Bedah 3 Jurusan Teknik di Universitas Indonesia yang belum banyak orang tahu!

Haekal Mahdania
kumparan Buddies - Library and Information undergraduated student, Faculty of Humanities, Universitas Indonesia
Konten dari Pengguna
31 Mei 2023 11:47 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Haekal Mahdania tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Dokumentasi: Mahdania.
zoom-in-whitePerbesar
Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Dokumentasi: Mahdania.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Siapa nih yang disini masih ragu memilih Jurusan Teknik karena rumor-rumor tak mengenakkan yang beredar?
ADVERTISEMENT
Sini-sini kita bahas tuntas mengenai jurusan teknik yang ada di Universitas Indonesia. Jurusan Teknik ini merupakan salah satu jurusan yang menawarkan banyak peluang karir di masa depan nih teman kumparan. Yuk kita bahas lebih mendalam!
Bedah Jurusan Teknik di UI yang Belum Banyak Diketahui
Teman kumparan, jika kita berbicara mengenai Jurusan Teknik, apa saja sih hal-hal yang langsung terbesit di benakmu? Sulit? Melelahkan? atau Mahasiswanya kebanyakan berakhir menjadi mahasiswa abadi?
Eits, jangan negatif thinking dulu ya!
Meskipun begitu, Jurusan Teknik ini menawarkan banyak sekali peluang karir untuk kamu di masa depan seperti di bidang industri, konstruksi, teknologi, dan lain-lain. Namun, tahukah kamu kalau ada beberapa jurusan di Fakultas Teknik di Universitas Indonesia ini namanya belum banyak diketahui, lho!
ADVERTISEMENT
Yuk simak informasinya di bawah ini.
Gedung Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Dokumentasi: Mahdania.
1. Arsitektur Interior
Jurusan Teknik Arsitektur Interior ini, merupakan program studi yang mempelajari tentang bagaimana merancang dan mengembangkan ruang interior yang fungsional, estetis, dan ergonomis. Program studi ini juga mempelajari tentang bagaimana merancang dan mengembangkan furnitur dan aksesori yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tak heran lulusannya nanti bisa dengan mudah merancang interior sebaik mungkin dengan keahlian yang diperoleh di dalamnya.
Selain itu, prospek kerja dari jurusan ini meliputi berbagai bidang, seperti perusahaan desain interior, perusahaan arsitektur, perusahaan konstruksi, dan lain-lain. Kebanyakan mahasiswa yang memilih jurusan ini sebagai pilihannya karena bisa jadi minat dan bakat mereka dalam bidang desain interior, peluang karir yang menjanjikan, serta keinginan untuk membantu memecahkan masalah sosial dan lingkungan melalui desain interior.
ADVERTISEMENT
2. Teknik Perkapalan
Jurusan ini merupakan program studi yang mempelajari tentang bagaimana merancang, memproduksi, memperbaiki, dan mengelola kapal. Program studi ini juga mempelajari tentang bagaimana merancang dan mengembangkan sistem kerja kapal yang efisien dan aman. Walaupun belum banyak yang mengetahui terkait jurusan ini, prospek kerja yang ditawarkan juga cukup menggiurkan lho teman kumparan! Misalnya jurusan ini dapat membawa kamu untuk mendapatkan peluang dalam mengembangkan teknologi kapal yang dapat membantu memecahkan masalah sosial dan lingkungan. Selain itu, lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang perkapalan, seperti galangan kapal, perusahaan pelayaran, perusahaan konstruksi kapal, dan lain-lain.
i-Cell Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Dokumentasi: Mahdania.
3. Teknik Bioproses
Jurusan Teknik Bioproses adalah program studi yang mempelajari tentang bagaimana memanfaatkan mikroorganisme dan produk-produknya untuk menghasilkan keuntungan dalam skala industri. Teman kumparan pasti jarang sekali mendengar jurusan ini karena jurusan ini banyak menghasilkan lulusan yang bekerja di bidang, seperti riset dan pengembangan proses dan produk kimia, pengolahan dan sintesis produk farmasi. Kebanyakan dari mereka bekerja dibalik layar, sehingga eksistensinya tidak begitu terlihat. Namun meskipun begitu, jurusan ini sangat dicari-cari oleh perusahaan yang menghasilkan obat-obatan, yang mana mereka membutuhkan tenaga kerja yang memahami betul proses kimia dan sintesis produk farmasi yang mereka kelola, sehingga barang yang mereka hasilkan lebih berkualitas serta membawa kebermanfaatan bagi banyak orang.
ADVERTISEMENT
Bagaimana teman kumparan, tertarik untuk mengambil jurusan teknik di atas sebagai jenjang studi mu selanjutnya?
Di luar dari banyaknya rumor-rumor mengenai jurusan teknik di UI, jurusan ini menawarkan kesempatan yang luar biasa bagi kamu untuk mempelajari keterampilan teknis dan mempersiapkan diri untuk karir yang sukses di bidang teknologi.