Konten dari Pengguna

Mengenal TURF+Reserve : Upaya Efeketif Konservasi Laut

Adzkia Jannatun Hanis
Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
16 Juni 2024 9:10 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Adzkia Jannatun Hanis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Penangkapan Ikan/rhttps://designer.microsoft.com/image-creator
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Penangkapan Ikan/rhttps://designer.microsoft.com/image-creator
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indonesia telah dikenal seluruh dunia karena keindahan alamnya yang memukau, menjadi rumah bagi beragam flora dan fauna. Keberagaman ini terlihat terutama di lautan, yang tidak hanya menyediakan makanan dan mata pencaharian bagi jutaan orang, tetapi juga berperan penting dalam mengatur iklim dan menjaga keseimbangan ekosistem global. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak biota laut menghadapi ancaman kepunahan akibat kerusakan lingkungan. Untuk mengatasi ancaman ini, strategi konservasi yang efektif telah dikembangkan, salah satunya adalah penggabungan konsep Territorial Use Rights for Fishing (TURF) dengan Marine Reserves atau kawasan perlindungan laut.
ADVERTISEMENT
Apa Itu TURF?
Territorial Use Rights for Fishing (TURF), adalah sistem yang memberikan hak eksklusif kepada komunitas nelayan lokal untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya perikanan di area tertentu. Dengan TURF, komunitas nelayan diberdayakan untuk mengelola perikanan mereka sendiri, termasuk pengaturan banyaknya ikan yang ditangkap, penetapan musim penangkapan, dan penerapan praktik penangkapan yang berkelanjutan sehingga dapat membantu mengurangi tekanan terhadap stok ikan dan memastikan bahwa sumber daya ikan tetap tersedia untuk generasi mendatang.
Marine Reserves : Perlindungan untuk Masa Depan
Marine Reserves, atau kawasan perlindungan laut, merupakan area laut yang dilindungi dari aktivitas manusia tertentu untuk menjaga keanekaragaman hayati dan ekosistem laut. Di dalam kawasan ini, kegiatan illegal seperti pengambilan terumbu karang, dan pengeboran minyak biasanya dilarang atau sangat dibatasi.Tujuannya adalah sebagai tempat perlindungan bagi spesies laut untuk berkembang biak dan tumbuh tanpa gangguan dari aktivitas manusia.
ADVERTISEMENT
Menggabungkan TURF dan Marine Reserves
Kombinasi TURF dan Marine Reserves, yang dikenal sebagai TURF-Reserve, menawarkan solusi konservasi yang lebih efektif dan berkelanjutan. Sistem ini menggabungkan hak pengelolaan lokal dengan perlindungan ekosistem, sehingga menciptakan sinergi yang menguntungkan bagi manusia dan lingkungan diantaranya ;
1. Partisipasi Lokal
Dengan hak pengelolaan eksklusif, komunitas nelayan cenderung lebih bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian sumber daya ikan. Marine Reserves dalam konteks TURF memberikan perlindungan tambahan bagi area penting untuk regenerasi ikan dan keanekaragaman hayati, sehingga nelayan lokal lebih mendukung pembentukan dan penegakan kawasan perlindungan ini.
2. Spillover Effect dan Peningkatan Hasil Tangkapan
Spillover effect atau dampak limpahan dapat diartikan sebagai dampak perekonomian suatu negara akibat peristiwa yang terjadi di negara lain. Nelayan yang mengelola ikan dengan sistem TURF dapat mengambil manfaat langsung dari peningkatan stok ikan di sekitar kawasan perlindungan.
ADVERTISEMENT
Proses spillover effect terjadi ketika ikan dan organisme laut lainnya yang berkembang biak di dalam marine reserves bermigrasi ke area perikanan di sekitarnya. Hal ini dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan lokal dan membantu menjaga keberlanjutan perikanan.
3. Pelestarian Habitat Spesies Endemik
TURF-Reserve memungkinkan komunitas nelayan untuk mengidentifikasi dan melindungi habitat-habitat ini secara lokal. Dengan pengetahuan dan pengalaman mereka, nelayan lokal dapat menentukan area mana yang perlu dilindungi untuk memastikan keberlanjutan ekosistem laut secara keseluruhan.
4. Resiliensi Terhadap Perubahan Iklim
Perubahan iklim merupakan ancaman serius bagi keanekaragaman hayati laut. Peningkatan suhu laut, pengasaman air laut, dan perubahan pola arus laut dapat berdampak negatif pada ekosistem dan biota laut. TURF-Reserve menyediakan area perlindungan di mana spesies dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan, meningkatkan resiliensi ekosistem laut terhadap perubahan iklim.
ADVERTISEMENT
5. Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat
Implementasi TURF-Reserve melibatkan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat lokal khususnya komunitas nelayan. Program edukasi tentang pentingnya konservasi laut dan praktik perikanan berkelanjutan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang ekosistem laut
Studi Kasus: Keberhasilan Penggunaan TURF-Reserve
Di Chile, sistem TURF-Reserve telah menunjukkan keberhasilan yang signifikan. Dikutip dari salah satu media berita Environmetal Defense Fund, pada pertengahan tahun 1970-an, populasi siput laut mengalami penurunan drastis akibat penangkapan ikan berlebih. Setelah hampir 10 tahun implementasi TURF-Reserve, jumlah siput laut meningkat lima kali lipat dengan ukuran rata-rata organisme yang lebih besar.
Tantangan dan Solusi dalam Implementasi TURF-Reserve
1. Pengawasan dan Penegakan Hukum
Efektivitas TURF-Reserve bergantung pada pengawasan dan penegakan hukum yang baik. Tantangan ini dapat diatasi dengan melibatkan komunitas lokal dan pemerintah setempat yang berwenang dalam pengawasan ini.
ADVERTISEMENT
2. Kesadaran dan Pendidikan Masyarakat
Kesadaran dan pendidikan masyarakat adalah kunci keberhasilan konservasi. Program edukasi dan kampanye kesadaran perlu dilakukan secara terus-menerus untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat.
3. Pendanaan yang Berkelanjutan
Pendanaan yang berkelanjutan diperlukan untuk pengawasan, penelitian, dan program pendidikan. Dukungan dari pemerintah, organisasi non-pemerintah, dan sektor swasta sangat penting untuk memastikan keberlanjutan pendanaan.
TURF-Reserve adalah strategi konservasi yang efektif untuk menjaga biodiversitas laut dan memastikan keberlanjutan sumber daya perikanan. Dengan menggabungkan hak pengelolaan lokal dan perlindungan ekosistem, TURF-Reserve menawarkan solusi yang saling melengkapi dan menguntungkan baik bagi manusia maupun lingkungan, memastikan bahwa keindahan dan kekayaan laut dapat dinikmati oleh generasi mendatang.
Referensi :
https://www.doc.govt.nz/nature/habitats/marine/type-1-marine-protected-areas-marine-reserves/purpose-and-benefits/
https://designer.microsoft.com/image-creator
https://cleartax.in/glossary/spillover-effect/
ADVERTISEMENT