7 Cara Melembutkan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
29 November 2021 0:55
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
7 Cara Melembutkan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah (103796)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Melembutkan Rambut. Sumber: Unsplash
Cara melembutkan rambut bukan hal yang sulit untuk dilakukan kok. Namun, untuk mendapatkan rambut yang lembut dan sehat, kamu juga harus mengetahui teknik perawatan rambut yang baik untuk rambutmu. Banyak hal yang dapat merusak helai rambut kamu yang sudah halus secara alami.
ADVERTISEMENT
Memang seiring waktu, minyak alami dapat terlepas dari rambutmu sehingga dapat menyebabkan kekeringan dan kerontokan. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa merawatnya dan mengembalikan rambut sehat kembali.
Melembutkan rambut yang kering dan kasar dapat dilakukan di rumah, tanpa harus pergi ke salon. Penasaran perawatan rambut seperti apa yang bisa melembutkan rambut kamu kembali? Simak ulasannya, yuk!
7 Cara Melembutkan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah (103797)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Melembutkan Rambut. Sumber: Unsplash

Cara Melembutkan Rambut

Dilansir Healthline, begini cara melembutkan rambut dengan perawatan rambut alami:
1. Ketahui jenis rambut
Memahami jenis rambut kamu adalah hal yang penting, sebelum mencoba pengobatan rumahan apa pun. Kamu harus tahu apakah kamu memiliki rambut yang keriting, berminyak, rontok, atau rambut yang lurus.
Meskipun mungkin kamu tahu jenis rambut kamu yang sekarang, kondisi rambut kamu bisa berubah seiring bertambahnya usia karena penurunan produksi minyak alami. Kondisi rambut kamu juga menyesuaikan berdasarkan iklim dan musim tempat tinggalmu.
ADVERTISEMENT
2. Gunakan minyak kelapa
Minyak kelapa menjadi semakin lazim dalam produk kecantikan karena kandungannya memiliki banyak manfaat. Meskipun telah menunjukkan bahwa minyak kelapa lebih bermanfaat bagi kulit kering, tetapi kamu bisa menggunakannya walaupun tidak memiliki kondisi kulit kepala yang kering.
Minyak kelapa sendiri dapat menembus jauh ke dalam akar rambutmu dan bisa memberikan efek yang sama dapat terlihat di batang rambut.
Kamu bisa mencari produk perawatan rambut dengan kandungan minyak kelapa di dalamnya atau kamu bisa mengoleskan minyak kelapa murni ke rambut kamu setelah keramas. Jika hasilnya terlalu berminyak, coba konsentrasikan pada ujung rambut saja dan gunakan minyak kelapa dua hari sekali.
3. Gunakan minyak zaitun
7 Cara Melembutkan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah (103798)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Minyak Zaitun. Sumber: Unsplash
Minyak zaitun memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan rambutmu. Namun kelemahan pada kandungan ini adalah bisa membuat rambut kamu berminyak.
ADVERTISEMENT
Untuk hasil terbaik, oleskan sedikit minyak zaitun dalam lapisan rambutmu dengan tipis dan merata di seluruh ujung rambutmu. Kamu bisa menggunakannya seminggu sekali.
4. Masker minyak argan
Berasal dari ekstrak buah argan Maroko, minyak ini dikenal karena sifatnya yang melembapkan. Produsen kosmetik telah menambahkan minyak satu ini untuk dimasukkan ke dalam sampo, kondisioner, dan perawatan rambut lainnya.
Namun, jika kamu memiliki rambut yang kering, kamu bisa mencari minyak argan yang alami. Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dan melembapkan rambutmu yang kering. Ditambah, kamu tidak perlu lagi berurusan dengan bahan kimia atau aditif lain yang tidak kamu inginkan.
5. Gunakan masker rambut mingguan
Minyak nabati bisa menjadi cara yang efektif untuk menambahkan kelembapan yang sangat dibutuhkan rambutmu. Tetapi jika kamu malas mencari dan mengotak-atik minyak alami, kamu bisa mencari masker rambut yang siap pakai.
ADVERTISEMENT
Digunakan setiap minggu, masker rambut dapat membantu rambut kamu menyerap kelembapan lebih efektif untuk rambut yang lebih lembut dari waktu ke waktu. Oleskan pada rambutmu yang masih basah setelah keramas, lalu bilaskan setelah lima menit.
6. Bentonite clay
7 Cara Melembutkan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah (103799)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bentonit. Sumber: Unsplash
Tanah liat bentonit adalah zat yang berasal dari gunung berapi. Kandungan ini juga digunakan untuk masalah kulit, seperti kekeringan, eksim, dan gigitan serangga.
Para peneliti percaya bahwa tanah liat satu ini,dapat membersihkan rambut kamu sekaligus menyeimbangkan tingkat kelembapan. Bahkan dapat mengurangi ketombe pada rambutmu.
Kamu bisa mengkombinasikan tanah liat ini dengan air atau cuka untuk membentuk pasta kental. Oleskan di rambutmu seperti yang kamu lakukan pada masker rambut yang dibeli di toko.
ADVERTISEMENT
7. Jangan mencuci rambutmu dengan air panas
Air panas dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan menyebabkannya kusam dan kering. Pilih air hangat sebagai gantinya.
Kamu juga dapat membuat rambut kamu lebih lembut dan berkilau dengan membilas rambutmu dengan air dingin, setelah kamu selesai menggunakan kondisioner. Air dingin akan membantu kamu untuk membilas kondisioner yang berlebih tanpa menghilangkan kelembapan.
Itu dia ulasan 7 cara melembutkan rambut yang bisa kamu lakukan di rumah, gampang kan?
Apa itu tanah liat bentonit?
chevron-down
Bagaimana cara merawat rambut dengan bahan alami?
chevron-down
Seberapa sering masker rambut digunakan?
chevron-down
(MMA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020