisa menimbulkan iritasi akibat kandungan pewangi yang dimiliki, kamu bisa beralih pada produk pelembap khusus ketiak. Everwhite Axillary Cream (Underarm) misalnya. Produk ini bisa menjadi andalan untuk mengatasi masalah ketiak kering. Produk pelembap ini dibuat dengan bahan-bahan alami, seperti pearl, chamomile extract, kolagen, dan vitamin C yang mudah meresap ke dalam lapisan kulit. Selain menjaga kelembapan ketiak, produk ini juga efektif mencerahkan dan menghaluskan tekstur kulit ketiak.
Masih bermasalah dengan ketiak kering? Beberapa langkah efektif di atas sangat layak untuk dicoba. Kamu bisa melakukan perawatan sedini mungkin agar kulit ketiak tetap terjaga kesehatan dan kelembapannya. Dengan begitu, kamu bisa bebas beraktivitas tanpa khawatir ketiak kering dan mengurangi rasa percaya diri kamu. Pakaian model apa pun bisa kamu gunakan dengan nyaman di mana saja dan kapan saja. Selamat mencoba, ya!
ADVERTISEMENT