Woman
·
22 Juli 2021 21:29
·
waktu baca 2 menit

6 Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Mengatasinya

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
6 Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Mengatasinya (57718)
searchPerbesar
Ilustrasi 6 Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Mengatasinya. Foto: Pexels
Penasaran dengan penyebab jerawat di pipi? Memang faktanya masalah jerawat di wajah sangat menyebalkan, apalagi pada bagian yang satu ini. Selain itu, terkadang riasan pun tak cukup untuk mengatasinya. Ketimbang menghindar dan menutupi masalahnya, coba telusuri faktor penyebab jerawat di pipi.
ADVERTISEMENT
Bioclarity menjelaskan bahwa sering kali jerawat yang terjadi pada zona U atau area pipi disebabkan oleh penumpukan kotoran, minyak, dan debu yang menghambat pori-pori kulit, sementara zona T yang meliputi area dahi, hidung, hingga dagu hanya disebabkan masalah produksi minyak yang berlebih pada area tersebut.

6 Penyebab Jerawat di Pipi

6 Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Mengatasinya (57719)
searchPerbesar
Ilustrasi 6 Penyebab Jerawat di Pipi. Foto: Pexels
Dilansir dari Bioclarity, berikut 6 penyebab jerawat di pipi:
1. Seprai dan sarung bantal yang kotor
Tanpa kamu sadari, seprai dan sarung bantal yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab jerawat di pipi. Dalam waktu singkat, seprai yang kotor dapat menjadi sarang bagi jamur, bakteri, debu, dan kotoran. Hal ini juga termasuk sarung bantal, di mana kamu menempatkan kepala ketika tidur.
ADVERTISEMENT
Bayangkan leher, kepala, dan rambut yang menyentuh bantal sekitar 7 jam ke atas setiap malam. Artinya, kotoran dan bakteri dari tubuh akan otomatis berpindah pada bantal tersebut. Akibatnya, minyak dari rambut kemungkinan menempel pada wajah sehingga memicu potensi jerawat.
2. Menyentuh wajah dengan tangan
Sepanjang hari, tangan kita sering terpapar dengan segala kotoran, apalagi setelah menyentuh berbagai barang seperti keyboard, spons cuci piring, atau handphone. Semakin sering menyentuh wajah dengan tangan, otomatis semakin banyak bersentuhan dengan bakteri dan kotoran. Alhasil, pori-pori kulit terhambat sehingga kamu rentan mengalami jerawat.
3. Penggunaan skin care yang salah
Penyebab jerawat di pipi selanjutnya dapat disebabkan oleh penggunaan skin care yang salah. Jika kamu menggunakan produk perawatan kulit berbahan alkohol dan bahan sintesis, kandungan ini dapat menyebabkan iritasi dan menghambat pori-pori kulit. Maka dari itu, pilih produk skin care yang aman dan sesuai jenis kulit.
ADVERTISEMENT
4. Nutrisi tubuh
Penyebab jerawat di pipi juga dapat dipengaruhi oleh nutrisi tubuh. Ingat, nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit juga kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi. Maka dari itu, coba sesuaikan diet untuk mendapatkan kulit yang sehat.
5. Perubahan hormon
Perubahan hormon juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat di pipi. Beberapa ahli menemukan bahwa wanita yang mengalami jerawat biasanya kekurangan hormon estrogen.
6. Masalah metabolisme
Jika kamu mengalami masalah metabolisme, kemungkinan besar ini menjadi penyebab jerawat di pipi. Adanya gangguan pada kinerja alami tubuh dapat memicu peradangan yang mendorong timbulnya jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat di Pipi

6 Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Mengatasinya (57720)
searchPerbesar
Ilustrasi Cara Mengatasi Jerawat di Pipi Foto: Pexels
  • Membersihkan seprai dan sarung bantal
Cara mengatasi jerawat di pipi yang pertama bisa kamu terapkan dengan membersihkan seprai dan sarung bantal. Usahakan mencuci dan menggantinya sekali dalam seminggu.
ADVERTISEMENT
Jika kulit kamu sangat rentan terhadap jerawat, coba taruh handuk bersih pada sarung bantal. Sementara apabila kamu memiliki rambut panjang, posisikan di atas kepala untuk menghindari wajah, leher, dan punggung.
  • Hindari menyentuh wajah
Hindari menyentuh wajah sebaik mungkin, terutama di saat menyandarkan dagu dan pipi pada tangan. Selain itu, cucilah tangan secara rutin untuk menghindari risiko perpindahan bakteri dan kotoran dari tangan ke wajah.
  • Tingkatkan rutinitas skin care
Cara lainnya adalah dengan meningkatkan rutinitas skin care. Ada baiknya kamu menggunakan kombinasi produk skin care dengan kandungan yang tepat untuk memastikan hasil kulit bersih dan sehat.
(AH)