Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
19 April 2022 20:55
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami (151618)
zoom-in-whitePerbesar
Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami. Foto: unsplah
ADVERTISEMENT
Keputihan adalah hal yang normal terjadi pada wanita, khususnya saat menjelang menstruasi atau setelah menstruasi. Meskipun normal, namun terkadang mungkin kamu risih dan ingin tahu bagaimana cara menghilangkan keputihan secara alami.
ADVERTISEMENT
Sebagai informasi, keputihan yang tidak berbahaya adalah keputihan yang bening, cair, dan tidak berbau, jika kebalikannya maka itu itu menjadi pertanda ada yang tidak beres pada organ reproduksi kamu.
Meski dengan cara alami, kamu harus memperhatikan bahan-bahan apa yang bisa digunakan agar tidak semakin memperparah keputihan. Yuk kita simak cara menghilangkan keputihan dengan bahan alami berikut ini.

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami

1. Daun sirih

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami (151619)
zoom-in-whitePerbesar
Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami. Foto: unsplah
Salah satu tanaman alami yang terkenal mampu menghilangkan keputihan adalah daun sirih karena memiliki sifat anti bakteri, antioksidan, dan anti jamur.
Kamu bisa mengaplikasikan daun sirih dengan cara merebusnya lalu meminum sari-sari daun sirih. Rebus beberapa lembar daun sirih, saring lalu minum air dari rebusan daun sirih tersebut. Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu. Jika masih belum memberikan efek, kamu bisa menambah frekuensi meminum air rebusan daun sirih ini.
ADVERTISEMENT

2. Pisang

Bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan keputihan adalah pisang. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan serat yang tinggi yang nantinya akan membantu menghilangkan keputihan yang tidak normal pada vagina.
Makanlah pisang yang matang dan sudah berwarna kuning keemasan untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotic yang terdapat bakteri Lactobaciluus acidophilus yang mampu menjaga kelembapan dan kesehatan sekitar vagina serta menyeimbangkan pH pada vagina.
Dengan demikian maka produksi keputihan bisa dihindari karena adanya kandungan bakteri tersebut pada tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi Yoghurt dengan rajin setiap hari agar hasilnya lebih maksimal dan cepat.

4. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sejak dahulu memiliki khasiat untuk membunuh berbagai macam bakteri dan jamur, karena sifatnya yang antijamur dan antibakteri. Ternyata, khasiat tersebut juga mampu membunuh bakteri penyebab keputihan pada vagina.
ADVERTISEMENT
Caranya tidak dengan memasukkan atau mengoleskan bawang putih ke vagina ya. Kamu bisa dengan rajin mengonsumsi berbagai makanan yang menggunakan bawang putih.

5. Asam Borat

Asam Borat adalah salah satu bahan alami yang mampu mengatasi keputihan karena terdapat antiseptic di dalamnya yang mampu membunuh jamur penyebab keputihan. Namun kamu tidak boleh sembarangan ya menggunakannya, larutkan terlebih dahulu asam borat ke dalam air bersih dan gunakan untuk membasuh area vagina. Basuhlah dengan gerakan yang benar yaitu dari arah depan ke belakang.
Penggunaan asam borat sebaiknya harus dengan saran dokter dan memperhatikan beberapa aspek yang tidak boleh kamu lakukan. Seperti jangan gunakan pada ibu hamil dan kulit yang sensitif. Karena justru akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.
ADVERTISEMENT
Bagaimana? Mudah bukan ternyata mengatasi keputihan dengan bahan-bahan alami di sekitar kita? Yuk, mulai aplikasikan!
(AP)