Konten dari Pengguna

Eksplorasi Epik Dalam Dunia Sapi dan Kearifan Maha Gagah

hafizan
saya mahasiswa jurusan kehutanan (universitas lampung)
28 Mei 2024 7:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari hafizan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ilustrasi sapi, (sumber gambar: https://www.istockphoto.com/
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi sapi, (sumber gambar: https://www.istockphoto.com/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam kisah epik evolusi, sapi menari di panggung sejarah sebagai penjaga kebijaksanaan alam, membawa keajaiban keanekaragaman hayati dan rahasia peradaban agraris. Dengan rahang yang gagah, mereka adalah pahlawan tanpa kata yang merentangkan lembaran petualangan panjang melintasi padang rumput dan ladang. selamat datang pembaca karena kita akan menyelami kisah mahluk yang membawa kehidupan dan kesuburan disetiap jejaknya.
ADVERTISEMENT
Sapi adalah mamalia herbivora dari genus Bos, dikenal untuk kontribusinya dalam dunia pertanian serta untuk sebagai penghasil produk hewani. Memiliki ciri seperti, cakar bawah, rongga perut atas adalah pencernaan yang efisien dan tanduk pada beberapa spesies. Sapi dijinakan digunakan sebagai alat bantu kerja pertanian dan sebagai produksi susu dan dagingnya.
sapi dan anak sapi, (sumber gambar : https://www.istockphoto.com/)
Sapi ini memilik berbagai macam yakni Sapi Angus yang dikenal dengan warnanya yang hitam dan terkenal akan kualitas dagingnya, Sapi Limosin sapi yang berasal dari negara Prancis yang terkenal disana dengan akan dagingnya yang memiliki kualitas yang mantap untuk dikonsumsi, adapun sapi yang diganyang-ganyang oleh banyak orang dan sudah banyak juga di market Indonesia yakni Sapi Wagyu sapi asal jepang ini memiliki cita rasa yang khas dan menghasilkan daging yang sangat berkelas dikalangan saat ini dengan memiliki rasa yang lezat.
ADVERTISEMENT
Kegunaan sapi ini sendiri yaitu produksi dagingnya, susunya, sebagai alat transportasi pada zaman dahulu, kulitnya dan bulunya, sebagai alat bantu pertanian, dan sebagai hewan peliharaan. Sapi banyak digunakan oleh masyarakat sebagai alat pertanian dan diternakan, seperti halnya yaitu sebagai alat pembajak sawah, dagingnya untuk dikonsumsi serta susu yang memiliki nilai jual tersendiri adapun tak kala ada yang digunakan sebagai budaya dan tradisi.