6 Cara Double Cleansing untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
31 Agustus 2022 9:28
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara double cleansing untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sumber: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara double cleansing untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sumber: Unsplash.
ADVERTISEMENT
Cara double cleansing untuk kulit berminyak dan berjerawat harus dilakukan dengan benar agar kotoran di wajah dapat terangkat secara maksimal. Tidak hanya membersihkan kotoran, double cleansing juga bekerja untuk mempersiapkan kulit dalam menyerap produk perawatan kulit lainnya.
ADVERTISEMENT
Selain harus dilakukan dengan cara yang benar, orang dengan kulit wajah berminyak dan berjerawat juga tidak boleh sembarangan dalam memilih produk double cleansing.
Menurut situs Self, orang dengan kulit berminyak dan berjerawat sangat tidak disarankan menggunakan produk double cleansing yang mengandung paraben (pengawet), parfume (wewangian), dan alkohol.
Jika ingin mengubah kulitmu menjadi lebih baik, berikut cara double cleansing untuk kulit berminyak dan berjerawat yang benar serta perlu diterapkan setiap harinya.
Ilustrasi cara double cleansing untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sumber: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara double cleansing untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sumber: Unsplash.
Cara Double Cleansing untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Dirangkum dari laman Cleveland Clinic, di bawah ini adalah cara double cleansing untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa diterapkan.
1. Cuci tangan terlebih dahulu
Sebelum melakukan pembersihan pada wajah, tangan yang berperan sebagai aplikator ini harus dibersihkan dengan benar terlebih dahulu. Tujuannya agar kotoran tidak mengontaminasi wajah yang sudah dibersihkan nantinya.
2. Memilih first cleanser yang tepat
Untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat, pilihlah face cleanser yang oil based cleanser dengan formula ringan, contohnya cleansing oil yang mengandung tea tree oil. Meski oil based cleanser, bukan berarti produk tersebut akan membuat wajahmu semakin berminyak. Fungsi minyak tersebut adalah untuk mengangkat debu, kotoran, dan juga minyak pada wajah.
3. Tuang first cleanser pada tangan atau kapas kemudian pijat wajah
Jika menggunakan riasan mata, oleskan cleansing oil ke kapas untuk membantu menghilangkan maskara, eyeliner, dan eyeshadow. Setelah sekitar 30 hingga 40 detik, basahi tanganmu dengan air hangat. Setelah itu, baru kembali bersihkan mukamu dengan cleansing oil menggunakan tangan. Cara yang bisa dilakukan adalah memijat dengan gerakan melingkar ke atas selama 30 hingga 40 detik. Pijat wajah secara lembut dengan menggunakan jari-jarimu. Selain menghilangkan sisa debu, kotoran, dan minyak, gerakan memijat ini juga bisa memperlancar sirkulasi darah pada wajah.
4. Bilas wajah dengan air hangat
Selanjutnya, bilas wajah dengan air hangat. Jangan lupa untuk membilasnya beberapa kali lagi untuk memastikan bahwa produk tersebut telah hilang.
5. Oleskan water cleanser dan lakukan pemijatan ulang
Water cleanser dapat menghilangkan kotoran berbahan dasar air, termasuk keringat dan kotoran yang masih tertinggal di wajahmu. Untuk membersihkan wajah dengan water cleanser, cukup basahi kulit dengan air hangat dan tuang water cleanser ke telapak tangan. Lalu, gosok water cleanser yang ada di tangan hingga berbusa. Setelah itu, oleskan busa ke wajahmu dan pijat dengan gerakan melingkar ke atas selama kurang lebih 30 detik.
6. Bilas pembersih dan keringkan wajah
Setelah melakukan tahapan double cleansing di atas, jangan lupa untuk membilas wajah dari produk perawatan tersebut. Disarankan untuk membilasnya dengan air dingin. Air dingin berfungsi untuk menutup pori-pori yang terbuka selama proses double cleansing. Membilas dengan air dingin juga bisa menjaga kekenyalan pada kulit wajah.
(NDA)