kumparan
Tekno & Sains16 Maret 2020 7:17

5 HP Kamera Belakang Terbaik Maret 2020, Apa Saja?

Konten kiriman user
IPHONE 11 PRO MAX.jpg
Tampak belakang iPhone 11 Pro Max dengan tiga kamera. Foto: Jason Lee/Reuters
Situs DxOMark merilis daftar terbaru smartphone dengan kamera belakang terbaik. Smartphone produksi China terlihat mendominasi 5 besar daftar tersebut.
ADVERTISEMENT
Saat ini, smartphone tidak melulu soal komunikasi dan internet. Dunia fotografi dan videografi juga kini bukan lagi tentang kamera-kamera besar. Keduanya menyatu didukung dengan teknologi pencitraan yang makin canggih.
DxOMark telah lama dipercaya sebagai situs web yang memberikan informasi ihwal kualitas kamera, lensa, sensor, kamera ponsel, hingga kamera aksi. Tim DxOMark menganalisis citra yang dihasilkan dan memberikan skor dalam bentuk poin.
Uniknya dalam daftar terbaru ini, nama besar seperti iPhone 11 Pro Max dan Galaxy Note 10+ tidak mampu menembus lima besar. Keduanya hanya mampu mengisi peringkat ke-7 dan ke-8 dengan poin yang sama, 117.

1. Oppo Find X2 Pro

Poin: 124 (134 untuk Foto & 104 untuk Video)
OPPO FIND X2.jpg
Oppo Find X2. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Smartphone Oppo Find X2 Pro menjadi tambahan terbaru dari deretan HP kelas atas dari Oppo. Perusahaan asal China ini memang telah lama terkenal atas inovasinya untuk citra kamera di smartphone.
ADVERTISEMENT
DxOMark menilai kamera dari HP ini sebagai yang terbaik dari seluruh smartphone. HP ini dilengkapi dengan kamera utama 48M 1/1,4 inci Quad-Bayer; kamera ultra-wide 48MP ½ inci Quad Bayer; dan kamera tele 13MP 1/3,4 inci sensor.
Kombinasi tersebut membuat Oppo Find X2 Pro terbukti dapat mengambil citra berkualitas pada hampir seluruh kondisi.

2. Xiaomi Mi 10 Pro

Poin: 124 (134 untuk Foto & 104 untuk Video)
XIAOMI MI 10.jpg
Xiaomi Mi 10 di akun Weibo milik Xiaomi. Foto: Xiaomi/Weibo
Perusahaan lain asal China, Xiaomi, mengambil tempat kedua. Smartphone Xiaomi Mi 10 Pro menempati urutan di bawah produk Oppo dengan poin yang sama. Penilaian untuk foto dan video pun mendapatkan nilai serupa.
Xiaomi Mi 10 Pro menggunakan perangkat yang sama dengan edisi Xiaomi sebelumnya, Mi CC9 Pro Premium. Meskipun begitu, dalam edisi Mi 10 Pro ini, Xiaomi mampu meningkatkan kualitas citra hasil pengambilan gambar. Hal ini berkat refined tuning dan prosesor Snapdragon 865.
ADVERTISEMENT

3. Huawei Mate 30 Pro 5G

Poin: 123 (134 untuk Foto & 102 untuk Video)
HUAWEI MATE 30 PRO 5G.jpg
CEO Huawei, Richard Yu, memperkenalkan smartphone Mate 30. Foto: Michael Dalder/Reuters
HP dengan kamera belakang terbaik ketiga kembali diisi oleh perusahaan teknologi asal China. Huawei Mate 30 Pro 5G menjadi smartphone berkoneksi 5G dari keluaran terbaru Huawei. HP ini hanya terpaut satu poin dari pesaingnya di posisi 1 dan 2.
Di atas kertas, perangkat kamera yang digunakan Mate 30 Pro 5G sama persis dengan versi LTE dari Mate 30. Namun citra yang dihasilkan kedua perangkat tersebut memiliki perbedaan.
Peningkatan paling mencolok terjadi pada manajemen detail dan noise yang lebih baik. Selain itu, fitur autofocus juga lebih stabil dan citra hasil pengambilan gambar dalam kondisi gelap juga lebih baik.
ADVERTISEMENT

4. HONOR View30 PRO

Poin: 122 (133 untuk Foto & 100 untuk Video)
HONOR VIEW30 PRO.jpg
HP HONOR View30 PRO. Foto: HONOR.
Perusahaan asal China, Honor, mengisi posisi keempat untuk HP dengan kamera belakang terbaik. Smartphone Honor View30 Pro terpaut satu angka dari posisi ketiga. Honor View30 Pro dilengkapi dengan kamera utama 40MP, kamera ultra-wide 12MP, dan kamera tele 8MP.
Detail yang luar biasa dan noise yang terhitung kecil menjadi karakteristik hasil gambar yang diambil menggunakan HP ini. Kekurangan minor seperti instabilitas pada fitur autofocus membuat Honor View30 Pro tertahan di peringkat keempat.
Namun, kualitas zoom, bokeh, mode malam, dan flash yang amat baik membuat banyak orang lebih memilih HP ini dibanding kompetitornya yang lebih mahal.

5. Huawei Mate 30 Pro

Poin: 121 (132 untuk Foto & 100 untuk Video)
HUAWEI MATE 30 PRO.jpg
Tampak samping Huawei Mate 30 Pro. Foto: Evan Blass @evleaks/Twitter
Huawei kembali menempati posisi kelima dalam daftar smartphone dengan kamera belakang terbaik. Setelah edisi 5G dari Mate 30 Pro berada di urutan tiga, edisi LTE dari seri tersebut ada di posisi kelima, terpaut dua poin.
ADVERTISEMENT
Smartphone Mate 30 Pro dari Huawei terbukti dapat menghasilkan detail, eksposur, dan noise yang terkontrol dengan luar biasa. Dari segi video, stabilisasi dan autofocus yang cepat serta akurat mendongkrak posisi HP ini ke posisi kelima.
(EDR)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan