Woman
·
3 Agustus 2021 6:11
·
waktu baca 2 menit

3 Doa Terhindar dari Fitnah, Berasal dari Alkitab

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
3 Doa Terhindar dari Fitnah, Berasal dari Alkitab (142513)
searchPerbesar
Ilustrasi Doa Terhindar Dari Fitnah Dalam Alkitab, Simak 3 Doa Ini! Foto: Pexels
Fitnah sering kali dianggap sebagai salah satu dosa yang paling serius. Seperti gosip atau rumor, fitnah juga merupakan penyebab kehancuran. Maka dari itu, kamu harus mengetahui kumpulan doa terhindar dari fitnah agar terselamatkan.
ADVERTISEMENT
Mengutip Kitab Amsal (12:6) dari Alkitab, fitnah seolah menunggu “pertumpahan darah” antara satu sama lain. Selain itu, kitab tersebut juga menyebutkan bahwa fitnah dapat menghancurkan tetangga (12:9) serta memisahkan teman dekat (16:28).
Meski fitnah dan rumor sama-sama memiliki sisi penghancur, fitnah dianggap sebagai dosa yang lebih parah.
Untuk menghadapi berbagai fitnah, kamu perlu mencari tahu doa-doa yang tepat. Berikut ini kumpulan doa dari Kitab Mazmur, yakni bagian dari Alkibat umat Kristen dan Katolik yang terdiri dari kumpulan nyanyian dan doa untuk dipakai dalam ibadah.

Doa Terhindar dari Fitnah dalam Alkitab

3 Doa Terhindar dari Fitnah, Berasal dari Alkitab (142514)
searchPerbesar
Ilustrasi Kumpulan Doa Terhindari Dari Fitnah dalam Alkitab Foto: Pexels
Mengutip Alkitab yang diterjemahkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia, berikut beberapa doa terhindar dari fitnah yang bisa kamu ucapkan sesering mungkin:
ADVERTISEMENT
1. Kitab Mazmur 31:10-19 (Aman dalam tangan Tuhan)

10) Kasihanilah aku, ya Tuhan, sebab aku merasa sesak; karena sakit hati mengidaplah mataku, meranalah jiwa dan tubuhku. 11) Sebab hidupku habis dalam duka dan tahun-tahun umurku dalam keluh kesah; kekuatanku merosot karena sengsaraku, dan tulang-tulangku menjadi lemah. 12) Di hadapan semua lawanku aku tercela, menakutkan bagi tetangga-tetanggaku, dan menjadi kekejutan bagi kenalan-kenalanku; mereka yang melihat aku di jalan lari dari padaku. 13) Aku telah hilang dari ingatan seperti orang mati, telah menjadi seperti barang yang pecah. 14) Sebab aku mendengar banyak orang berbisik-bisik, – ada kegentaran dari segala pihak! – mereka bersama-sama bermufakat mencelakakan aku, mereka bermaksud mencabut nyawaku. 15) Tetapi aku, kepada-Mu aku percaya, ya Tuhan, aku berkata: ”Engkaulah Allahku!” 16) Masa hidupku ada dalam tangan-Mu, lepaskanlah aku dari tangan musuh-musuhku dan orang-orang yang mengejar aku! 17) Buatlah wajah-Mu bercahaya atas hamba-Mu, selamatkanlah aku oleh kasih setia-Mu! 18) Tuhan, janganlah membiarkan aku mendapat malu, sebab aku berseru kepada-Mu; biarlah orang-orang fasik mendapat malu dan turun ke dunia orang mati dan bungkam. 19) Biarlah bibir dusta menjadi kelu, yang mencaci maki orang benar dengan kecongkakan dan penghinaan!

ADVERTISEMENT
Mengutip Pendeta Hadi Sugianto dari RECI Sydney, makna di balik doa terhindar dari fitnah yang pertama menjadi peringatan untuk tetap berdoa dan percaya di tengah masa-masa sulit. Hal ini termasuk situasi kesulitan dalam menghadapi kefitnahan.
Selain itu, kita juga diajak untuk selalu percaya pada kekuatan Tuhan yang siap menolong kapan dan di mana pun. Meski cara menolongnya tak dapat dipahami, kita tetap harus menerima sesuai dengan kehendaknya.
2. Kitab Mazmur 7: 2-6 (Allah, Hakim yang adil)

2) Ya Tuhan, Allahku, pada-Mu aku berlindung; selamatkanlah aku dari semua orang yang mengejar aku dan lepaskanlah aku, 3) supaya jangan mereka seperti singa menerkam aku dan menyeret aku, dengan tidak ada yang melepaskan. 4) Ya Tuhan, Allahku, jika aku berbuat ini: jika ada kecurangan di tanganku, 5) jika aku melakukan yang jahat terhadap orang yang hidup damai dengan aku, atau merugikan orang yang melawan aku dengan tidak ada alasannya, 6) maka musuh kiranya mengejar aku sampai menangkap aku, dan menginjak-injak hidupku ke tanah, dan menaruh kemuliaanku ke dalam debu.

ADVERTISEMENT
Melansir renungan harian dari Persekutuan Pembaca Alkitab, ayat kitab Mazmur berikut menunjukkan cara pemazmur mengadukan segala kegelisahan dan persoalan melalui doa pada Tuhan. Dengan kekuasaan Tuhan, hidup kita yang mungkin penuh kefitnahan dapat tertolong dan terselamatkan.
Meski banyak masalah, termasuk fitnah menimpa, kita harus tetap bersyukur. Tanpa perlu membalas dendam kepada para musuh, biarlah Tuhan yang menghakimi dan bertindak.
3 Doa Terhindar dari Fitnah, Berasal dari Alkitab (142515)
searchPerbesar
Ilustrasi Doa Terhindar Dari Fitnah Foto: Pexels
3. Kitab Mazmur 140: 1-9 (Doa minta perlindungan terhadap orang-orang jahat)

1) Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. 2) Luputkanlah aku, ya Tuhan, dari pada manusia jahat, jagalah aku terhadap orang yang melakukan kekerasan, 3) yang merancang kejahatan di dalam hati, dan setiap hari menghasut-hasut perang! 4) Mereka menajamkan lidahnya seperti ular, bisa ular senduk ada di bawah bibirnya. 5) Peliharalah aku, ya Tuhan, terhadap tangan orang fasik,jagalah aku terhadap orang yang melakukan kekerasan, yang bermaksud menjatuhkan aku. 6) Orang congkak dengan sembunyi memasang jerat terhadap aku, dan mereka membentangkan tali-tali sebagai jaring, di sepanjang jalan mereka menaruh perangkap terhadap aku. 7) Aku berkata kepada Tuhan: ”Allahku Engkau, berilah telinga, ya Tuhan, kepada suara permohonanku!” 8) Ya Allah, Tuhanku, kekuatan keselamatanku, Engkau menudungi kepalaku pada hari pertarungan senjata. 9) Ya Tuhan, jangan penuhi keinginan orang fasik, jangan luluskan tipu rencananya!

ADVERTISEMENT
Renungan dari Persekutuan Pembaca Alkitab juga menekankan bagian Kitab Mazmur ini tentang kedaulatan dan keadilan Tuhan. Melalui doa ini, kita dapat percaya bahwa setiap kejahatan akan dibinasakan sepenuhnya olehnya.
Sembari menunggu pembelaan Tuhan, kita cukup jalani hidup dengan integritas, terutama ketika menghadapi berbagai tantangan. Misalnya, fitnah yang menusuk dari belakang. Bahkan, kita diajak untuk memaafkan dan melupakan kesalahan para pelaku kejahatan.
Itu dia beberapa doa terhindar dari fitnah yang bisa kamu temukan dalam Alkitab.
Mengapa fitnah harus dihindari?
chevron-down
Apa itu kitab Mazmur?
chevron-down
Bagaimana cara menyikapi fitnah menurut Alkitab?
chevron-down
(AH)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020