6 Manfaat Petroleum Jelly untuk Tubuh, Apa Saja Ya?

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
30 November 2021 11:04
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
6 Manfaat Petroleum Jelly untuk Tubuh, Apa Saja Ya? (559133)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat Petroleum Jelly. Sumber: iStock.
Ternyata ada banyak sekali manfaat petroleum jelly untuk tubuh kita, lho. Petroleum jelly berasal dari bahan utama minyak bumi yang membantu membersihkan kulitmu dari kotoran dan radikal bebas. Selain itu, petroleum jelly mengandung air yang bisa melembapkan dan menghidrasi kulit.
ADVERTISEMENT
Yuk daripada kamu penasaran dengan manfaat lainnya, berikut ulasan manfaatnya untuk tubuh kita.
6 Manfaat Petroleum Jelly untuk Tubuh, Apa Saja Ya? (559134)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat Petroleum Jelly. Sumber: iStock.

Manfaat Petroleum Jelly untuk Tubuh

Dilansir Healthline, petroleum jelly mengandung campuran minyak alami yang mengandung mineral dan lilin. Selain bermanfaat untuk kulit kecantikan, petroleum jelly juga bagus untuk menyembuhkan luka bakar.
Berikut penjelasan lengkapnya:
1. Menyembuhkan luka operasi dan luka bakar
Petroleum jelly bekerja secara efektif dalam menjaga kelembapan kulit selama penyembuhan pascaoperasi. Kamu bisa oleskan secara perlahan dan lembut setiap harinya pada luka tersebut.
Pastikan permukaan luka operasi yang dioleskan oleh petroleum jelly telah dibersihkan dan disinfeksi sebelumnya. Jika tidak, bakteri dan patogen lainnya dapat terperangkap di dalam dan menunda proses penyembuhan.
Selain untuk menyembuhkan luka pascaoperasi, kamu bisa menggunakan petroleum jelly untuk mengurangi bekas luka bakar.
ADVERTISEMENT
2. Melembapkan wajah dan area tubuh lainnya
Kaya akan mineral di dalamnya, petroleum jelly bisa memberikan kelembapan dan kulit yang kenyal pada area wajah dan tubuh kamu.
Kamu bisa mengoleskannya setelah mandi. Petroleum jelly akan bekerja sebagai pelembap yang mencegah kulit kamu mengering. Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya untuk bagian pinggir hidung yang kering dan terkelupas.
Kamu juga bisa menggunakan petroleum jelly di tumit yang pecah-pecah. Pertama-tama kamu bisa merendam kakimu dalam air hangat yang sudah dikasih garam. Setelah itu, kamu bisa keringkan dengan handuk secara menyeluruh dan oleskan petroleum jelly pada tumit yang pecah-pecah.
3. Mencegah ruam popok
Petroleum jelly telah terbukti bisa mencegah dan mengurangi ruam yang disebabkan oleh popok pada bayi. Kamu bisa membersihkan dan keringkan kulit yang terindikasi ruam dengan handuk, sebelum mengaplikasikannya.
ADVERTISEMENT
Petroleum jelly akan bekerja sebagai pelindung yang akan membantu melindungi kulit dari kelembapan popok.
Namun perlu hati-hati dalam menggunakannya, ya. Kamu mungkin bisa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter anak untuk memastikan keamanan penggunaannya.
4. Menghapus riasan mata
Minyak zaitun adalah cara yang efektif untuk menghilangkan riasan. Namun untuk menghapus riasan mata, kamu bisa menghapusnya dengan petroleum jelly karena aman digunakan di area mata.
Kamu bisa menggunakan kapas dan tekan dengan lembut pada area kulit matamu. Pastikan untuk menutup mata kamu saat kamu menyeka dan membersihkannya.
5. Membuat parfum tahan lama
6 Manfaat Petroleum Jelly untuk Tubuh, Apa Saja Ya? (559135)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Parfum. Sumber: iStock.
Buat kamu yang pengin aroma parfum tahan lebih lama, kamu bisa mengoleskan tipis petroleum jelly pada titik nadi, seperti pergelangan tangan dan di samping leher.
ADVERTISEMENT
Setelah mengoleskan pada area tersebut, kamu bisa menyemprotkan parfum pada bagian yang sudah kamu oleskan petroleum jelly. Dijamin aroma parfum kamu akan bertahan lebih lama dari biasanya.
6. Melembapkan dan memerahkan bibir
Manfaat terakhir dari petroleum jelly adalah melembapkan dan memerahkan bibir secara alami. Untuk mendapatkan hasil bibir yang lembap dan tidak pecah-pecah, kamu bisa mengoleskannya ke area bibir saat di malam hari ataupun saat mau menggunakan lipstik.
Selain melembapkan, petroleum jelly juga berguna untuk memerahkan bibir secara alami, lho. Kamu bisa mengombinasikannya dengan pewarna merah untuk makanan dan mengaplikasikannya seperti memakai lipstik. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan bibir merah secara instan dan alami.
Meskipun petroleum jelly memiliki banyak manfaat, sebaiknya kamu hanya memakainya untuk penggunaan luar. Jangan memakan atau memasukkan petroleum jelly ke dalam tubuh kamu. Itu dia ulasan 6 manfaat petroleum jelly yang berguna untuk tubuh.
ADVERTISEMENT
Petroleum jelly terbuat dari apa?
chevron-down
Apakah petroleum jelly bisa menyembuhkan luka?
chevron-down
Bagaimana cara menggunakan petroleum jelly agar parfum lebih awet?
chevron-down
(MMA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020