Woman
·
8 Juni 2021 14:08
·
waktu baca 3 menit

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah, Lakukan 6 Langkah Ini!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah, Lakukan 6 Langkah Ini! (329011)
Ilustrasi cara menghilangkan bruntusan. (Dok. Pixabay/Joseph Mucira)
Sedang mencari cara menghilangkan bruntusan di wajah? Jangan khawatir, Hello Ladies telah menyiapkan serangkaian informasi tersebut untuk membantumu mengatasi bruntusan!
ADVERTISEMENT
Sebelum membahas cara menghilangkan bruntusan, kamu perlu memahaminya lebih dulu. Menurut Dokter Spesialis Kulit Radityo Anugrah, bruntusan merupakan tonjolan kecil pada kulit yang umumnya terjadi akibat komedo. Ada pula yang muncul karena alergi produk perawatan kulit.
Bruntusan akibat komedo timbul karena pori-pori tersumbat kotoran atau minyak (clog pore) sehingga bentuknya serupa dengan ‘mata’ yang berisi. Di sisi lain, bruntusan akibat alergi merupakan tonjolan kemerahan tanpa isi yang kadang terasa gatal.
Secara umum, bruntusan di wajah rawan hadir di area dagu, hidung, dan dahi (T-Zone). Apalagi, bagi kamu yang memiliki kulit berminyak.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Menurut Akademi Dokter Kulit Amerika, 85% orang berusia 12-24 setidaknya mengalami masalah kulit ringan seperti bruntusan. Penyebabnya beragam, dari faktor genetik hingga tingkat hormon dan stres. Untuk mengatasinya, ada sejumlah rutinitas yang dapat kamu lakukan!
ADVERTISEMENT
1. Cuci muka 2 kali sehari
Berdasarkan informasi dari laman dr. Doppelt, mencuci muka pada pagi dan malam hari dapat mengangkat kotoran, minyak, bakteri, dan kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Secara tidak langsung, hal itu termasuk salah satu cara menghilangkan bruntusan di wajah.
Tak hanya itu, mencuci muka dua kali sehari pun mampu mengurangi gejala bruntusan. Pastikan tanganmu harus bersih ketika melakukannya. Jangan lupa untuk menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan tipe kulit ya, ladies.
Oh iya, bila kamu menggunakan riasan alias make up, lakukan double cleansing atau pembersihan ganda pada wajah. Sebelum memakai sabun wajah, kamu dapat menggunakan micellar water atau make up remover dalam bentuk lain, seperti oil cleanser atau balm cleanser.
ADVERTISEMENT
2. Gunakan pelembap
Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah, Lakukan 6 Langkah Ini! (329012)
Ilustrasi pelembap wajah. (Dok. Pixabay/chezbeate)
Setelah membersihkan wajah, gunakan pelembap guna menenangkan bruntusan pada kulit wajah. Kamu dapat memilih produk pelembap ataupun bahan alami yang melembapkan seperti Aloe vera.
3. Gunakan tabir surya
Kamu juga perlu menyertakan tabir surya untuk menghilangkan bruntusan. Kamu harus menggunakannya di pagi dan siang hari, sesudah mengaplikasikan pelembap.
Ada dua jenis tabir surya, yakni chemical dan physical. Tipe pertama memberikan perlindungan dari dalam, sedangkan yang kedua melindungi permukaan kulit.
4. Pakai obat jerawat
Menggunakan obat totol jerawat merupakan langkah selanjutnya dari cara menghilangkan bruntusan. Asal tahu saja, obat totol juga dapat meredakan bruntusan di kulit wajah.
5. Eksfoliasi
Selanjutnya, kamu perlu mengangkat sel-sel kulit mati dengan proses eksfoliasi. Dalam sepekan, lakukan eksfoliasi satu hingga dua kali. Penting diketahui, kamu enggak boleh melakukannya dua hari berturut-turut ya, ladies!
ADVERTISEMENT
6. Jangan menyentuh area bruntusan
Perawatan untuk menghilangkan bruntusan akan sia-sia jika kamu masih suka menyentuhnya dengan tangan. Apalagi, ketika tangan dalam keadaan kotor.
Asal tahu saja, menyentuh wajah dengan tangan dapat memicu iritasi hingga peradangan yang dapat menyebabkan masalah serius pada kulit wajah.

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi bruntusan di kulit wajah, yakni:
1. Aloe Vera
Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah, Lakukan 6 Langkah Ini! (329013)
Ilustrasi lidah buaya. (Dok. Pixabay/Franziska Ingold)
Mengacu pada studi Aloe Vera: A Short Review (2008) oleh Surjushe dkk, lidah buaya begitu bermanfaat dalam kesehatan dan perawatan kulit. Tanaman itu berfungsi mengatasi inflamasi kulit, antimikroba, antivirus, dan antioksidan.
2. Minyak kelapa
Bahan alami untuk mengobati bruntusan yang kedua adalah minyak kelapa yang mengandung lemak jenuh. Minyak itu juga bersifat antiseptik, antibakteri, antivirus, dan dapat mengatasi inflamasi.
ADVERTISEMENT
Uji klinis bertajuk Alternative, Complementary, and Forgotten Remedies for Atopic Dermatitis (2015) oleh Goddard dan Lio membuktikan, minyak kelapa dapat meningkatkan hidrasi kulit lebih baik daripada minyak mineral.
3. Minyak tea tree
Minyak tea tree atau Melaleuca alternifolia merupakan minyak esensial yang bersifat antiseptik dan ampuh mengobati inflamasi pada kulit.
Menurut studi berjudul Melaleuca alternifolia (Tea Tree) Oil: a Review of Antimicrobial and Other Medicinal Properties (2006) oleh Carson dkk, minyak tea tree efektif mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat dan bruntusan.
(TDI)