4 Ciri-ciri Rambut Sehat dan Kuat

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
24 November 2022 11:34
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ciri-ciri rambut sehat (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri-ciri rambut sehat (Sumber: Pexels)
ADVERTISEMENT
Gimana sih ciri-ciri rambut sehat? Bisa jadi buat sebagian orang, rambut cuma dianggap sebagai bagian dari penampilan saja. Padahal, tahukah kamu bahwa rambut sebenarnya memainkan peranan yang penting dalam tubuh kamu.
ADVERTISEMENT
Dengan memiliki rambut yang sehat, nantinya dapat berfungsi melindungi kulit kepala dari terik matahari dan paparan langsung sinar UV. Selain itu, sel-sel pada rambut pun dapat merangsang saraf suara, yang berfungsi dalam indera pendengaran serta keseimbangan tubuh.
Maka dari itu, penting bagi kita kaum hawa buat selalu merawat kesehatan rambut.
Apalagi, kalau rambut tidak dirawat dengan rutin, maka bisa menyebabkan berbagai kerusakan rambut. Sebut saja rambut rontok, berketombe, rambut berminyak, hingga rambut kusam. Enggak ingin kan kejadian sampai seperti itu?
Lantas, gimana sih ciri-ciri rambut sehat yang sebenarnya? Apabila kamu penasaran, yuk simak penjelasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber ini!

Ciri-ciri Rambut Sehat

1. Rambut Nampak Berkilau

Ilustrasi ciri-ciri rambut sehat (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri-ciri rambut sehat (Sumber: Pexels)
Ketika rambut dalam kondisi sehat, tentu tampilannya akan lebih berkilau saat terkena cahaya. Hal ini berarti minyak alami di kulit kepala mampu mencapai kutikula rambut. Lalu tersebar merata di seluruh bagian batang rambut.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, kalau kamu tidak rutin merawat rambut, maka minyak alami ini akan terhalang dan malah bisa membuat rambut kehilangan kilau alaminya.

2. Rambut Tidak Mudah Kusut

Ilustrasi ciri-ciri rambut sehat (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri-ciri rambut sehat (Sumber: Pexels)
Salah satu ciri rambut yang sehat adalah rambut yang tidak mudah kusut. Apabila helaian rambut rusak, maka rambut bakal mudah terikat satu dengan yang lainnya dan menyebabkan kusut.
Area kutikula yang telah rusak dan bergesekan ini perlu segera dirawat, salah satunya adalah dengan menggunakan kondisioner usai mencuci rambut dengan shampoo.

3. Rambut Terasa Lembut dan Mudah untuk Disisir

Tanda rambut sehat selanjutnya adalah rambut mudah untuk disisir. Pasalnya permukaan rambut dalam keadaan lembut dan halus saat kutikula tertutup.
Makanya, ketika rambut kamu sehat maka semakin mudah untuk disisir maupun ditata.

4. Tidak Terjadi Kerontokan Parah

Sebenarnya kerontokan itu normal terjadi. Sebab, dalam setiap harinya, umum banget untuk kita mengalami kerontokan helai rambut sebanyak 50-100 helai per harinya. Hal ini mengingat, siklus pertumbuhan rambut akan terus terjadi, sehingga ada rambut yang juga patah.
ADVERTISEMENT
Tapi, kalau kerontokan mulai lebih sering terjadi dengan helaian rambut yang banyak. Apalagi sampai membuat rambut kamu jadi tipis, artinya rambut kamu dalam keadaan tidak sehat.
Itulah dia beberapa ciri rambut sehat yang perlu kamu ketahui. Intinya, jangan sampai lupa buat rutin merawat rambut kamu supaya tetap sehat dan terbebas dari permasalahan rambut.
Semoga informasi ini bermanfaat bagimu!
(AN)
Apa saja fungsi dari rambut?
chevron-down
Sel-sel pada rambut dapat merangsang saraf apa pada tubuh?
chevron-down
Bagaimana cara merawat rambut yang mudah kusut?
chevron-down