Brazilian Wax Artinya Apa? Yuk Cari Tahu!

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
8 Desember 2021 18:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Brazilian Wax Artinya Apa? Yuk Cari Tahu! (38550)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Brazilian Wax Artinya. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Mungkin kamu banyak yang bertanya brazilian wax artinya apa? Metode waxing memang sangat beragam, salah satunya ya brazilian ini. Buat tahu lebih lanjut, simak ulasan lengkapnya berikut ini yuk.
ADVERTISEMENT

Brazilian Wax Artinya Apa?

Brazilian wax artinya adalah rambut kemaluan yang sengaja dirapikan atau dihilangkan dari bagian depan tulang kemaluan, sekitar paha atas, dan sekitar anus. Jadi brazilian wax adalah teknik untuk mencukur habis seluruh bulu kemaluan.
Lalu, apa bedanya brazilian wax dengan bikini wax? Dikutip dari Healthline, bikini wax biasanya membersihkan rambut di daerah selangkangan atau di mana pun rambut bisa tumbuh dari bagian bawah bikini: di sisi garis bikini (atau pakaian dalam) dan di antara pusar dan tulang kemaluan.
Bikini wax mencakup semua yang ada di dalam garis bikini, serta hair removal di bagian depan tulang kemaluan. Kamu dapat memilih untuk meninggalkan potongan rambut, segitiga, atau persegi.
ADVERTISEMENT
Sedangkan brazilian wax menawarkan hair removal yang lebih lengkap yaitu mencukur bulu kemaluan dari depan tulang kemaluan hingga ke bawahnya yang disebut perineum, ke anus.
Lalu bagaimana caranya melakukan brazilian wax? Bukannya akan terasa canggung dan malu?
Umumnya para ahli kecantikan yang menyediakan brazilian wax sudah sangat profesional, jadi jangan takut ya! Kalau kamu masih tetap malu, kamu bisa membicarakannya bahwa ini pengalaman pertamamu dan mereka mungkin akan membuatmu nyaman alias tidak takut ataupun malu.

Manfaat Melakukan Brazilian Wax

Selain itu, ternyata ada banyak manfaat brazilian wax lho! Dikutip dari Healthline, berikut ini adalah manfaat ketika melakukan brazilian wax.
1. Mengangkat sel kulit mati
Menurut American Academy of Dermatology Association yang dikutip dari Healthline, jenis pengelupasan fisik ini menghilangkan sel-sel kulit mati dari lapisan atas kulit untuk meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan kemanjuran perawatan topikal.
Brazilian Wax Artinya Apa? Yuk Cari Tahu! (38551)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi waxing. Foto: Unsplash
2. Membersihkan tanpa iritasi
ADVERTISEMENT
Salah satu teknik hair removal yang tidak menimbulkan iritasi adalah melakukan wax. Jika kamu melakukannya dengan benar, waxing tidak menyebabkan ruam, benjolan, atau iritasi lain daripada kamu mencukurnya menggunakan epilator atau alat pencukur.
3. Membuat rambut lebih lembut
Jika kamu melakukan waxing, biasanya rambut yang tumbuh di tempat yang sama akan lebih lembut dan lebih tipis dari sebelumnya. Jadi, seiring dengan waktu, kamu hanya memiliki sedikit bulu untuk dirawat.

Efek Samping Melakukan Brazilian Wax

Brazilian Wax Artinya Apa? Yuk Cari Tahu! (38552)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi waxing. Foto: Unsplash
Biarpun memiliki manfaat yang baik dan jarang menimbulkan iritasi, namun bukan berarti efek samping seperti itu tidak ada di dalam metode ini ya.
Setelah melakukan brazilian wax, kamu disarankan untuk tidak menggaruk area kemaluan sehabis dicukur, untuk menghindari iritasi lebih lanjut atau robekan kecil/mikro yang bisa terjadi di area kemaluanmu.
ADVERTISEMENT
Kamu juga akan melihat area kemaluanmu memerah setelah melakukan brazilian wax. Namun, jangan khawatir, hal tersebut sangat umum terjadi dalam kurun waktu 24 jam setelah melakukan brazilian wax.

Apakah Ibu Hamil dan Wanita yang Sedang Menstruasi Boleh Melakukan Brazilian Wax?

Seperti yang sudah diketahui, wanita yang sedang berada dalam masa menstruasi, kulit di sekitar kemaluan akan menjadi lebih sensitif. Hal tersebut akan mempengaruhi toleransi rasa sakit tubuhmu.
Wanita yang sedang hamil juga memiliki hormon yang berbeda. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
Beberapa nformasi di atas adalah mengenai brazilian wax atau metode hair removal yang lagi trend di kalangan anak muda. Kalau kamu berniat untuk melakukannya, kamu boleh pahami dulu artikel ini sebagai pengetahuan dan bahan pertimbangan kamu ya! Semoga membantu.
ADVERTISEMENT
Apa efek samping brazilian waxing?
chevron-down
Apa waxing lebih aman daripada cukur?
chevron-down
Apakah boleh waxing saat menstruasi?
chevron-down
(DL)