6 Cara Mengecilkan Pori-Pori

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
22 Agustus 2022 13:50
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara mengecilkan pori-pori (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengecilkan pori-pori (Sumber: Pexels)
ADVERTISEMENT
Punya pori-pori yang besar kadang suka mengganggu dan bikin enggak pede, deh! Ada enggak ya kira-kira cara mengecilkan pori-pori ini?
ADVERTISEMENT
Enggak hanya bisa menurunkan kepercayaan diri, pori-pori wajah yang besar pun bisa membuat kulit wajah lagi lebih berisiko terkena komedo maupun jerawat.
Padahal pori-pori ini memiliki fungsi penting dalam kulit wajah kita loh! Melansir laman Healthline, pori-pori merupakan lubang kecil yang ada pada wajah yang fungsinya mengeluarkan minyak alami tubuh atau sebum, supaya kulit tetap lembap.
Hanya saja, setiap orang memiliki ukuran pori-pori yang berbeda. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, biasanya disertai juga dengan pori-pori yang besar.
Adanya minyak berlebih serta permukaan pori-pori yang besar inilah yang membuat wajah jadi rentan berjerawat. Sebab, pori-pori yang besar rentan tersumbat oleh kotoran dan minyak yang berlebih ini.
Bagi kamu yang punya masalah pori-pori besar, penting nih untuk mengetahui gimana cara mengecilkan pori-pori yang tepat. Gimana selengkapnya? Yuk, cek infonya di sini ya yang telah dihimpun dari berbagai sumber ini!
ADVERTISEMENT

Cara Mengecilkan Pori-pori

1. Gunakan Skincare Rutin untuk Mengecilkan Pori-pori

Apakah kamu sudah mengetahui skincare rutin yang ampuh untuk mengecilkan pori-pori? Sebaiknya sih kamu mencari produk yang bebas minyak, bebas alkohol, serta yang terpenting adalah non-comedogenic.
Buatmu yang memiliki pori-pori besar serta wajah cenderung berminyak juga lebih disarankan buat menggunakan produk yang berbentuk gel.

2. Rajin Membersihkan Wajah

Ilustrasi cara mengecilkan pori-pori (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengecilkan pori-pori (Sumber: Pexels)
Kamu juga perlu membersihkan wajah secara rutin untuk mengatasi pori-pori yang besar serta menjaga kebersihan wajah.
Disarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari dengan menggunakan facial wash yang berbahan lembut. Lalu keringkan wajah dengan menggunakan handuk bersih sambil ditepuk-tepuk pada wajah.

3. Gunakan Pelembap

Banyak orang yang berpikir jika kulitnya berminyak dan pori-porinya besar buat menghindari pelembap, karena khawatir kondisi wajahnya jadi makin berminyak. Padahal, hal ini enggak tepat juga loh!
ADVERTISEMENT

4. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah merupakan cara sederhana buat mengangkat kotoran sel sel kulit mati penyebab pori-pori wajah jadi tersumbat. Meski baik buat kulit, tapi jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi ya! Cukup 1-2 kali saja dalam seminggu.

5. Jangan Lupa Gunakan Tabir Surya

Ilustrasi cara mengecilkan pori-pori (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengecilkan pori-pori (Sumber: Pexels)
Pemakaian tabir surya juga penting nih untuk mengurangi tampilan pori-pori yang besar. Enggak cuma itu, penggunaan tabir surya pun sangat penting buat melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari, untuk mencegah kulit dari penuaan dini dan mengurangi risiko terjadinya kanker kulit.

6. Pakai Masker Alami Wajah

Ada banyak bahan-bahan alami loh yang dapat digunakan untuk masker wajah, sebut saja oatmeal, tomat, maupun timun.
Beberapa bahan alami tersebut bisa bermanfaat mengurangi minyak pada wajah dan mencegah pori-pori tersumbat hingga mencegah timbulnya jerawat.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa menggunakan masker wajah ini secara rutin 1-2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.
Itulah dia beberapa cara mengecilkan pori-pori yang bisa kamu coba. Selain beberapa langkah tersebut, disarankan juga untukmu menjaga pola hidup sehat dan cukup minum air putih agar kesehatan kulit tetap terjaga.
Semoga informasi ini bermanfaat bagimu ya!
(AN)
Apa yang dimaksud dengan pori-pori?
chevron-down
Produk skincare apa saja yang cocok bagi pemilik pori-pori besar?
chevron-down
Berapa kali sebaiknya melakukan eksfoliasi dalam seminggu?
chevron-down