KKN-P UMSIDA Kelompok 15 Sukses Adakan Sosialisasi Bersama UMKM Sukolelo

KKNP Kelompok 15 Sukolelo
Mahasiswa UMSIDA Kelompok 15 KKN-P Desa Sukolelo yang terdiri dari 23 anggota dari bermacam-macam program studi.
Konten dari Pengguna
21 Februari 2023 21:32 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari KKNP Kelompok 15 Sukolelo tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Kelompok 15 KKN-P UMSIDA Tahun 2023 Sukses Mengadakan Sosialisasi Digital Marketing Bersama Pemilik Wisata dan IKM Desa Sukolelo Untuk Menyongsong Pasar yang Lebih Luas

Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing Kepada IKM Desa Sukolelo, Dokumentasi Kelompok 15 Tim KKN-P Umsida
zoom-in-whitePerbesar
Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing Kepada IKM Desa Sukolelo, Dokumentasi Kelompok 15 Tim KKN-P Umsida
ADVERTISEMENT
Prigen, Pasuruan Jawa Timur (05/02/23) Mahasiswa KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Kelompok 15 Divisi UMKM yang diketuai Haris menyelenggarakan pelatihan Digital Marketing sebagai solusi dari permasalahan UMKM di desa Sukolelo.
ADVERTISEMENT
Koordinator Divisi UMKM KKN-P UMSIDA Kelompok 15 Muhammad Haris Rahmadana menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan sosialisasi digital marketing adalah untuk menjelaskan kepada warga bagaimana cara terhubung ke konsumen dengan mudah, melacak perilaku konsumen, memperluas pangsa pasar, menekan biaya pemasaran konvensial, serta bersaing di era digital melalui saluran digital.
“Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini agar bapak dan ibu dapat memanfaatkan teknologi di era digital ini sebagai sarana untuk terhubung ke konsumen dengan mudah, dan meningkatkan pangsa pasar dengan biaya seminimal mungkin.” Papar Haris
Sementara itu, Kepala Desa Sukolelo Muhammad Nur Maidin mengapresiasi anggota KKN-P UMSIDA Kelompok 15 yang membagi ilmunya mengenai pentingnya digital marketing kepada para pelaku usaha di Desa Sukolelo.
ADVERTISEMENT
“Terima kasih kepada seluruh mas dan mba yang telah hadir untuk berbagi ilmu mengenai digital marketing. Semoga ilmu yang disampaikan oleh mahasiswa KKN UMSIDA dapat menjadi bekal untuk kemajuan UMKM kita” tutur pak Maidin
Materi Digital Marketing yang disampaikan oleh Koordinator UMKM KKN-P UMSIDA Kelompok 15 Haris membahas pentingnya pemasaran digital, serta jenis pemasaran digital
“Jadi alasan pemasaran digital itu penting karena melalui pemasaran digital ini bapak dan ibu dapat menjangkau pelanggan lebih luas. Pemasaran digital sendiri dibagi beberapa jenis antara lain, Search Engine Optimization, Search Engine Marketing, Social Media Marketing, Content marketing, Affiliate Marketing, Influencer Marketing. Pada sosialisasi ini, saya akan berfokus pada Social Media Marketing yang berkaitan dengan pemasaran menggunakan media sosial melalui konten yang telah kita buat sebelumnya,” Ujar Haris.
ADVERTISEMENT
Haris juga menyampaikan tip dan trik mengenai pemasaran digital.
“Tip dan trik dari pemasaran digital sendiri yaitu bapak dan ibu dapat memulai dari pembuatan iklan dan konten yang menarik, selain itu bapak ibu harus memahami kebutuhan para konsumen, juga dapat bekerja sama dengan orang sudah mahir dibidang pemasaran digital, menggunakan aplikasi sesuai target pasar, dan juga melakukan evaluasi untuk mengetahui kekurangan maupun kelebihan dari promosi yang telah dilakukan.”
Setelah pemaparan materi selesai, dilakukan sesi tanya jawab dengan peserta sosialisasi Digital marketing. Pada sesi tanya jawab, salah satu peserta mengajukan pertanyaan mengenai tip untuk mengurangi biaya ongkos kirim.
“Misal harga dari barang itu 15.000, lalu kita pakai jasa ojek online (ojol) dan terkena biaya 15.000 juga, dari biaya ojol itu keuntungan kita sudah habis, menurut kalian gimana mengatasi hal tersebut?” papar pak ….. salah satu peserta sosialisasi digital marketing. Haris koordinator UMKM sekaligus pemateri pada acara tersebut menjawab “Terima kasih atas pertanyaannya bapak. Dari pertanyaan bapak saran yang bisa saya berikan yaitu bapak menggunakan sistem COD (Cash on delivery), Bapak bisa membuat janji temu dengan pelanggan untuk melakukan transaksi jual beli. Menurut saya dengan menggunakan sistem COD dapat mengurangi biaya pengiriman.” Bapak ….. dan peserta lainnya nampak puas dengan jawaban yang diberikan Haris.
ADVERTISEMENT
Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing ini ditutup dengan pendemonstrasian pembuatan akun facebook dan instagram serta tip agar postingan dapat dijangkau oleh pengguna internet lainnya. Para peserta sangat antusias selama mengikuti kegiatan Sosialisasi Digital Marketing dari awal hingga akhir acara. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah ilmu para pelaku UMKM di Desa Sukolelo untuk mempromosikan produknya hingga mampu menumbuhkan ekonomi di Desa Sukolelo.
Ditulis Oleh : Shofia Fitri Marhamah, Muhammad Haris Rahmadana