4 Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Mudah di Rumah

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
25 Maret 2022 22:45
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
4 Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Mudah di Rumah (106389)
zoom-in-whitePerbesar
Cara Mengatasi Rambut Bercabang. Foto: unsplash
ADVERTISEMENT
Rambut bercabang merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada wanita. Agar segera teratasi, kamu harus tahu cara mengatasi rambut bercabang yang bisa kamu lakukan di rumah.
ADVERTISEMENT
Rambut bercabang ditandai dengan ujung helai rambut yang bercabang menjadi dua atau bahkan lebih. Tentunya masalah rambut ini sangat mengganggu, terutama untuk penampilan, karena nantinya rambutmu terlihat kusut dan kering.
Lalu, bagaimana sih cara untuk mengatasi rambut bercabang? Yuk kita simak beberapa tips berikut ini!

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

1. Menggunakan masker rambut
Rambut bercabang membuat rambut terlihat kusut dan juga kering. Maka dari itu, perlu adanya pelembut untuk mengembalikan kondisi rambut ke kondisi semula, seperti masker rambut.
Penggunaan masker rambut tidak serta merta menghilangkan rambut yang bercabang. Namun, cara ini bisa digunakan untuk mengurangi efek kerusakan yang timbul akibat rambut bercabang.
Setelah menggunakan masker rambut, nantinya rambut kamu akan lebih bernutrisi dan menjadikan rambut sehat sehingga mengurangi efek dari rambut bercabang.
ADVERTISEMENT
2. Menyisir rambutmu dari ujung rambut hingga akar
4 Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Mudah di Rumah (106390)
zoom-in-whitePerbesar
Cara Mengatasi Rambut Bercabang. Foto: Pexels
Menyisir rambutmu secara acak-acakan atau sembarangan bisa menyebabkan rambutmu bercabang lho, Ladies. Hal ini dikarenakan dengan menyisir sembarangan risiko terjadinya kerusakan rambut tidak hanya meningkat, tapi bisa juga memisahkan helai rambut dan menyebabkan stress pada helai rambutmu.
Cara yang benar menyisir rambutmu adalah dengan memulainya dari ujung rambut atau akar, kemudian secara lembut mengurai rambut-rambut yang kusut. Kamu bisa menyisir dengan perlahan namun pasti, sehingga semua helai rambut dapat terurai dengan baik.
3. Menghindari kunciran yang terlalu kencang
Kunciran memang sebuah solusi tatkala rambut kita terasa gerah. Namun, perlu diperhatikan agar tidak terlalu kencang atau erat ketika mengikat rambut.
Hal ini dikarenakan mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan stres pada garis rambut, yang nantinya menyebabkan rambutmu bercabang. Jadi, sebisa mungkin kuncir rambutmu dengan lembut dan dengan ikatan yang longgar agar garis rambut tidak tertarik dan menyebabkan stres pada rambutmu.
ADVERTISEMENT
4. Memotong ujung rambut yang bercabang
4 Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Mudah di Rumah (106391)
zoom-in-whitePerbesar
Cara Mengatasi Rambut Bercabang. Foto: Pexels
Ketika semua hal sudah dilakukan, tapi rambut bercabang tak kunjung membaik, hal terakhir yang bisa mengatasi rambut bercabang kamu adalah dengan memotong ujung rambut yang memiliki cabang.
Dengan demikian, nantinya rambut yang sudah normal atau tidak bercabang akan meregenerasi dengan helai rambut yang sehat. Namun, perlu diperhatikan pula bahwa mencukur ujung rambut juga harus hati-hati dan cermat agar rambut bercabang benar-benar hilang.
Nah, di atas merupakan kumpulan tips untuk mengatasi rambut bercabang. Jika kamu menemukan rambutmu bercabang, tips di atas bisa coba diaplikasikan, ya!
(AP)
Kenapa ujung rambut sering bercabang?
chevron-down
Bagaimana caranya agar tahu rambut kita bercabang?
chevron-down
Apa yang menyebabkan rambut bercabang?
chevron-down