Konten dari Pengguna

Apa Itu Non Comedogenic pada Skincare? Ini Penjelasan dan Daftar Bahannya

Hello Ladies
Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
10 Januari 2023 7:39 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Produk Non Comedogenic. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Produk Non Comedogenic. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat membeli produk skin care, biasanya terdapat label non comedogenic. Biasanya produk skin care non comedogenic direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif dan berjerawat. Namun, sebenarnya apa itu non comedogenic?
ADVERTISEMENT
Agar lebih expert dalam merawat wajah, simak uraian non comedogenic di bawah ini.

Apa Itu Non Comedogenic pada Produk

Ilustrasi Produk Non Comedogenic. Foto: Pixabay
Produk non comedogenic adalah produk yang tidak menyebabkan penyumbatan pori (komedo) dan jerawat. Istilah non comedogenic digunakan untuk mendeskripsikan produk perawatan kulit dan kosmetik.
Jika kamu memiliki kulit berjerawat, komedo, atau pori-pori yang rentan tersumbat, menggunakan produk perawatan kulit dan kosmetik non comedogenic mungkin dapat membantu mengurangi jumlah jerawatmu.
Namun, perlu diingat bahwa non comedogenic adalah istilah yang digunakan oleh produsen produk skin care. Tidak ada definisi Food and Drug Administration (FDA) tentang istilah non comedogenic dan tidak ada standar medis untuk produk yang menggunakannya. Artinya manfaat bahan-bahan tersebut belum terbukti.
ADVERTISEMENT
Penting juga untuk diingat bahwa produk yang mengandung bahan non comedogenic sebenarnya masih dapat menyumbat pori-pori, karena ketika bahan-bahan non comedogenic dikombinasikan, bisa jadi sifatnya berubah menjadi comedogenic.
Jika kamu tidak yakin produk non comedogenic mana yang harus kamu coba, kamu bisa konsultasikan kepada dokter kulit.

Daftar Bahan-bahan Noncomedogenic

Pexels
Menurut Medical News Today, ada ratusan bahan berpotensi non comedogenic. Beberapa bahan yang diketahui bersifat non comedogenic atau rendah comedogenic adalah sebagai berikut:

Daftar Bahan-bahan Comedogenic

Pixabay
Ada pula bahan-bahan yang bersifat comedogenic. Masih menurut Medical News Today, sebagian besar informasi yang dimiliki ahli dermatologi tentang bahan comedogenic berasal dari studi tahun 1984 pada kelinci.
ADVERTISEMENT
Para peneliti menemukan bahwa bahan-bahan berikut berpotensi menyebabkan komedo:
Karena penelitian ini sudah tua dan melibatkan hewan, bukan manusia, maka tidak jelas apakah temuannya berlaku untuk kulit manusia.
Terdapat pula penelitian lain menyatakan bahwa bahan-bahan berikut mungkin bersifat comedogenic:
Itulah penjelasan seputar produk non comedogenic. Jika kulitmu rentan berjerawat, kamu sebaiknya hindari bahan-bahan comedogenic, ya.
(DEL)