9 Cara Menghormati Kehidupan Satwa Liar Saat Kamu Berpetualang

Book Author, Travel Writer, Mountaineer, IG-Twitter: harleysastha, Youtube: Harley Sastha
Konten dari Pengguna
16 September 2021 12:58
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Harley B Sastha tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
9 Cara Menghormati Kehidupan Satwa Liar Saat Kamu Berpetualang (52925)
searchPerbesar
Seekor Yaki atau Momyet hitam Sulawesi sedang menikmati makanan hasil pencariannya sendiri di dalam hutan. Foto: Harley Sastha
Bukan hanya fisik, mental, perlengkapan dan logistik, tetapi menjaga keberlanjutan dan kelestarian alam bebas tempat kamu berkaktifitas adalah hal wajib yang harus dilakukan. Nah, salah satu hal yang mungkin saja kamu jumpai saat trekking, hiking, mendaki gunung, trail running dan kemping adalah satwa liar. Karena, memang tempat yang kamu kunjungi sejatinya adalah rumah mereka atau habitat hidupnya.
ADVERTISEMENT
Jadi, kalau begitu, sejatinya kita adalah tamu yang berkunjung atau sekedar bermain. Karena, memang hanya datang beberapa beberapa waktu saja. Pada saatnya akan pulang kembali ke rumah meninggalkan tempat yang telah dikunjungi.
Terus, sebagai tamu, pasti ada attitude dan etika yang harus diketahi dan dimiliki saat bertamu ke rumah orang lain. Begitu pun ketika berkunjung ke alam bebas. Baik itu hutan belantara, padang sabana, sungai, pantai, dalam laut hingga puncak-puncak gunung. Karena, itu merupakan cara tamu menghormati tuan rumah. Nah, berikut sembilan hal cara menghormati kehidupan satwa liar yang harus kamu ketahui saat beraktifitas dan melakukan petualangan di alam bebas.
1. Tidak Memberi Satwa Liar Makanan yang Kamu Bawa dan Masak
9 Cara Menghormati Kehidupan Satwa Liar Saat Kamu Berpetualang (52926)
searchPerbesar
Orang Utan di Taman Nasional Tanjung Puting. Foto: Harley Sastha
Pada dasarnya satwa liar yang hidup di alam bebas sudah punya insting sendiri untuk mencari makanan dan minuman mereka. Mereka mengetahui makanan yang sudah biasa mereka makan, dimana keberadaannya.
ADVERTISEMENT
Ada laranangan kamu tidak diperbolehkan memberi makanan yang kamu bawa dan masak kepada satwa liar. Bukan hanya secara langsung, tetapi juga tidak langsung, seperti tidak sengaja atau sengaja meninggalkana sisa atau bekas makanan kamu. Termasuk sampah tempat atau bungkus makananya. Karena, hal tersebut dapat mengganggu keamanan dan kesehatan satwa liar.
2. Menyimpan Persediaan dan Sisa Makanan Dengan Aman
Bawa dan simpan perbekalan makanan kamu dengan aman, baik dan benar dalam tempatnya. Jauhkan dari jangkauan satwa liar. Terlebih jika makanan yang kamu bawa memiliki bau menyegat dan kuat sehingga dapat mengundang datang keberadaan mereka.
9 Cara Menghormati Kehidupan Satwa Liar Saat Kamu Berpetualang (52927)
searchPerbesar
Tenda sekelompok pendaki gunung di Taman Nasional Gunung Merbabu. Jaga agar areal camp bersih dari sisa-sisa sampah makanan agar tidak mengundang satwa liar datang. Foto: Harley Sastha
Setelah melakukan akfititas masak-memasak dan makan, bersihkan kembali peralatan dan perlengkapan dan simpan sisa makanan dengan baik.
ADVERTISEMENT
3. Tidak Membuang Sampah Sembarangan
Selain memang merusak alam dan lingungan, sampah bekas tempat atau bungkus makanan yang kamu buang secara sembarangan dapat membahayakan satwa liar. Karena, bisa saja satwa liar tertarik karena mencium aroma dari bekas tempat makanan yang kamu buang, yang ternyata terbuat dari kaleng tajam atau plastik atau yang mungkin saja dapat ikut tertelan atau tidak sengaja menjerat bagian tubuhnya.
Sisa makanan yang kamu buang secara sengan maupun tidak sengaja bisa memancing satwa liar untuk memakannya. Padahal, makanan tersebut bisa jadi dapat mengganggu kesehatan mereka. Misalnya, merusak perncernaanya.
4. Tidak Mendekati dan Menyentuhnya
9 Cara Menghormati Kehidupan Satwa Liar Saat Kamu Berpetualang (52928)
searchPerbesar
Bekantang sedang makan dedaunan di Taman Nasional Tanjung Puting. Jaga jarak jangan terlalu dekat dengan satwa liar. Dokumentasikan dengan jarak yang aman dan tidak mengganggu aktifitas mereka. Foto: Harley Sastha
Jangan pernah mendekati dan menyentuh satwa yang kamu temui di alam bebas. Apalagi saat musim kawin atau birahi atau melahirkan dan menjaga anak-anaknya. Karena, akan menggangu dan membuat mereka sangat marah, sehingga dapat membahayakan diri kamu.
ADVERTISEMENT
5. Hanya Mengamati Dari Jauh
Hanya amati dari jauh perilaku satwa liar. Jika ingin mendokumentasikannya, usahakan tidak mengganggu aktfitas mereka. Ambil jarak yang cukup aman.
6. Tidak Mengganggu atau Menghalangi Akses Satwa Liar Menuju Sumber Air
Berikan satwa liar akses air yang memang biasanya pasti menjadi tempat mereka minum. Beri jarak aman dari sumber air (sungai, mata air, danau dan lainnya) saat kamu mendirikan tenda atau camp atau tempat kamu beraktifitas, agar satwa dapat tetap bebas mengaksesnya.
9 Cara Menghormati Kehidupan Satwa Liar Saat Kamu Berpetualang (52929)
searchPerbesar
Berikan satwa liar akses menuju sumber air bersih dengan membuat camp dan melakukan aktifitas tidak terlaku dekat dengan sumber air. Foto: Harley Sastha
7. Tidak Membuat Kebisingan
Saat di dalam hutan, jaga agar semuanya tetap tenang. Tidak membuat kebisingan yang dapat mengganggu keberadaan dan kenyamanan hidup satwa liar.
8. Tidak Gegabah Jika Menemukan Satwa Sakit
Jika kamu menjumpai satwa sakit dan bermasalah, jangan gegabah untuk menangani dan mengobatinya. Kecuali, kamu memiliki pengetahuan tentang hal tersebut. Sebaiknya, beri tahu petugas atau polisi hutan tentang keberadaan satwa liar yang bermasalah tersebut.
ADVERTISEMENT
9. Sebaiknya Berjalan Dalam Kelompok Kecil
9 Cara Menghormati Kehidupan Satwa Liar Saat Kamu Berpetualang (52930)
searchPerbesar
Sekelompok Rusa Timor sedang beristirahat di Taman Nasional Baluran. Foto: Harley Sastha
Saat berjalan, sebaiknya, jaga agar kamu tetap berjalan dalam kelompok kecil. Kalau merupakan kelompok besar, pecah menjadi beberapa kelompok kecil. Hal ini mencegah satwa liar tidak kaget, takut dan merasa terancam. Intinya agar mereka juga tidak begitu terganggu.
Jadi, gimana, tidak sulit kan untuk menghormati keberadaan dan kehidupan satwa liar. Selain membuat aktifitas kamu di alam bebas berjalan lancar, juga dapat menjaga keberlanjutan dan kelestarian alam dan lingkungan. Yuk, tetap menjadi pejalan cerdas, bijak dan bertanggungjawab, dengan cara menghargai dan menghormati kehidupan satwa liar dengan melakukan aktifitas secara baik dan benar.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020