Cara Pakai Menstrual Cup, Yuk Simak Cara Mudahnya!

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
15 Januari 2022 15:20
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Pakai Menstrual Cup, Yuk Simak Cara Mudahnya! (73160)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Pakai Menstrual Cup. Foto: Unsplash
Cara pakai menstrual cup akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat di kalangan wanita. Ada banyak yang berpendapat bahwa menstrual cup adalah solusi dari banyak masalah yang terjadi ketika wanita sedang menghadapi siklus menstruasi. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa cara menggunakan menstrual cup itu agak ngeri sehingga tak sedikit perempuan yang takut untuk menggunakannya.
ADVERTISEMENT
Sebetulnya, menstrual cup tidak se-ngeri yang kamu bayangkan, tapi berhubung masih minim informasi mengenai menstrual cup membuat alat yang satu ini terdengar menyakitkan ketika digunakan.
Menstrual cup memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan pembalut wanita pada umumnya.
Menstual cup dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah sampah. Jelas tidak seperti pembalut yang akan berakhir menjadi limbah sampah. Selain itu, menstrual cup juga sangat ekonomis karena menstrual cup adalah benda yang reusable. Artinya, bisa kamu gunakan berulang-ulang. Kamu cukup membeli beberapa menstrual cup dan menggunakannya berulang-ulang dalam waktu yang lama. Sangat berbeda jika kamu menggunakan pembalut karena pembalut tidak ekonomis. dan hanya bisa digunakan sekali pakai. Menstrual cup juga bisa menampung lebih banyak darah dibanding saat kamu memakai pembalut biasa.
Cara Pakai Menstrual Cup, Yuk Simak Cara Mudahnya! (73161)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menstrual cup. Foto: Unsplash
Selain itu, menstrual cup juga dianggap sangat praktis karena kamu hanya perlu mencucinya kemudian menggunakan kembali benda tersebut.
ADVERTISEMENT
Bagaimana? Sudah tertarik menggunakan menstrual cup? Buat kamu yang sudah mulai tertarik menggunakannya, berarti kamu harus membaca artikel ini sampai habis, ya!

Cara Pakai Menstrual Cup

Cara Pakai Menstrual Cup
Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara memakai menstrual cup yang mudah.
1. Cuci menstrual cup hingga bersih
Pertama-tama kamu harus mencuci menstrual cup dengan bersih. Jangan lupa untuk cuci tangan kamu juga menggunakan sabun dan kemudian bilas. Pastikan semuanya bersih dari kuman dan sisa sabun, ya!
2. Berikan pelumas pada menstrual cup
Kedua, berikan pelumas di bagian pinggir atas menstrual cup. Kamu bisa berikan air atau pelumas seksual untuk memudahkan kamu memasukkan menstrual cup ke dalam vagina kamu.
3. Masukkan menstrual cup dengan melipatnya
Ketiga, lipat menstrual cup. Kamu bisa menekan sisi pinggir dari menstrual cup sehingga bagian atas membentuk U atau C yang disebut U-fold atau C-fold. Kamu harus melebarkan kaki selebar bahu kemudian angkat salah satu kaki ke atas toilet untuk memudahkan kamu memasukkan menstrual cup ke dalam vagina. Kamu juga bisa mengangkat kaki kamu ke tepian bak mandi atau apa pun yang posisinya lebih tinggi dari lantai. Masukkan menstrual cup kedalam vagina dengan mendorong pelan hingga posisi menstrual cup di dalam vagina kamu terasa nyaman. Jika kamu kesulitan untuk memasukkannya saat posisi berdiri, coba lakukan dengan posisi berjongkok. Kamu bisa berjongkok kemudian coba untuk mendorong menstrual cup ke dalam vagina kamu.

Cara Melepas Menstrual Cup

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah cara melepas menstrual cup.
  1. Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mencuci tangan kamu dengan bersih menggunakan sabun. Pastikan sisa sabun sudah terbilas dengan air, ya! Jangan sampai ada noda sabun tertinggal di tangan kamu.
  2. Langkah kedua adalah posisikan tubuh kamu dengan berjongkok. Berjongkok akan lebih memudahkan kamu untuk mencari ujung batang cangkir menstrual cup.
  3. Langkah ketiga, kamu harus menarik batang menstrual cup menggunakan jari telunjuk dan jempol, jangan lupa untuk cubit sedikit bagian pinggir menstrual cup agar darah tidak tumpah.
  4. Jika kamu merasa sulit dan tidak menemukan batang menstrual cup, kamu harus tenang, jangan panik dan harus bisa bersabar. Menstrual cup tidak akan hilang atau bahkan sampai masuk ke dalam rahim. Jadi, tenang saja ya, Ladies!
ADVERTISEMENT
Berikut tadi adalah cara menggunakan menstrual cup yang mudah untuk dipraktikkan. Semoga membantu, ya!
(DL)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020