5 Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering, Dijamin Ampuh!

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
1 Desember 2021 9:41
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
5 Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering, Dijamin Ampuh! (24306)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering. Sumber: Unsplash.
Beragam cara mengatasi kulit kaki kering bisa dilakukan di rumah. Kulit kaki kering, kasar, atau pecah-pecah memang hal yang umum dialami oleh banyak orang.
ADVERTISEMENT
Kaki memiliki lebih sedikit kelenjar minyak daripada area tubuh lainnya dan mereka butuh kelembapan setiap hari. Namun, orang sering mengabaikan mengenai perawatan kulit kaki.
Padahal, orang-orang dapat memperbaiki kulit kaki kering hanya dengan menggunakan beberapa pengobatan rumahan yang sederhana. Kulit kaki kering sering muncul di tumit dan sisi kaki serta di antara jari-jari kaki. Ini mungkin membuat daerah yang terkena terasa gatal dan menyakitkan.
Pada artikel ini, Hello Ladies telah merangkum penyebab dan cara mengatasi kulit kaki kering yang bisa kamu coba di rumah. Simak di bawah ya!

Penyebab Kulit Kaki Kering

Dilansir Medical News Today, berikut beberapa penyebab dari kulit kaki kering:
Kurangnya kelembapan. Kulit kering, pecah-pecah, dan mengelupas sangat umum terjadi pada tumit dan telapak kaki karena kurangnya hidrasi yang diberikan pada area ini.
ADVERTISEMENT
• Iritasi. Berdiri terlalu lama atau memakai sepatu yang tidak pas dengan ukuran dapat memberikan tekanan pada area kaki dan menyebabkan gesekan pada kulit. Akibatnya, area kaki tersebut bisa menjadi kering, kapalan, atau pecah-pecah.
• Salah sabun. Sabun mandi yang mengandung bahan kimia keras dapat menghilangkan kelembapan alami yang dihasilkan oleh kulit.
• Penuaan. Seiring waktu, kulit kehilangan kemampuannya untuk menahan kelembapan air, menjadi lebih tipis, dan kurang kenyal. Orang yang memasuki usia tua mungkin lebih cenderung mengalami kulit kering sebagai akibat dari proses penuaan alami.
5 Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering, Dijamin Ampuh! (24307)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering. Sumber: Unsplash.

Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering

Sel-sel mati di permukaan kulit secara alami rontok dalam waktu 40 hari dan sel-sel baru akan menggantikannya. Namun jika kita tidak melakukan eksfoliasi pada sel kulit mati, kaki akan membentuk bercak tebal dan bersisik di permukaan kulit kaki.
ADVERTISEMENT
Seiring waktu, area kering bisa menjadi tebal atau pecah-pecah, terutama di bagian tumit. Tumit pecah-pecah membuat kaki rentan terhadap infeksi, sedangkan kapalan yang tebal bisa membuat sulit berjalan atau tidak nyaman.
Berikut lima cara mengatasi kulit kaki kering dan menghilangkan sel kulit mati dari kaki.
1. Eksfoliasi
Pengelupasan atau eksfoliasi dapat menghilangkan lapisan permukaan kulit mati dengan menggunakan exfoliator alami atau yang berasal dari produk berbahan kimia.
Exfoliator alami bisa menggunakan lulur alami yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan mencampurkan madu, air hangat, dan gula.
Sedangkan, exfoliator kimia berbentuk lotion atau cairan tipis. Mereka mengandung bahan-bahan yang melarutkan sel-sel mati di permukaan kulit, seperti asam glikolat, asam laktat, dan asam alfa-hidroksi.
ADVERTISEMENT
Namun beberapa produk kulit kaki mengandung pewangi buatan dan alkohol yang dapat mengiritasi kulit sensitif. Jadi penting untuk memeriksa daftar bahan untuk mencegah iritasi sebelum digunakan.
2. Rendam kaki dengan bahan alami
Merendam kaki dalam air hangat membantu menenangkan dan mengendurkan kulit kering sekaligus meningkatkan sirkulasi darah ke kaki, yang dapat membantu mencegah kulit kering di kemudian hari.
Menambahkan sedikit cuka ke dalam rendaman kaki dapat membantu mengobati lapisan kaki yang luka akibat kulit kering. Cuka memiliki sifat antimikroba yang kuat yang dapat membantu mendesinfeksi kaki dan bahkan menghilangkan bau kaki.
3. Batu apung atau kikir kaki
5 Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering, Dijamin Ampuh! (24308)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering. Sumber: Unsplash.
Orang dapat menggunakan batu apung atau pengkikir kaki berbahan logam untuk menghilangkan kulit kering dan kapalan dari kaki.
ADVERTISEMENT
Mereka dapat melakukannya dengan membasahi batu apung atau pengkikir kaki dengan air hangat. Setelah itu, kamu bisa menggosok perlahan dengan batu apung atau kikir kaki di atas kulit mati.
Gunakan gerakan melingkar dengan batu apung dan gerakan maju mundur yang lembut dengan kikir kaki. Setelah itu, kamu bisa membilas dan mengaplikasikan pelembap pada area yang sudah digosok.
4. Memberikan pelembap
Melembapkan kaki secara teratur akan membantu mengurangi kulit kering yang ada dan mencegah datangnya sel-sel kulit mati baru. Melembapkan kaki setelah menggunakan eksfoliator atau batu apung akan membantu kulit mengunci kelembapan.
Sebaiknya hindari lotion, krim, dan pelembap yang mengandung alkohol, pewangi tambahan, dan pewarna buatan karena bahan-bahan tersebut dapat memperburuk kulit kering.
ADVERTISEMENT
5. Kenakan kaus kaki yang melembapkan saat tidur
5 Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering, Dijamin Ampuh! (24309)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering. Sumber: Unsplash.
Untuk menghidrasi kulit kaki kering secara ekstra, kamu dapat mencoba menggunakan kaus kaki berlapis gel pelembap. Kamu bisa membelinya atau membuatnya sendiri di rumah.
Kaus kaki berlapis gel mengandung minyak alami dan vitamin yang membantu melembapkan dan memperbaiki kulit kering di kaki. Kamu hanya perlu mengenakan sepasang kaus kaki dan memakainya saat tidur. Setelah itu, kamu bisa melepaskannya lalu membilas kaki dan mencuci kaus kaki dengan bersih.
Mengenakan sepatu yang salah atau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berdiri dapat menyebabkan kaki kering, gatal, dan area kulit yang teriritasi atau bersisik.
Tanpa perawatan, kulit kering dapat menebal dan pecah-pecah, membuat kaki rentan terhadap infeksi. Jika kamu memiliki kulit kaki kering yang parah, kamu bisa mempertimbangkan untuk menghubungi dokter spesialis kulit untuk mengobatinya.
ADVERTISEMENT
Itu dia ulasan lima cara mengatasi kulit kaki kering yang bisa kamu coba di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat ya!
(MMA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020