Apa Itu Fatty Acid dalam Skincare? Berikut Penjelasannya!

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
23 November 2022 11:10
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apa itu fatty acid dalam skincare (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apa itu fatty acid dalam skincare (Sumber: Pexels)
ADVERTISEMENT
Apa itu fatty acid dalam skin care? Apakah kamu sudah mengetahuinya?
ADVERTISEMENT
Penggunaan skincare tentu enggak akan lepas dari keseharian para cewek ya. Melakukan perawatan menggunakan skincare bisa membantu kulit kamu jadi tampak lebih sehat.
Apalagi kalau kamu lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, tentu kamu memerlukan perawatan yang lebih ekstra. Pasalnya kulit wajah kamu dua kali lebih mudah terpapar oleh kotoran akibat polusi udara atau paparan sinar matahari berlebih.
Kemudian, menggunakan skincare secara rutin juga bisa mencegah munculnya berbagai permasalahan pada wajah. Sebut saja seperti jerawat, komedo, breakout, noda hitam, berminyak, kulit kering, dan lain-lain.
Terlebih jika kamu banyak menggunakan makeup dalam kegiatan kamu sehari-hari. Sisa-sisa makeup yang tidak dibersihkan dengan baik, nantinya akan bertumpuk dengan sel kulit mati yang bisa membuat permasalahan pada wajah. Untuk itu, buat mengatasinya adalah dengan penggunaan produk skincare.
ADVERTISEMENT
Bukan cuma kegunaannya saja, kamu juga mulai perlu mengetahui apa saja kandungan dalam skincare. Mungkin selama ini kamu familiar dengan bahan-bahan skincare seperti retinol, niacinamide, bakuchiol, atau berbagai bahan alami seperti vitamin C, vitamin E, aloe vera, jojoba oil, serta bahan lainnya.
Tapi, tahukah kamu ada juga kandungan skincare yang terbuat dari berbagai jenis asam (acid). Dari beberapa jenis asam tersebut, bisa jadi kandungan skincare dari asam yang paling kamu sering dengar adalah hyaluronic acid serta salicylic acid.
Hyaluronic acid ini umumnya digunakan untuk produk skincare yang mencegah tanda penuaan dini. Sementara itu, salicylic acid banyak dipakai untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat.
Ternyata, ada juga jenis asam lainnya pada skincare, yakni fatty acid. Sudahkah kamu mendengar mengenai fatty acid ini?
ADVERTISEMENT
Lantas, apa itu fatty acid dalam skincare? Apabila kamu penasaran, yuk simak penjelasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber ini!

Apa Itu Fatty Acid dalam Skincare

Ilustrasi apa itu fatty acid dalam skincare (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apa itu fatty acid dalam skincare (Sumber: Pexels)
Fatty acid atau sebutan lainnya adalah asam lemak umumnya ditemukan dalam lemak serta minyak.
Melansir self.com, asam lemak merupakan rangkaian dari hidrokarbon yang juga memiliki fungsi sebagai asam karbosilat. Fatty acid ini lebih banyak terlihat dalam bentuk trigliseride pada kulit, yang adalah bagian terbesar dari lipid padat serta cair.
Asam lemak ini umumnya dapat ditemukan dari berbagai makanan, seperti ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak. Perlu kamu ketahui, asam lemak pada kulit bakal berfungsi untuk tiga hal. Pertama adalah mengurangi kehilangan air trans epidermal, antimikroba, serta antiinflamasi.
ADVERTISEMENT
Apabila salah satu fungsi tersebut terganggu, maka perlindungan kulit pun otomatis akan terganggu.
Ilustrasi apa itu fatty acid dalam skincare (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apa itu fatty acid dalam skincare (Sumber: Pexels)
Biarpun fatty acid ini punya manfaat untuk perlindungan kulit serta sebagai antiinflamasi. Kamu perlu lebih berhati-hati juga dalam penggunaannya. Terlebih, untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, berminyak, serta berjerawat.
Untuk kulit yang berjerawat, kandungan asam lemak ini bisa memicu timbulnya fungal acne. Melansir laman Heathline, fungal acne sendiri merupakan masalah kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur dalam folikel rambut yang dipengaruhi oleh kelenjar sebum pada kulit.
Nah, kandungan asam lemak seperti asam palmitat, asam stearat, serta asam laurat, sebaiknya dihindari dulu agar tidak memperparah kondisi fungal acne.
Kandungan fatty acid ini umumnya ditemukan pada produk perawatan wajah yang fungsinya sebagai emollient maupun emulsifer (pelembap).
ADVERTISEMENT
Itulah dia penjelasan mengenai apa itu fatty acid dalam skincare. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagimu ya!
(AN)
Jenis asam apa yang sering digunakan untuk kandungan skincare?
chevron-down
Kandungan fatty acid biasanya ditemukan pada produk apa?
chevron-down
Apa yang dimaksud dengan fungal acne?
chevron-down