Cara Menghilangkan Fungal Acne pada Kulit dengan Tepat

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
16 Maret 2022 18:19
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Menghilangkan Fungal Acne pada Kulit dengan Tepat (74001)
zoom-in-whitePerbesar
Cara menghilangkan fungal acne pada kulit dengan tepat. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Ladies, apakah kamu sedang mencari cara menghilangkan fungal acne yang keberadaannya sangat mengganggu kenyamanan kamu? Hello Ladies akan berikan beberapa tips untuk menghilangkan fungal acne dengan tepat. Simak, ya!
ADVERTISEMENT
Fungal acne atau jerawat jamur merupakan infeksi pada folikel rambut kulit yang disebabkan oleh jamur. Berbeda dengan jerawat pada umumnya, fungal acne berbentuk beruntusan kecil dan berkelompok yang disertai rasa gatal. Fungal acne tumbuh di area kulit yang rentan berkeringat. Biasanya muncul di area kulit sekitar dada, bahu, punggung, payudara, serta wajah.
Fungal acne disebabkan oleh kelembapan berlebih pada kulit. Jamur akan mudah berkembang biak di area kulit yang lembap, itu sebabnya kita dianjurkan untuk rajin membersihkan tubuh agar mencegah pertumbuhan jamur pada kulit.
Cara menghilangkan fungal acne sangat berbeda dengan cara menghilangkan jerawat biasa pada umumnya. Kamu perlu mengembalikan keseimbangan antara jamur dan bakteri pada kulit untuk menghilangkan keberadaan fungal acne pada kulitmu.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari Healthline, ini dia beberapa cara menghilangkan fungal acne yang dapat kamu lakukan dirumah agar kulit bebas dari pertumbuhan jamur yang mengakibatkan munculnya fungal acne pada kulit. Simak, ya!

Cara Menghilangkan Fungal Acne pada Kulit dengan Tepat

1. Mandi secara teratur
Cara Menghilangkan Fungal Acne pada Kulit dengan Tepat (74002)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mandi secara teratur. Sumber: Pixabay
Cara menghilangkan fungal acne yang pertama adalah dengan mandi secara teratur. Bagi kamu yang sering beraktivitas berat seperti berolahraga atau kamu memiliki pekerjaan yang lebih rentan berkeringat, kamu dianjurkan untuk mandi secara teratur agar menghilangkan pertumbuhan jamur pada kulit. Jamur mudah tumbuh di area yang berkeringat, itu sebabnya kamu dianjurkan untuk mandi secara teratur dan mengganti pakaian yang basah agar tidak menjadi tempat pertumbuhan jamur.
2. Kenakan pakaian yang lebih longgar
ADVERTISEMENT
Hindari mengenakan pakaian yang ketat karena gesekan pakaian yang langsung menyentuh kulit membuat kulit tidak dapat bernapas, sehingga mengakibatkan pertumbuhan jamur pada kulit. Untuk itu pilihlah pakaian yang longgar dengan bahan yang mudah menyerap keringat, agar sirkulasi udara tetap lancar.
3. Segera melepas pakaian saat berkeringat
Cara Menghilangkan Fungal Acne pada Kulit dengan Tepat (74003)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pakaian berkeringat. Sumber: Pixabay
Jika kamu berkeringat lebih dalam keadaan aktivitas yang cukup padat, sehingga tidak memungkinkan untuk mandi di waktu tertentu, kamu dapat melepas pakaianmu dan menggantinya dengan pakaian bersih dan kering. Pakaian yang lembap karena keringat dapat membuat fungal acne menjadi semakin berkembang biak.
4. Gunakan obat perawatan anti jamur
Jika perawatan dari rumah tidak membantu menghilangkan fungal acne, kamu dapat menggunakan obat anti jamur yang beredar di apotek atau toko obat terdekat. Kamu juga bisa konsultasikan dengan dokter kulit agar mendapatkan perawatan serta pengobatan lebih efektif.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa cara menghilangkan fungal acne yang dapat kamu lakukan agar kulit kamu bebas dari fungal acne yang sangat mengganggu kenyamanan.
(IKN)