3 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan, Mudah Kok!

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
29 Juni 2021 21:46
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi 3 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan, Kenali Penyebabnya yuk! Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi 3 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan, Kenali Penyebabnya yuk! Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Ingin tahu cara cepat menurunkan berat badan, ladies? Pasti semuanya ingin memiliki bentuk dan berat badan yang ideal, ya.
ADVERTISEMENT
Banyak orang yang beranggapan bahwa kenaikan berat badan dan obesitas disebabkan oleh tekad yang kurang. Namun, hal itu tidak betul sepenuhnya.
Meskipun kebanyakan kenaikan berat badan merupakan hasil dari pola makan dan gaya hidup, namun ternyata ada juga faktor lainnya. Faktor yang dimaksud adalah seperti faktor genetik dan hormon.
Untuk memilih cara cepat menurunkan berat badan yang tepat, ketahui penyebab kenaikan berat badan berikut.

Penyebab Kenaikan Berat Badan

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa penyebab kenaikan berat badan:
  • Faktor Genetik
Salah satu penyebab kenaikan berat badan yang berujung pada obesitas kemungkinan berasal dari faktor genetik. Anak-anak dengan orang tua yang obesitas cenderung akan mengalami hal yang sama.
ADVERTISEMENT
  • Junk Food
Makanan yang sudah diproses seperti junk food cenderung dicampur dengan bahan-bahan aditif. Meskipun berbahaya, banyak orang lebih memilih untuk membeli jenis makanan tersebut. Hal ini dikarenakan harga yang lebih murah, kondisi tahan lama, dan rasa enak yang tak terkalahkan.
  • Insulin
Insulin merupakan salah satu hormon yang penting untuk menyimpan energi bagi tubuh. Salah satu kegunaannya adalah menyimpan dan menahan lemak pada tubuh.
Sebaiknya hindari diet yang menahan insulin karena hal ini justru meningkatkan level insulin di seluruh area tubuh. Cara alternatif yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi karbohidrat dan mengonsumsi serat lebih banyak.
  • Gula
Memang rasa manis gula dapat memanjakan mulut, namun ternyata ada efek negatifnya terhadap berat badan kita. Perlu diketahui bahwa gula dapat mengubah hormon ketika dikonsumsi berlebihan. Akibatnya, berat badan akan naik.
ADVERTISEMENT
Konsumsi gula yang berlebihan juga dapat memicu ketagihan yang membuat kita terus lapar dan ingin mengonsumsi gula lebih banyak. Hasilnya, kamu terus makan tanpa sadar berapa kilogram lemak tubuh telah bertambah.

3 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh Hello Ladies, berikut 3 cara cepat menurunkan berat badan:
1. Pola makan yang teratur
Ilustrasi Pola Makan yang Teratur Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pola Makan yang Teratur Foto: Pexels
Cara cepat menurunkan berat badan yang pertama adalah menetapkan pola makan yang teratur. Diet yang membatasi makanan tertentu bukan berarti berat badan akan otomatis turun, lho.
Cobalah untuk memperbanyak konsumsi buah, sayur-sayuran, dan gandum, serta kurangi karbohidrat berlebihan seperti gula, mentega, gorengan, dan lain-lainnya.
2. Jaga hidrasi tubuh
Cara cepat menurunkan berat badan berikutnya bisa kamu terapkan dengan menjaga hidrasi tubuh. Tingkat hidrasi tubuh yang baik bisa mengeluarkan racun dari tubuh sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Bikin reminder untuk diri sendiri agar minum air secara rutin demi mencegah tubuh dari kondisi dehidrasi.
ADVERTISEMENT
3. Olahraga yang tepat
Cukup lakukan olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Berdasarkan studi Villareal (2017) dan Hunter dkk (2016), olahraga angkat beban bisa mengurangi tingkat kalori untuk mencegah kelambatan metabolisme tubuh.
Dalam seminggu, coba lakukan angkat beban tiga hingga empat kali. Selain angkat beban, kamu juga bisa melakukan olahraga kardio untuk menurunkan bobot tubuh. Contoh olahraga kardio adalah bersepeda, berlari, jogging, dan berenang.
Dengan pola makan dan minum yang teratur serta pola olahraga yang tepat, tentunya kamu dapat mencapai berat badan idamanmu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!
(AH)