Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.93.2
Konten dari Pengguna
Mahasiswa PMM UMM Gelar Perlombaan Matematika dengan Game berbasis Ubuntu Linux!
10 Agustus 2024 10:33 WIB
·
waktu baca 2 menitDiperbarui 29 Agustus 2024 14:38 WIB
Tulisan dari Haidar Yusuf tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Malang, 9 Agustus 2024 – MI Miftahul Ulum Ampeldento, Malang, dipenuhi dengan keceriaan dan semangat kompetisi pada Rabu, 31 Juli 2024. Di sekolah tersebut digelar kegiatan seru dan inovatif bertajuk “Perlombaan Matematika dengan Cara Asik dan Inovatif Menggunakan Permainan Tux-Math dari Ubuntu OS Berbasis Linux”. Kegiatan yang diinisiasi oleh Kelompok 38 Gelombang 5, Mahasiswa PMM Prodi Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang dibimbing oleh Iqbal Ramadhani Fuadiputra S.E., M.SM. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ini bertujuan untuk membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik, mengurangi kebosanan, serta meningkatkan jiwa kompetisi siswa kelas 6.
Para siswa kelas 6 MI Miftahul Ulum yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias. Dengan persiapan matang, para mahasiswa dari UMM memasang perangkat komputer dan laptop, menginstal Ubuntu melalui VM VBOX, dan memasang software game edukatif Tux-Math. Para siswa kemudian dibagi menjadi 16 tim, masing-masing terdiri dari dua orang. Setiap tim berkompetisi dalam dua babak perlombaan yang menegangkan dan menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Babak pertama dimulai dengan tingkat kesulitan "Ranger" dan batas waktu dua menit per ronde. Setiap tim bermain secara bergiliran menggunakan empat laptop yang tersedia. Tim dengan skor tertinggi di setiap ronde maju ke babak selanjutnya. Suasana menjadi semakin seru ketika para siswa berusaha mencatat skor tertinggi dengan cepat dan tepat menjawab soal-soal matematika yang muncul di layar.
Babak kedua tidak kalah menantang. Masih dengan tingkat kesulitan "Ranger" tetapi dengan batas waktu tiga menit per ronde. Tim yang bertahan paling lama dan mencatat skor tertinggi menjadi pemenangnya. Siswa yang berhasil mencapai babak ini menunjukkan semangat juang yang tinggi dan kemampuan matematika yang luar biasa.
Hasil dari perlombaan ini sangat memuaskan. Para siswa tidak hanya belajar matematika dengan cara yang menyenangkan, tetapi juga merasakan semangat kompetisi yang sehat. "Kak, bisa diadain lagi nggak lombanya!? Seru banget kak soalnya!!" ujar salah satu siswa dengan penuh antusias.
ADVERTISEMENT
Kegiatan ini menjadi bukti bahwa pembelajaran tidak harus monoton dan bisa dilakukan dengan cara yang inovatif serta menyenangkan. Para mahasiswa dari UMM berhasil menggabungkan ilmu teknologi yang mereka pelajari dengan kebutuhan pendidikan dasar, menciptakan pengalaman belajar yang berkesan bagi para siswa MI Miftahul Ulum.