Woman
·
15 September 2021 23:15
·
waktu baca 3 menit

5 Tips Belanja Online agar Tidak Tertipu, Yuk Terapkan!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
5 Tips Belanja Online agar Tidak Tertipu, Yuk Terapkan! (1008360)
searchPerbesar
Ilustrasi belanja online. Sumber: unsplash
Belanja online memang tidak selalu mulus, entah kamu dikirimi barang yang tidak kamu pesan, barangnya salah, bahkan bisa sampai kamu tertipu. Kamu tidak ingin dong hal ini terjadi. Maka dari itu, kamu butuh tips belanja online agar tidak tertipu dengan mudah.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari Federal Trade Commission, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum belanja online karena merupakan tanda-tanda penipu, yaitu:
• Penipu berpura-pura berasal dari toko atau perusahaan yang kamu ketahui
• Penipu mengatakan kalau ada masalah atau hadiah
• Penipu akan memberi tekanan kepadamu untuk mengambil tindakan secara cepat
• Penipu akan menyuruhmu untuk membayar dengan cara yang spesifik

Tips Belanja Online agar Tidak Tertipu

Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan dan ikuti agar kamu tidak mudah tertipu ketika belanja online.
1. Cek Identitas dari Penjual
Ketika kamu berbelanja secara online, selalu cek website untuk memverifikasi data kontak yang terdaftar benar-benar ada. Hal yang perlu jelas dituliskan adalah nama perusahaan, alamat, email, dan nomor telepon.
ADVERTISEMENT
Jangan langsung percaya dengan website yang memiliki nomor dengan ekstensi luar negeri karena belum tentu perusahaan itu berlokasi di sana.
2. Jangan Memberikan Informasi Pribadi yang Berlebih
Ketika membayar dengan kartu kredit, informasi yang dapat kamu berikan adalah detail kartu kredit (nomor kartu, CVV, dan tanggal expired kartu), alamat, dan nomor telepon. Jika website yang kamu kunjungi meminta informasi tambahan yang tidak perlu, kamu perlu mencurigainya. Jangan pernah memberikan data lain, terutama OTP yang dikirimkan ke nomor ponselmu pada siapa pun.
3. Selalu Cek Ulasan
Sudah jelas, semua aplikasi, toko atau apa pun itu yang berhubungan dengan belanja secara online, pasti terdapat bagian ulasan pelanggan. Ini harus diberlakukan agar pelanggan baru bisa memastikan bahwa yang mereka hadapi adalah toko atau perusahaan yang tepercaya.
ADVERTISEMENT
Pastikan kamu membaca opini atau ulasan sebelum kamu membeli sesuatu secara online. Ulasan yang kamu lihat juga harus kamu perhatikan apakah itu ulasan asli atau palsu. Jadi, coba lebih teliti lagi ya!
4. Baca Kebijakan Toko atau Perusahaan
Perusahaan atau toko yang memiliki reputasi yang baik, mereka akan selalu memiliki kebijakan yang berlaku. Ini hal yang penting untuk mencari tahu bahwa perusahaan atau toko akan menggunakan informasi pribadi kamu hanya sebagai transaksi dan tidak menyalahgunakannya.
5. Cek Kebijakan dan Hak Pelanggan pada Toko atau Perusahaan
5 Tips Belanja Online agar Tidak Tertipu, Yuk Terapkan! (1008361)
searchPerbesar
Ilustrasi belanja online. Sumber: unsplash
Penjual online harus menyediakan informasi yang jelas dan betul mengenai hak dan kebijakan sebagai pelanggan. Sebagai contoh, kamu memiliki hak menukar barang dalam kurun waktu 14 hari atau garansi setidaknya 2 tahun.
ADVERTISEMENT
Jika toko atau perusahaan tidak memiliki atau tidak menyebutkan hal itu di dalam website-nya, coba pertimbangkan kembali untuk belanja di toko tersebut. Seharusnya kamu sebagai pelanggan memiliki hak untuk menukar barang jika dikirimi barang yang salah atau bukan pesananmu.
Di atas adalah 5 tips belanja online agar tidak tertipu yang bisa kamu lakukan sebelum kamu membeli barang yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk perhatikan toko atau perusahaan apakah mereka dapat dipercaya atau tidak.
Cek juga ulasan yang diberikan oleh para pelanggan yang sudah pernah membeli dari toko atau perusahaan tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat!
Apa gunanya ulasan di toko online?
chevron-down
Apa saja informasi yang diperlukan ketika membayar dengan kartu kredit?
chevron-down
Apa ciri website toko online yang mencurigakan?
chevron-down
(MA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white