8 Cara Pakai Softlens untuk Pemula, Dijamin Mudah dan Praktis!

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
15 Januari 2022 22:09
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
8 Cara Pakai Softlens untuk Pemula, Dijamin Mudah dan Praktis! (79173)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Pakai Softlens. Sumber: Unsplash.
Melihat cara pakai softlens mata untuk pemula di internet mungkin terlihat sulit dan menakutkan, tetapi kamu enggak perlu khawatir! Setelah kamu mengikuti cara dengan benar dan latihan beberapa kali, dijamin gampang dan tidak akan menyakitkan untuk memakainya kembali.
ADVERTISEMENT
Meletakkan softlens di mata untuk para pemula bisa dimulai dengan latihan memegang kelopak matamu agar lebih mudah untuk meletakkannya. Saat kamu siap untuk mengangkat kembali softlens-mu, gunakan proses serupa untuk mengambilnya. Selain itu, pastikan kamu menggunakan softlens dengan benar untuk menjaga kesehatan matamu.
Nah, daripada kamu salah, Hello Ladies sudah menyiapkan cara pakai softlens yang bisa dicoba untuk para pemula nih. Kamu bisa simak caranya di bawah, ya!
8 Cara Pakai Softlens untuk Pemula, Dijamin Mudah dan Praktis! (79174)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Pakai Softlens. Sumber: Unsplash.

Cara Pakai Softlens

Cara Pakai Soflens yang Aman
Berikut ini cara pakaik soflens yang aman untuk pemula.
1. Cuci tangan kamu
Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah mencuci tangamu dengan sabun bebas pewangi dan air yang hangat. Basahi tanganmu, lalu oleskan sabun dan gosok setidaknya selama 30 detik. Bilas tangan kamu secara menyeluruh untuk menghilangkan sisa sabun. Keringkan tanganmu dengan handuk yang berbahan lembut. Selalu gunakan handuk bersih dan kering untuk mengeringkan tangan. Handuk terbaik yang bisa kamu gunakan ialah handuk berbahan microfiber. Handuk microfiber adalah pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan karena cenderung tidak meninggalkan serat atau bulu halus di tanganmu, yang bisa mengenai softlens-mu. Jika kamu tidak memiliki handuk microfiber, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengeringkan tangan dengan udara jika matamu sensitif.
2. Gunakan ujung jari kamu untuk mengambil softlens
Miringkan kotak atau casing softlens ke arah kamu, lalu arahkan softlens ke arah ujung jarimu. Setelah lensa berada di ujung jarimu, pindahkan lensa ke telapak tangan kamu. Jangan gunakan kuku kamu untuk mengambil softlens karena rentan rusak.
3. Bilas lensa kontak dengan larutan kontak kamu
Posisikan softlens di tengah telapak tanganmu, lalu semprotkan larutan softlens di atasnya. Lakukan inspeksi visual untuk memastikan softlens kamu bebas dari partikel atau debu yang kotor. Kamu tidak perlu menggosok softlens kecuali kamu melihat kotoran di atasnya. Jika kamu melihat ada kotoran pada softlens , gunakan lebih banyak larutan softlens dan gosok perlahan dengan ujung jarimu untuk menghilangkan kotoran. Jangan pernah menggunakan air keran pada softlens kamu. Gunakan larutan khusus softlens untuk membilasnya.
4. Tempatkan sisi cekung softlens ke atas di jari telunjuk
Letakkan softlens pada jari kamu, bukan kukumu. Pastikan softlens berada di ujung jari yang terlihat seperti mangkuk kecil.
5. Buka mata kamu dengan jari tengah dan jempol di tangan yang berlawanan
Tarik perlahan kelopak matamu ke bawah menggunakan jari tengah dengan tangan yang berlawanan dari jari telunjuk softlens. Jika mata kamu sangat sensitif terhadap sentuhan, kamu mungkin juga perlu membuka kelopak mata bagian atas. Gunakan tangan yang berlawanan untuk mengangkat dan menahan kelopak mata atas dengan lembut agar tidak berkedip. Ini akan membuka lebar mata kamu, memungkinkan kamu untuk lebih mudah menempatkan softlens. Kamu hanya perlu menahan kelopak mata atas terbuka jika matamu terus berkedip. Mata yang berkedip adalah reaksi yang normal bagi pemula yang baru pertama kali memakai softlens.
6. Pindahkan softlens ke arah mata kamu dengan tenang
Cobalah untuk tidak berkedip. Mata yang tidak berkedip akan memudahkan pemasangan softlens. Letakkan softlens di dekat bola mata kamu dan tekan perlahan di tempatnya. Softlens harus masuk secara perlahan dan tidak boleh dipaksa. Softlens akan masuk ke bola matamu karena akan tertarik pada kelembapan. Kemudian, lepaskan jari kamu dari mata.
7. Lepaskan tanganmu dari kelopak mata dan kedipkan perlahan
Jika kamu sudah berhasil, kamu bisa mengedipkannya secara perlahan beberapa kali. Berhati-hatilah agar softlens-mu tidak lepas dari bola matamu. Lihat ke cermin untuk memeriksa apakah softlens sudah terpasang. Perhatikan jika kamu merasakan iritasi atau sakit mata. Jika softlens terasa gatal atau nyeri, lepaskan dan bersihkan kembali dengan larutan softlens. Kemudian, coba masukkan kembali. Setelah itu, kamu bisa mengulangi cara yang sama untuk memasang softlens pada matamu yang satunya. Semoga artikel ini bisa membantumu, ya!
(MMA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020