Apa Itu T-Zone dan Bagaimana Perawatannya?

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
22 November 2022 14:30
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apa itu t-zone (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apa itu t-zone (Sumber: Pexels)
ADVERTISEMENT
Mungkin kamu sudah familiar mengenai apa itu t-zone pada wajah? Namun, apakah kamu sudah mengetahui bagaimana perawatan yang tepat buat area tersebut?
ADVERTISEMENT
Setiap cewek tentunya ingin punya kulit yang sehat. Namun, kulit yang sehat ini tidak akan datang dengan sendirinya. Untuk mendapatkannya, kamu perlu menjaga kesehatan kulit dengan melakukan perawatan serta menjalani pola hidup sehat.
Namun, kadang kita juga suka merasa terganggu dengan kondisi kulit yang berminyak. Soalnya kalau kulit berminyak, bisa lebih berisiko menimbulkan jerawat.
Padahal tahukah kamu? Sebenarnya pada wajah terdapat area yang lebih banyak menghasilkan minyak dibandingkan dengan yang lainnya.
Daerah tersebut adalah yang membentang di bagian dahi, hidung, dan dagu, atau yang biasa disebut dengan t-zone. Nah, perawatan untuk bagian t-zone ini juga perlu lebih dicermati, karena produksi minyaknya yang lebih banyak.
Lantas, apa itu t-zone yang sebenarnya? Apabila kamu penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya di sini!
ADVERTISEMENT

Apa Itu T-Zone

Ilustrasi apa itu t-zone (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apa itu t-zone (Sumber: Pexels)
Perlu kamu ketahui, t-zone adalah area pada wajah yang mencakup dahi, hidung, dan berakhir di dagu. Kenapa disebut area t-zone? Karena area ini layaknya T besar yang ada di wajah.
Nah, area t-zone ini ini cenderung menghasilkan minyak yang lebih banyak di wajah. Pasalnya pada area ini terdapat lebih banyak kelenjar minyak dibandingkan area wajah lainnya.
Kalau kebetulan kamu pemilik wajah yang berminyak, mungkin kamu akan merasa area t-zone ini jadi lebih licin dan terlihat lebih berkilau dibandingkan bagian wajah yang lain. Malah kadang, tampilan kulit di area t-zone juga bisa menjadi lebih kusam.
Mengingat t-zone ini punya kelenjar minyak yang lebih aktif, enggak heran apabila bagian wajah ini lebih sering muncul jerawat. Apalagi pada kulit berminyak yang cenderung memproduksi sebum lebih banyak juga. Sehingga menimbulkan pori-pori tersumbat yang nantinya menyebabkan jerawat.
ADVERTISEMENT
Makanya diperlukan perawatan yang tepat untuk wilayah t-zone ini biar menjaganya supaya semakin enggak berminyak. Dalam merawat t-zone, penting untukmu mencuci muka secara rutin. Setidaknya dua kali dalam sehari.
Adapun waktu-waktu yang disarankan buat mencuci muka antara lain, saat bangun tidur di pagi hari, sebelum tidur, atau ketika kamu usai berolahraga maupun berkeringat setelah beraktivitas.
Ilustrasi apa itu t-zone (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apa itu t-zone (Sumber: Pexels)
Dengan mencuci muka lebih teratur, bisa membuang kelebihan minyak pada area t-zone dan bisa mengangkat kotoran serta sel kulit mati pada wajah.
Penting juga bagi kamu untuk memilih pembersih yang sesuai dengan kondisi kulit wajah kamu. Apabila kulit kamu cenderung berminyak, terutama di daerah t-zone. Maka kamu dapat memilih pembersih yang terbuat dari bahan yang lembut dan bersifat non-comedogenic.
ADVERTISEMENT
Kadang terlalu banyak minyak di area t-zone ini bisa mengganggu penampilanmu. Kalau sudah begitu, kamu bisa memakai kertas minyak pada wajah untuk membantu mengatasinya.
Umumnya, kertas minyak ini berbentuk kecil dan praktis guna menyerap minyak pada bagian t-zone ini. Caranya menggunakannya pun mudah, kamu cukup menempelkan kertas minyak ini lalu tekan secara perlahan sampai minyak terserap.
Jangan lupa juga untuk melakukan eksfoliasi secara teratur. Buat membantu mengurangi kelebihan minyak dan mengangkat sel kulit mati pada bagian t-zone. Kamu bisa melakukan eksfoliasi ini dua sampai tiga kali dalam seminggu.
Itulah dia penjelasan apa itu t-zone dan bagaimana cara perawatannya yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagimu ya!
(AN)
Kenapa kulit di area t-zone cenderung lebih berminyak?
chevron-down
Di mana saja area t-zone ini?
chevron-down
Kapan saja waktu yang dianjurkan untuk mencuci muka?
chevron-down