5 Manfaat Seledri untuk Kecantikan

Halida Maulidiah Pernanu
Mahasiswa Kedokteran FK UIN Jakarta 2021
Konten dari Pengguna
11 Desember 2022 13:58 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Halida Maulidiah Pernanu tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi seledri. Foto : www.canvapro.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seledri. Foto : www.canvapro.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Seledri sering kita jumpai sebagai bahan pelengkap masakan, Namun jarang diketahui bahwa seledri memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Beberapa kandungan seledri diantaranya :
ADVERTISEMENT
Manfaat Seledri untuk Kecantikan
1. Mengatasi jerawat
Ilustrasi kulit berjerawat. Foto : www.canvapro.com
Seledri sangat direkomendasikan untuk mereka yang memiliki masalah kulit berjerawat. Sayuran ini kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama kulit.
Mengonsumsi sayuran ini dapat membantu menghilangkan kotoran dan membersihkan kulit sehingga dapat meminimalisir pertumbuhan jerawat.
2. Anti penuaan
Kandungan vitamin A dan C yang ada pada selendri bermanfaat sebagai antioksidan sehingga dapat mengurangi kerusakan pada kulit akibat radikal bebas dan anti aging.
3. Kontrol minyak pada wajah
ADVERTISEMENT
Kulit berminyak tentu telah diketahui sebagai salah satu penyebab kulit berjerawat. Kandungan yang terdapat pada seledri dipercaya dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit. Seledri ini bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus.
Selain itu, air rebusan seledri dapat dijadikan toner yang digunakan setiap sebelum tidur di malam hari.
4. Eksfoliasi kulit
mengaplikasikan seledri memiliki manfaat besar dalam meremajakan kulit dengan kemampuan eksfoliasi yang dimiliki. Sayuran ini diketahui dapat mengangkat sel-sel kulit yang mati.
Selain eksfoliasi kulit, seledri juga dapat mengatur keseimbangan pH kulit sehingga menjadikannya lebih muda dan cerah. Pengolahannya bisa dengan menggabungkan seledri, oatmeal, dan kulit jeruk menjadi masker wajah.
5. Penyubur rambut
Ilustrasi rambut. Foto : www.canvapro.com
Selain baik digunakan pada wajah, seledri juga diketahui baik untuk kesehatan rambut. Seledri ini bisa dikonsumsi langsung sebagai makanan atau minuman, namun bisa juga dengan dijadikan tonik rambut. Salah satu cara mengolah seledri, yaitu:
ADVERTISEMENT
Ternyata seledri memiliki manfaat yang sangat baik untuk kecantikan. Namun, jangan lupa untuk mencucinya dahulu sebelum dikonsumsi. Meski memiliki banyak manfaat, Anda tetap perlu berhati-hati jika hendak mengonsumsi suplemen ekstrak seledri, terutama bila sedang hamil, menyusui, memiliki riwayat alergi terhadap seledri, serta menderita kelainan darah, gangguan tiroid, atau tekanan darah rendah.
Manfaat daun seledri memang begitu beragam. Namun, bila Anda ingin mengonsumsi seledri secara rutin, tetapi memiliki kondisi atau masalah kesehatan tertentu, konsultasikan ke dokter lebih dulu. Dengan begitu, dokter akan memastikan apakah seledri aman untuk Anda konsumsi atau tidak. Semoga bermanfaat!
ADVERTISEMENT