Woman
·
14 September 2021 22:34
·
waktu baca 4 menit

5 Tips Menambah Berat Badan yang Sehat dan Aman, Cek di Sini!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
5 Tips Menambah Berat Badan yang Sehat dan Aman, Cek di Sini! (990408)
searchPerbesar
Ilustrasi menambah berat badan. Sumber: freepik
Bagi kamu yang memiliki tipe yang sedari kecil sudah kurus dan hingga saat ini susah menaikkan berat badan, sepertinya kamu butuh tips menambah berat badan yang sehat.
ADVERTISEMENT
Kenapa harus yang sehat? Karena jika kamu ingin menambah berat badan namun caramu salah, maka hal itu akan menimbulkan hal-hal yang tidak kamu inginkan. Serta, penumpukan lemak yang tidak sehat dapat memunculkan penyakit-penyakit. Maka dari itu, kamu perlu menambah berat badan dengan cara yang sehat dan aman.
Penasaran apa saja tips menambah berat badan yang sehat dan aman agar tidak menimbun lemak-lemak tidak baik? Simak terus tipsnya di bawah ini!

Tips Menambah Berat Badan yang Sehat

Dilansir dari Healthline, terdapat 5 tips menambah berat badan yang sehat dan aman untuk kamu lakukan, yaitu:
1. Konsumsi Lebih Banyak Kalori
Hal terpenting yang bisa kamu lakukan untuk menambah berat badan adalah menciptakan surplus kalori. Artinya kamu harus mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan oleh tubuhmu atau yang dibakar tubuhmu.
ADVERTISEMENT
Jika kamu ingin menambah berat badan secara perlahan dan pasti, targetkan 300-500 kalori lebih banyak daripada yang kamu bakar setiap beraktivitas dalam sehari. Jika kamu ingin menambah berat badan dengan cepat, kamu bisa targetkan sekitar 700-1000 kalori.
Kamu tidak perlu menghitung kalori selama sisa hidupmu, tetapi hal itu akan membantumu selama beberapa hari atau minggu pertama untuk mengetahui berapa banyak kalori yang kamu makan.
2. Konsumsi Banyak Protein
5 Tips Menambah Berat Badan yang Sehat dan Aman, Cek di Sini! (990409)
searchPerbesar
Ilustrasi konsumsi protein. Sumber: unsplash
Nutrisi paling penting untuk mendapatkan berat badan yang sehat adalah protein. Otot terbuat dari protein dan tanpanya sebagian besar kalori ekstra itu bisa berakhir menjadi lemak tubuh.
Sebuah studi mengatakan bahwa selama kamu makan berlebihan dengan jangka waktu tertentu, diet tinggi protein menyebabkan banyak kalori ekstra yang dapat diubah menjadi otot.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, perlu diingat bahwa protein adalah pedang bermata dua. Protein bisa sangat mengenyangkan dan dapat mengurangi rasa lapar dan nafsu makanmu secara signifikan yang membuatnya sulit untuk mendapatkan kalori yang cukup.
Makanan berprotein tinggi termasuk daging, ikan, telur, olahan susu, kacang-kacangan, dan lain-lain. Suplemen protein seperti whey protein juga dapat bermanfaat jika kamu kesulitan mendapatkan cukup protein dari makananmu.
3. Penuhi Karbohidrat dan Lemak, Makanlah Setidaknya 3 Kali Sehari
Banyak orang mencoba membatasi karbohidrat atau lemak ketika mencoba menurunkan berat badan. Ini adalah hal yang buruk jika tujuanmu ingin menambah berat badan karena akan lebih sulit untuk mendapatkan kalori yang cukup.
Konsumsi banyak makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak untuk menaikkan berat badan adalah prioritas untukmu. Yang terbaik adalah makan banyak protein, lemak, sekaligus karbohidrat setiap kali makan.
ADVERTISEMENT
Pastikan setidaknya kamu makan tiga kali sehari dan cobalah untuk menambah camilan yang cukup mengenyangkan dan bernutrisi bila memungkinkan.
4. Konsumsi Makanan yang Padat Energi dan Gunakan Saus, Rempah-Rempah, dan Bumbu
Sangat penting untuk makan sebagian besar wholefood dengan bahan tunggal. Sayangnya makanan ini cenderung lebih mengenyangkan daripada junkfood, sehingga lebih sulit untuk mendapatkan kalori yang cukup.
Menggunakan banyak rempah-rempah, saus, dan bumbu dapat membantu hal ini. Semakin enak makananmu, semakin mudah untuk memakannya dalam jumlah yang banyak. Coba juga untuk menekankan pada makanan padat energi sebanyak mungkin.
Terdapat beberapa makanan padat energi yang sempurna untuk menambah berat badan, seperti: kacang almond, kacang walnut, kacang tanah, susu murni, krim, keju, minyak zaitun extra virgin, gandum, ayam, sapi, domba, selai kacang, dan masih banyak lainnya.
ADVERTISEMENT
5. Angkat Beban Berat dan Tingkatkan Kekuatan
5 Tips Menambah Berat Badan yang Sehat dan Aman, Cek di Sini! (990410)
searchPerbesar
Ilustrasi mengangkat beban. Sumber: unsplash
Untuk memastikan bahwa kelebihan kalori masuk ke ototmu, bukan hanya ke sel-sel lemakmu, sangat penting bagimu untuk mengangkat beban. Pergi ke gym dan angkat beban 2-4 kali seminggu dapat membantu membentuk otot. Angkat beban yang berat dan coba tingkatkan bobot serta volume seiring waktu.
Fokuskan sebagian besar latihan pada beban. Dengan terbentuknya massa pada ototmu, hal itu juga akan mempengaruhi pertambahan berat badanmu.
Itulah 5 tips menambah berat badan yang sehat dan aman yang bisa kamu lakukan. Memiliki massa otot yang tinggi merupakan hal yang penting juga dapat proses pertambahan berat badan.
Selamat mencoba, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!
Berapa kelebihan kalori yang bisa dikosumsi untuk menambahkan berat badan?
chevron-down
Apa saja contoh makanan padat energi?
chevron-down
Apa manfaat protein untuk meningkatkan berat badan?
chevron-down
(MA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white