Apa Itu Dresscode? Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
27 Februari 2023 13:45
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dresscode. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Dresscode. Foto: Pixabay
Biasanya, dalam sebuah undangan acara, ada ketentuan dresscode untuk tamu. Dresscode adalah istilah yang terdiri dari kata dress yang berarti gaun dan code atau aturan.
Mengutip The Britannica Dictionary, dress code adalah seperangkat aturan tentang pakaian apa yang boleh dan tidak boleh dipakai di sekolah, kantor, restoran, dan kegiatan lainnya.
Pada abad pertengahan silam, dress code sering dijadikan sebagai salah satu faktor pembeda untuk menunjukkan kelas sosial seseorang dalam sebuah acara.
Namun, saat ini dress code dalam sebuah acara hanya sebagai aturan pakaian agar para tamu undangan tampak seragam.

Jenis-Jenis Dresscode

Dresscode terdiri dari beberapa jenis di antaranya adalah:

1. Dresscode White Tie

Jenis-Jenis Dresscode. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Jenis-Jenis Dresscode. Foto: Unsplash
White tie adalah dress code yang biasanya diberlakukan pada pesta-pesta kerajaan. White tie merupakan dress code yang super formal. Selain untuk pesta kerajaan, dress code ini juga kadang untuk malam amal atau pertunjukan opera.
Dress code white tie meliputi jas, dasi putih, rompi, dan kemeja untuk para pria. Sedangkan untuk para wanita, biasanya mengenakan gaun malam yang panjang atau gaun pesta yang menjuntai hingga lantai seperti gaun Cinderella.

2. Dresscode Black Tie

Tidak jauh berbeda dengan white tie, dress code black tie juga untuk acara formal, seperti jamuan makan malam, ataupun pesta dansa.
Dress code black tie untuk para pria biasanya tuxedo, celana hitam, kemeja warna putih, lengkap dengan dasi kupu-kupu hitam. Gaya klasik yang kerap ditemukan di film-film romantis zaman dahulu.
Tuxedo yang dipilih biasanya berwarna gelap dan cenderung polos untuk memberikan kesan formal.
Sementara untuk para wanita biasanya mengenakan gaun malam berbahan sifon, velvet, satin dan sutra. Gaunnya tidak mesti selalu panjang, kadang ada yang hanya selutut, atau sebetis.

3. Dresscode Cocktail Attire

Jenis-Jenis Dresscode. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Jenis-Jenis Dresscode. Foto: Unsplash
Cocktail attire adalah dress code yang sering diberlakukan pada acara pesta semi formal. Jadi, para tamu tetap harus berpenampilan rapi, tapi item fashion yang digunakan cenderung kasual dan trendy.
Para pria biasanya tetap memakai setelan jas untuk dress code ini. Bisa juga memakai blazer yang berwarna gelap.
Sementara untuk busana wanita umumnya adalah gaun malam sebatas lutut atau sedikit di bawahnya. Pilihan kainnya bebas saja, yang penting tetap memberikan kesan yang cukup formal.

4. Dresscode Formal

Dress code formal memiliki banyak kesamaan dengan black tie, tapi dress code formal jauh lebih trendy lagi. Dress code formal punya dua macam kategori, yakni untuk siang dan malam.
Dress code formal pada malam hari untuk pria biasanya terdiri dari tuxedo hitam, rompi putih dan kemeja putih. Kalau pengin pakai dasi kupu-kupu putih juga bisa.
Sedangkan untuk dress code formal pada siang hari kurang lebih sama. Yang membedakan keduanya hanya dasi, kalau siang pakai dasi kupu-kupu hitam.
Kalau untuk perempuan, dress code formal pada malam maupun siang hari tetap sama saja, yakni gaun.
Khusus untuk Indonesia, dress code formal ini biasanya bukan jas dan gaun, melainkan pakaian Nasional. Para perempuan memakai kebaya, sementara lelaki memakai batik.
Itulah sejumlah dresscode yang kerap jadi pilihan pada acara-acara. Semoga membantu, ya!
(DEL)
Apa itu dress code white tie?
chevron-down
Dresscode formal Indonesia apa?
chevron-down
Apa itu cocktail attire?
chevron-down