Antoine Griezmann

Kenapa FIFA Ingin Piala Dunia Dua Tahun Sekali?

Menulislah, supaya tidak hilang di dalam masyarakat dan sejarah - Pramoedya Ananta Toer.
24 September 2021 14:48
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
FIFA membuat heboh ketika menyatakan keinginannya menggelar Piala Dunia putra dan putri dua tahun sekali. Bahkan FIFA sudah melakukan riset kelayakan untuk menghapus siklus Piala Dunia empat tahunan yang rutin terjadi sejak edisi perdana hampir seabad lalu, 1930.
Presiden FIFA, Gianni Infantino, menjelaskan bahwa usulan menggelar Piala Dunia setiap dua tahun adalah usulan Arab Saudi yang proposalnya disebut “mengesankan dan detail”. Arab Saudi pun mengeklaim dukungan dari 166 federasi nasional dan kontra dari 22 federasi lainnya.
FIFA juga sudah melakukan jajak pendapat (polling) yang dimulai sejak Juli 2021. Respondennya, menurut FIFA, adalah kalangan penggemar sepak bola dan Piala Dunia. FIFA mengeklaim mayoritas fans ingin Piala Dunia putra digelar lebih sering, kebanyakan dari mereka lebih senang dengan siklus dua tahunan.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparan+
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparan+
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Sejak 1930, Piala Dunia selalu digelar empat tahun sekali. Kini tiba-tiba FIFA (dan Arab Saudi di belakangnya) ingin Piala Dunia digelar dua tahun sekali. Kenapa? Simak analisis Hedi Novianto pada daftar konten.