5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
15 Maret 2022 18:04
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Sehat dan Berkilau (55911)
zoom-in-whitePerbesar
Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Sehat dan Berkilau. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Ada banyak manfaat jeruk nipis untuk rambut yang harus kamu ketahui, salah satunya yaitu membuat rambut lebih berkilau. Kandungan vitamin C dan antioksidannya dipercaya dapat memberi berbagai macam manfaat yang baik untuk rambut kamu.
ADVERTISEMENT
Menjaga kesehatan rambut sangatlah penting untuk mencegah terjadinya rambut rusak, rontok, dan ketombe. Kamu dapat melakukan perawatan rambut di salon maupun di rumah dengan menggunakan bahan-bahan perawatan rambut yang cocok untuk jenis rambut dan kulit kepalamu. Namun, kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan rambutmu, salah satunya yaitu jeruk nipis.
Dilansir dari Healthline, jika kamu rutin menggunakan jeruk nipis sebagai perawatan rambut, kamu akan mendapatkan rambut yang lebih kuat, tidak mudah rontok. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga dapat menyehatkan folikel rambut dan membantu pertumbuhan rambut.
Jeruk nipis dapat menutrisi setiap helaian rambut, sehingga rambut tampak berkilau. Kamu dapat memanfaatkan air perasan jeruk nipis beserta kulitnya menjadi perawatan harian rambutmu.
ADVERTISEMENT
Inilah manfaat jeruk nipis untuk rambut yang dilansir dari Healthline, agar rambutmu lebih sehat dan ternutrisi. Simak, ya!

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut, Apa Saja Ya?

1. Merangsang pertumbuhan rambut
5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Sehat dan Berkilau (55912)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi merangsang pertumbuhan rambut. Sumber: PIxabay
Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut. Bagi kamu yang memiliki masalah kerontokan rambut, hingga mengalami kebotakan, kamu dapat mencoba perawatan rambut menggunakan jeruk nipis ini. Kamu dapat mengoleskan air perasan jeruk nipis pada kulit kepalamu, tunggu hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
2. Mengurangi produksi minyak berlebih pada rambut
5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Sehat dan Berkilau (55913)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengurangi produksi minyak berlebih pada rambut. Sumber: Pixabay
Jeruk nipis bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala yang menyebabkan rambut terlihat lepek dan berminyak. Kamu dapat menggunakan air perasan jeruk nipis atau mengoleskan irisan jeruk nipis pada kulit kepala secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
ADVERTISEMENT
3. Mengatasi ketombe
5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Sehat dan Berkilau (55914)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengatasi ketombe
Kandungan asam pada air jeruk nipis dipercaya dapat mengurangi ketombe pada kulit kepala. Kamu bisa menggosokkan potongan jeruk nipis atau menuangkan air perasan jeruk nipis ke kulit kepala. Namun, air perasan jeruk nipis dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering, maka dari itu kamu dapat mencampurnya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa agar kulit kepalamu tetap terjaga kelembapannya.
4. Membuat rambut lebih berkilau
5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Sehat dan Berkilau (55915)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membuat rambut berkilau. Sumber: Pixabay
Kandungan vitamin dalam jeruk nipis dapat mengembalikan kilau alami rambutmu. Kamu dapat mencampurkan perasan jeruk nipis dengan minyak zaitun agar tetap menjaga kelembapan kulit kepala. Lalu, oleskan langsung pada kulit kepala, tunggu hingga menyerap dengan baik, dan kamu dapat membilasnya.
5. Menerangkan warna rambut
Jeruk nipis juga bermanfaat untuk menerangkan warna alami rambutmu. Caranya, kamu perlu memeras jeruk nipis, lalu pindahkan air perasannya ke dalam botol semprot. Setelah itu kamu dapat menggunakan air perasan jeruk nipis dengan menyemprotkannya pada batang rambutmu.
ADVERTISEMENT
Itu dia beberapa manfaat jeruk nipis untuk rambut kamu agar rambut lebih sehat dan ternutrisi. Selamat mencoba!
(IKN)
Apa saja manfaat jeruk nipis untuk rambut?
chevron-down
Bagaimana cara menggunakan jeruk nipis untuk perawatan rambut?
chevron-down
Apa efek samping menggunakan jeruk nipis untuk perawatan rambut?
chevron-down