Woman
·
8 Juni 2021 14:41
·
waktu baca 2 menit

Cara Mengecilkan Paha Mudah dari Rumah, Ada 3 Nih!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Cara Mengecilkan Paha Mudah dari Rumah, Ada 3 Nih! (42103)
Ilustrasi cara mengecilkan paha. (Dok. Pixabay/Daniel Reche)
Ladies, sudah tahu bagaimana cara mengecilkan paha? Bila belum tahu, yuk sama-sama simak informasi-informasi yang Hello Ladies rangkum dalam artikel ini!
ADVERTISEMENT
Berbagai bagian tubuh memiliki lemak, termasuk pada paha. Lemak bukanlah sesuatu yang buruk, bahkan itu dapat melindungi organ tubuh hingga menyimpan cadangan energi.
Akan tetapi, lemak yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan sejumlah penyakit mematikan lain. Karena itu, penting untuk memerhatikan jumlah lemak di tubuh, termasuk pada paha. Dengan mengecilkan paha, kamu juga dapat mengurangi kadar lemak.

Cara Mengecilkan Paha Mudah dari Rumah

Penyebaran lemak bervariasi pada satu individu dengan yang lain. Umumnya, hal itu dipengaruhi oleh faktor genetik. Sebagai contoh, wanita cenderung memiliki jumlah lemak lebih banyak di area pinggul dan paha daripada pria.
Namun jangan khawatir, ladies! Sebab, ada berbagai cara mengecilkan paha untuk wanita. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga kardio, hingga membentuk otot-otot pada paha.
ADVERTISEMENT
Berikut ini detail dari langkah-langkah itu:
1. Lakukan diet sehat
Untuk mengurangi lemak paha, kamu dapat melakukan diet sehat. Menurut Pelatih Kebugaran Jessica Mazzucco, langkah itu penting untuk menurunkan berat badan. Ia menambahkan, diet itu bertujuan membakar kalori lebih banyak daripada yang kamu konsumsi.
Mengonsumsi makanan sehat juga memberimu bahan bakar yang tepat untuk melakukan olahraga mengencangkan kaki dan paha. Berat badan juga akan turun saat kamu mengurangi konsumsi karbohidrat tambahan dan gula dalam makananmu.
2. Melakukan latihan kardio
Cara Mengecilkan Paha Mudah dari Rumah, Ada 3 Nih! (42104)
Ilustrasi cara mengecilkan paha dengan latihan kardio. (Dok. Pixabay/Alterio Felines
Cara mengecilkan paha yang kedua adalah melakukan kardio. Latihan itu mampu membantu membakar banyak kalori sehingga terjadi defisit kalori pada tubuh.
“Kardio merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan lemak di seluruh area tubuh, termasuk kaki,” ujar Mazzucco, dilansir dari Insider.
ADVERTISEMENT
Contoh latihan kardio, antara lain: lari jarak jauh dan bersepeda. Begitu juga dengan lari cepat yang dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh terus membakar kalori.
Penelitian berjudul Running Sprint Interval Training Induces Fat Loss in Women (2014) oleh Hazell dkk meninjau efek lari cepat dalam mengurangi massa lemak wanita berusia 22 hingga 27 tahun. Hasilnya, peserta yang melakukan lari cepat tiga kali seminggu dalam enam pekan kehilangan rata-rata 8% lemak pada tubuhnya.
Cara Mengecilkan Paha Mudah dari Rumah, Ada 3 Nih! (42105)
Ilustrasi berlari untuk mengecilkan paha. (Dok. Pixabay/Mabel Amber)
3. Membentuk otot kaki
Selanjutnya, membangun otot lewat melatih kekuatan juga dapat mengurangi lemak pada tubuh, termasuk paha. Pelatih Pribadi bersertifikat, Andy Stern mengatakan, “Latihan itu juga dapat memperkuat kakimu sehingga penampilan akan terlihat lebih ramping dan kencang.”
Mengacu pada studi Resistance Training Combined With Diet Decreases Body Fat While Preserving Lean Mass Independent of Resting Metabolic Rate: A Randomized Trial (2017) oleh Miller dkk, latihan ketahanan dapat membantu menurunkan lemak sekaligus meningkatkan massa otot.
ADVERTISEMENT

Cara Mengecilkan Paha dengan Membangun Otot

Nah, untuk memperkuat paha, Stern merekomendasikan gerakan-gerakan berikut ini:
1. Sumo Squats
Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:
- Berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari pinggul.
- Tekuk lutut dan dorong pinggul ke belakang.
- Busungkan dada.
- Ulangi langkah itu sebanyak tiga hingga empat set (1 set = delapan hingga 15 rep).
2. Curtsy Lunges
Cara melakukannya:
- Berdiri dengan kedua kaki sejajar dengan pinggul.
- Letakkan satu kaki di belakang, lalu tekuk lutut kaki depan.
- Arahkan lutut kaki depan ke lantai.
- Kembali ke posisi awal.
- Ulangi hingga tiga set (1 set = 15 rep).
Nah, kamu dapat mencoba gerakan-gerakan itu dalam latihan rutin. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi lemak melalui pembentukan otot pada paha.
ADVERTISEMENT
(TDI)