kumparan
search-gray
Tekno & Sains12 Maret 2020 7:50

iPhone Kuasai Daftar HP dengan Audio Terbaik, Ini Daftar Lengkapnya!

Konten kiriman user
ROG 2.jpg
Smartphone gaming dari Asus, ROG Phone II, berhasil menembus lima besar daftar HP dengan kualitas audio terbaik. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Smartphone akan terasa menjadi lebih hidup saat digunakan untuk mendengarkan musik dan menonton film-film terbaik. Hadirnya aplikasi Spotify dan Netflix membuat hal-hal tersebut menjadi semakin sering dilakukan.
ADVERTISEMENT
Atas kebutuhan tersebut, perusahaan teknologi, semacam Apple, berlomba-lomba memberikan kualitas audio terbaik bagi penggunanya.
DxOMark adalah suatu situs web yang memberikan data serta analisis mengenai kualitas audio pada smartphone dari seluruh dunia.
Dalam daftar yang baru-baru ini dirilis, Apple berhasil menembuskan dua ponselnya ke dalam posisi lima besar. Sementara pesaingnya, Samsung, masih tertahan di peringkat ke-7 lewat Galaxy Note 10+ 5G.
Penasaran dengan daftar lengkapnya?

1. Xiaomi Mi 10 Pro

Poin: 76 (77 untuk Pemutaran & 71 untuk Perekaman)
XIAOMI MI 10.jpg
Xiaomi Mi 10 Pro. Foto: Xiaomi
Smartphone keluaran China berhasil menjadi ponsel dengan kualitas audio terbaik versi DxOMark. Xiaomi Mi 10 Pro berhasil meraih titel tersebut setelah perusahaan asal China ini beralih ke speaker sisi ganda (dual side-firing speakers).
ADVERTISEMENT
Mi 10 Pro berhasil mendapatkan poin tertinggi berkat dua kategori utama dalam pemutaran musik. HP ini menjadi yang terbaik dalam menghasilkan suara dari segi timbre dan render spasial. Timbre atau warna nada adalah kapabilitas frekuensi perangkat.
Kelebihan ini akan membuat kamu yang gemar menonton film dan mendengarkan musik terkesima. Smartphone ini terbukti mampu menghasilkan suara layaknya di panggung konser. Suara yang dihasilkan luas dan dapat melokalisasi instrumen-instrumen music dan suara-suara lainnya.
Meskipun Xiaomi tidak membuat ponsel ini memiliki volume yang sangat besar, Mi 10 Pro tetap merajai daftar ini. Selain itu, kualitas audio Mi 10 Pro juga terbukti amat konsisten sehingga cocok digunakan untuk apapun.

2. Huawei Mate 20 X

Poin: 75 (76 untuk Pemutaran & 70 untuk Perekaman)
MATE 20 X.jpg
Huaawei Mate 20 X. Foto: Huawei
Huawei Mate 20 X dirancang untuk memimpin sektor multimedia di pasar smartphone dunia. Huawei begitu serius dengan meletakan dua buah speaker dan sistem noise cancellation pada mikrofonnya.
ADVERTISEMENT
Kedua perangkat tersebut membawa Mate 20 X merangkak hingga menjadi runner-up smartphone dengan kualitas audio terbaik. Salah satu hal yang mengangkat perolehan poin HP ini adalah kemampuan reproduksi tonal dan dinamika suara yang sangat baik.
HP ini juga mendapatkan poin yang tinggi pada perekaman, termasuk di dalamnya untuk konser, video, suasana rapat, hingga memo. Satu hal yang menjadi masalah, meskipun tidak berkaitan dengan kualitas audio, adalah ihwal tampilan antar muka aplikasi musik di Huawei yang dianggap kurang ramah bagi pengguna.

3. iPhone XS Max

Poin: 74 (75 untuk Pemutaran & 69 untuk Perekaman)

IPHONE XS MAX.jpg
iPhone XS di Steve Jobs Theater, Cupertino. Foto: REUTERS/Stephen Lam
Perusahaan Silicon Valley, Apple, menempati urutan ketiga smartphone dengan kualitas audio terbaik. Posisi tersebut adalah berkat smartphone keluaran Apple, iPhone XS Max.
ADVERTISEMENT
iPhone XS Max menjadi HP dengan spasial suara terbaik. Kemampuannya untuk memberikan suara yang luas dan melokalisasi pelbagai sumber suara adalah yang terbaik. Dinamika suara yang dihasilkan juga menjadi kedua terbaik, hanya kalah dari Huawei Mate 20 X.
Salah satu faktor yang paling mencolok adalah kemampuan artifak yang sangat baik dari smartphone ini. Artifak adalah kemampuan perangkat menghilangkan suara-suara yang tidak diinginkan dalam perekaman dan pemutaran musik.
Artinya, suara yang dihasilkan oleh iPhone XS Max amatlah bersih dan bebas dari distorsi. Di sisi lain, kemampuan ponsel menghasilkan suara bass menjadi salah satu hal yang menempatkan smartphone ini hanya di posisi ketiga.

4. Apple iPhone 11 Pro Max

Poin: 71 (72 untuk Pemutaran & 68 untuk Perekaman)
IPHONE 11 PRO MAX.jpg
SVP of Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, saat memperkenalkan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Foto: Reuters/Stephen Lam
Meskipun menjadi keluaran terbaru dari Apple, iPhone 11 Pro Max justru berada satu posisi di bawah iPhone XS Max.
ADVERTISEMENT
iPhone 11 Pro Max memiliki nilai yang tinggi pada hampir seluruh penilaian teknis yang ada. Namun nilai tersebut belum mampu menembus standar tinggi dari pesaingnya di posisi pertama hingga ketiga.
Meskipun hanya bertengger di posisi 4, smartphone ini berhasil mengalahkan kebanyakan smartphone berbasis Android dari segi pemutaran dan perekaman audio. Hal yang menarik, HP ini justru terbukti paling cocok untuk bermain game secara audio.

5. Asus ROG Phone II

Poin: 69 (70 untuk Pemutaran & 64 untuk Perekaman)
ASUS ROG PHONE II.jpg
Asus ROG Phone II. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Smartphone gaming dari Asus, ROG Phone II, berhasil masuk deretan lima besar daftar ponsel dengan kualitas audio terbaik. HP produksi Taiwan ini menggunakan DTS:X output dan sistem noise cancellation pada tiap mikrofon.
ADVERTISEMENT
Karena dirancang untuk gamers, HP ini memiliki volume yang luar biasa besar. Ketinggian frekuensi suara (treble) dan artifak suara yang dihasilkan ponsel ini juga sangatlah baik.
Pada sisi lain, ROG Phone II tidak dapat menghasilkan suara bass yang cukup baik jika dibandingkan ponsel lainnya. Suara minimum dari perangkat ini juga dinilai terlalu kecil.
(EDR)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white