5 Cara Merawat Miss V yang Perlu Kamu Perhatikan. Yuk, Pelajari Caranya!

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
12 Januari 2022 20:49
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Merawat Miss V. Sumber: Freepik.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Merawat Miss V. Sumber: Freepik.
ADVERTISEMENT
Apakah menjaga kelembapan merupakan satu-satunya cara merawat Miss V yang bisa dilakukan oleh para wanita? Jawabannya ialah tidak. Ada banyak cara untuk menjaga dan merawat Miss V tetap sehat lho.
ADVERTISEMENT
Kamu perlu melakukan rutinitas perawatan maupun pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kondisi Miss V kamu. Tapi, sebelum kamu menemui dokter kandungan. Kamu bisa merawatnya sendiri di rumah dengan beberapa cara yang bisa diikuti.
Hello Ladies telah menyiapkan cara merawat Miss V untuk mengurangi risiko kanker serviks yang bisa terjadi pada Miss V. Simak ulasannya di bawah, ya!
Ilustrasi Cara Merawat Miss V. Sumber: Freepik.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Merawat Miss V. Sumber: Freepik.

Cara Merawat Miss V

1. Gunakan kondom saat berhubungan badan
Cara yang pertama untuk merawat vagina pada wanita ialah gunakan alat pelindung atau kondom saat berhubungan badan. Cara satu ini sering dikesampingkan oleh banyak orang, tapi ternyata kondom bisa melindungi diri kamu dari penyakit menular seksual dan kehamilan yang tidak diinginkan lho.
2. Gunakan air saja saat membersihkan Miss V
ADVERTISEMENT
Vagina adalah organ tubuh yang bisa membersihkan diri. Kalau kamu menggunakan produk pencuci dengan bahan kimia yang keras, kamu bisa mengganggu proses alami pencucian Miss V.
Kamu bisa membasuh Miss V hanya dengan air. Cara membasuhnya ialah dari arah Miss V menuju anus. Cara ini dilakukan untuk menghindari perpindahan bakteri dari anus ke Miss V yang bisa menyebabkan infeksi.
Kamu juga bisa menggunakan sabun dengan bahan yang lembut. Namun, jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif, perhatikan juga sabun dan sampo yang kamu gunakan saat mandi. Bahkan deterjen cucian, seprai pengering, dan beberapa pelumas secara tidak sengaja bisa mengiritasi vagina.
Setelah membasuh dengan air, kamu bisa mengelapnya dengan tisu atau handuk lembut.
ADVERTISEMENT
3. Menjaga keseimbangan pH alami
Cara merawat lainnya yang bisa kamu lakukan ialah menjaga keseimbangan alami dari Miss V. Tingkat pH vagina biasanya berada di 3,8 hingga 4,5.
Jika kamu menggunakan sabun pewangi atau gel, jangan sampai salah memilih bahan kandungan. Pilihlah sabun khusus dengan pH alami yang tepat tanpa harus mengganggu keseimbangan pH dari Miss V.
Kamu juga tidak boleh menggunakannya secara rutin karena bisa meningkatkan risiko infeksi pada kulitmu.
4. Jaga agar pakaian dalam tetap kering dan tidak ketat
Tidak mengelap vagina setelah buang air kecil dapat menyebabkan celana dalam basah yang bisa menyebabkan bau tidak sedap dan infeksi. Oleh karena itu, selalu disarankan untuk mengelap area tersebut menggunakan kertas toilet atau handuk lembut agar pakaian dalam kamu selalu kering.
ADVERTISEMENT
Beberapa ahli juga menyarankan untuk mengenakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat seperti katun. Jika kamu mengenakan pakaian ketat dan bagian dalam yang terbuat dari bahan sintetis, sirkulasi udara akan berkurang dan menyebabkan keringat. Keringat dan kelembapan yang berlebihan dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan ragi, yang menyebabkan infeksi vagina.
Hindari menggunakan celana kulit, spandeks ketat, dan pakaian renang basah untuk waktu yang lama. Ganti pakaian kamu setelah berolahraga atau berolahraga atau aktivitas apa pun yang dapat berkeringat.
Ilustrasi Cara Merawat Miss V. Sumber: Freepik.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Merawat Miss V. Sumber: Freepik.
5. Ganti pembalut setelah 4-6 jam
Wanita yang memiliki aliran darah normal sebaiknya mengganti pembalut wanita setiap empat hingga enam jam. Hal yang sama berlaku untuk kamu yang memiliki aliran darah yang tidak deras dan ringan.
ADVERTISEMENT
Namun, jika kamu memiliki aliran yang deras saat menstruasi, maka mengganti pembalut setiap empat hingga enam jam adalah suatu keharusan yang perlu kamu lakukan. Jika kamu menggunakan tampon, gantilah setiap enam jam dan bersihkan area tersebut setiap kali kamu mengunjungi kamar kecil selama menstruasi.
Jika pembalut atau tampon tidak diganti untuk waktu yang lama, bisa menyebabkan ruam kulit dan bau tak sedap.
Selain cara-cara di atas, kamu juga harus tahu bagaimana melakukan hubungan seksual yang aman, tanpa harus merugikan Miss V. Jangan sampai bergonta-ganti pasangan karena bisa menyebabkan penyakit menular pada alat kelaminmu.
Kesehatan Miss V juga dipengaruhi oleh faktor kesehatan tubuhmu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk hidup sehat dan mengelola kesehatan mentalmu. Itu dia ulasan cara merawat Miss V yang bisa kamu ikuti. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!
ADVERTISEMENT
(MMA)