Mencari Kopi Terbaik di Melbourne

17 Juli 2017 1:58 WIB
comment
51
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pencinta kopi atau bukan, berkunjung ke coffee shop tidak boleh dilewatkan saat bertandang ke suatu kota. Berada di coffee shop, bersantai sambil membaca buku, bercengkerama dengan teman atau sekadar duduk melihat keramaian dan menyesap kopi yang lezat menjadi pengalaman tersendiri.
ADVERTISEMENT
Di Melbourne, salah satu yang menjadikan kota ini terkenal di kalangan turis adalah seduhan kopinya yang begitu sedap. Tak heran coffee shop di Melbourne kini semakin menjamur. Nah, berikut ini adalah beberapa coffee shop yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Melbourne. Pasti bikin kamu makin penasaran kan pengin berkunjung ke Melbourne untuk tahu seperti apa coffee culture di sana?
1. Patricia Coffee Brewers
Com-Patricia Coffee Brewers (Foto: Concrete Playground)
Mau cari kopi sedap untuk memulai harimu? Awali pagimu di Melbourne dengan berkunjung ke Patricia Coffee Brewers, coffee shop mungil dengan desain minimalis di kawasan CBD. Coffee shop ini tidak menyediakan tempat duduk, jadi kamu hanya bisa beli kopi untuk take away. Tapi hal tersebut tidak menyurutkan minat pengunjung, karena seduhan kopi Patricia Coffee Brewers sudah sangat terkenal. Ditambah lagi pilihan pastry-nya yang beragam, membuatnya jadi salah satu coffee shop terbaik di Melbourne.
ADVERTISEMENT
2. Brother Baba Budan
Com-Brother Baba Budan (Foto: melbourne.breakfast)
Masih di kawasan CBD, Brother Baba Budan juga memiliki reputasi baik sebagai penyedia kopi paling enak di Melbourne. Coffee shop yang dibuka pada 2007 ini menyediakan specialty coffee, yang berasal dari Brazil dan Colombia. Karena pilihan biji kopinya yang tidak biasa, pencinta kopi banyak yang datang ke Brother Baba Budan untuk membeli biji kopi unik yang mereka miliki, seperti Panama Esmeralda Geisha. Tidak hanya menyediakan specialty coffee yang sedap, Brother Baba Budan juga terlihat unik dari coffee shop lainnya di kawasan CBD karena desain cafenya yang menarik, yaitu belasan kursi kayu yang tergantung di langit-langit menyambut pengunjung. Siap-siap foto untuk Instagrammu saat berkunjung ke coffee shop ini.
ADVERTISEMENT
3. Dukes Coffee Roasters
Com-Dukes Coffee Roaster (Foto: Sprudge)
Berlokasi di selatan kawasan CBD, Dukes Coffee Roasters mencoba menyajikan kopi di coffee shop mereka yang memiliki nuansa tenang dan hangat. Coffee shop ini tidak terlalu luas, dengan panel-panel kayu dan cermin serta pencahayaan yang tidak terlalu terang. Tidak hanya menjadi coffee shop, Dukes Coffee Roasters juga merupakan roaster dan menyediakan training roaster untuk Melbourne, Perth dan Sydney serta menjual hasil gilingan kopinya ke seluruh Australia. Nah, jadi tidak perlu ragu lagi kalau mau menikmati kopi sedap dengan suasana tenang dan nyaman, Dukes Coffee Roasters tempatnya.
4. Auction Rooms
Com-Auction Rooms (Foto: Broadsheet)
Dengan nuansa industrial yang begitu khas layaknya coffee shop kekinian, Auction Rooms menarik perhatian para turis dan lokal yang ada di Melbourne. Cafe ini didesain terbuka, dimana dari arah manapun pengunjung bisa melihat bagaimana barista meracik kopi pesanan mereka, serta para chef memasak menu brunch yang jadi andalan Auction Rooms. Kopi yang disediakan di Auction Rooms sebagian besar berasal dari biji kopi Kolombia yang berkualitas tinggi. Pemilik coffee shop ini membeli langsung ke petani kopi di Colombia, bukan dari importir untuk memastikan kualitas dari biji kopi tersebut. Selain dari suasana cafe yang menarik dan kopinya yang lezat, Auction Rooms juga mengedepankan konsep ramah lingkungan. Semua barang yang terbuat dari kertas seperti coffee cup dan buku menu dibuat dari bahan-bahan daur ulang dan bio-degradable, serta sisa makanan dan kopi bila tidak habis digunakan sebagai kompos.
ADVERTISEMENT
5. St.Ali Coffee Roasters
Com-St.Ali Coffee Shop (Foto: Sprudge)
Coffee shop yang satu ini juga sudah sangat terkenal di Melbourne, bahkan sudah membuka cabang di Jakarta. St. Ali memang menjadi salah satu coffee shop yang membentuk budaya minum kopi di Melbourne. Berlokasi di Melbourne Selatan, coffee shop ini bertempat di sebuah ruangan yang dulunya merupakan gudang. Karena popularitasnya, St.Ali tidak pernah sepi pengunjung. Jadi, siap-siap mengantre untuk kopimu saat berkunjung ke sini.
6. Manchester Press
Com-Manchester Press (Foto: BreakfastOut)
Tidak jauh dari Brother Baba Budan, kamu akan menemukan Manchester Press, coffee shop yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Melbourne. Dengan eksterior grafitti yang meriah, tidak sulit menemukan coffee shop satu ini. Selain kopinya yang terkenal sedap, satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan di Manchester Press adalah bagelnya. Rasa bagel di coffee shop ini begitu lezat, renyah dan lembut dengan siraman sirup mapel yang manis. Yumm!
ADVERTISEMENT
7. Little Bean Blue
Com-Little Bean Blue (Foto: Pinterest)
Coffee shop ini juga berukuran mungil, membuat suasana minum kopi jadi terasa lebih akrab. Kopi yang mereka sediakan memiliki rasa-rasa eksotis dari penjuru dunia, cocok untuk diminum sambil duduk santai di coffee shop ini atau take away. Little Bean Blue juga menyediakan pastry dan pilihan menu untuk sarapan dan makan siang. Yang pasti, saat di sini jangan lupa berinteraksi dengan baristanya, yang tidak akan segan menceritakan pengalamannya mengolah kopi.
Nah, itu dia coffee shop-coffee shop terbaik yang ada di Melbourne. Pasti nggak cukup sehari atau dua hari untuk menjelajahi kota ini, kamu perlu tempat menginap terbaik untuk menghabiskan waktu selama setidaknya seminggu untuk benar-benar mengenal situasi kopi di Kota Melbourne. Nikmati kopi, sambil merasakan bagaimana menjadi warga lokal saat berkunjung ke kota ini.
ADVERTISEMENT