Konten dari Pengguna

Belajar Efektif dan Fakta-faktanya

Hafidz Muttaqin
Saya seorang Mahasiswa Jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
3 Oktober 2021 14:01 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hafidz Muttaqin tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada saat pandemi sekarang, kalian merasa semangat untuk belajar itu makin menurun? dan ketika kita belajar dirumah rasanya tidak ada materi yang masuk? Yuk kita bahas kenapa belajar pada saat pandemi susah konsentrasi.
Kesulitan Belajar Merupakan Masalah Setiap Siswa atau Mahasiswa yang Saat Ini Melaksanakan Pembelajaran Secara Online. Sumber Foto : Pexels.com
Kapan waktu terbaik saat belajar? Waktu terbaik buat belajar adalah pagi hari saat subuh ketika fungsi otak masih 100%. Waktu di atas jam 08:00 pagi fungsi otak akan menurun dari 100% ke 50% dan siang hari fungsi otak hanya 35%. Saat fungsi otak turun, disarankan proses pembelajaran offline dahulu. Kamu merasakan ketika belajar di sekolah di siang hari sering ngantuk kan? Nah buat kalian yang sering belajar buat ujian malam-malam lebih baik dikurangi, karena fungsi otak pada malam hari itu hanya 20%, jadi kalian tidak bisa belajar dengan sempurna.
ADVERTISEMENT
Tingginya persentase fungsi otak itu juga sangat berpengaruh dari gizi makanan yang dimakan dan tingkat oksigen dalam otak. Jumlah waktu tidur malam seseorang mempengaruhi tingkat oksigen di dalam otak. Tidur malam yang disarankan minimal 6 jam dan maksimal 8 jam. Belajarlah jauh hari sebelum ujian dan jangan begadang ya.. lebih baik tidur awal dan bangun pagi hari saat subuh agar dapat belajar dengan maksimal. Kali ini aku mau kasih tips buat meningkatkan jumlah oksigen dalam otak, mudah banget melakukannya.
Ada cara lain selain tidur untuk meningkatkan jumlah oksigen dalam otak yaitu dengan membiasakan melakukan meditasi dan olahraga rutin setiap pagi dan sore, tiga sampai lima menit aja sudah cukup.
banyak minum air terutama air putih dapat mempertahankan daya tahan tubuh. Sumber Foto : Pexels.com
Cara lainnya adalah dengan minum 8-10 gelas air setiap hari. Banyak minum air putih ini selain menyebabkan oksigen dalam otak tetap terjaga, ternyata juga dapat mempertahankan daya tahan tubuh.
ADVERTISEMENT
Terakhir adalah mengkonsumsi makanan yang sehat, dengan makan makanan yang tidak sembarangan, dapat menjaga jumlah oksigen dalam otak.
Nah sebenarnya agar otak bisa bekerja dengan maksimal atau secara sempurna butuh gizi apa saja? Sebagai tambahan pengetahuan, bahwa gizi yang dibutuhkan otak lumayan banyak. yaitu ada protein, kalsium, omega 3, B kompleks, Lesitin, Madu, Bee Polen, dan Ginko Biloba. Nah, gizi yang dibutuhkan otak ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan.
Makanan apa aja sih yang mengandung gizi tersebut? Menurut beberapa penelitian beberapa makanan yang paling cocok untuk meningkatkan kinerja otak adalah kopi, cokelat asli, kacang, jeruk dan juga telur.
Nah setelah membaca tips di atas, ada tips lain nih agar pelajaran yang kalian pelajari bisa mudah diingat yaitu berdoa dan meminta pertolongan kepada Tuhan YME karena jika kita meminta pertolongan kepada Tuhan YME, apa pun yang kita lakukan menjadi bermakna.
ADVERTISEMENT
Terima kasih, yuk semangat belajar teman-teman !